Cara Menginstal Photoshop CS6 dari Adobe

20 Jul 2012 13:00 38187 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Adobe Photoshop adalah aplikasi yang digunakan untuk proses pengeditan grafik yang dikembangkan oleh perusahaan bernama Adobe Systems. Pertama kali dikembangkan untuk platform Macintosh. Dalam perkembangannya Photoshop kemudian juga dibuat untuk platform Windows.

Adobe Photoshop adalah aplikasi yang digunakan untuk proses pengeditan grafik yang dikembangkan oleh perusahaan bernama Adobe Systems. Pertama kali dikembangkan untuk platform Macintosh. Dalam perkembangannya Photoshop kemudian juga dibuat untuk platform Windows. Sekarang Photoshop bisa dibilang adalah aplikasi edit grafik paling populer dan telah menjadi stAndar industri. Versi terbaru dari Photoshop pada saat tulisan ini dibuat adalah Adobe Photoshop CS6. Mau tahu cara menginstal Photoshop versi trial-nya? Dengan menggunakan versi trial, Anda bisa melakukan evaluasi terlebih dahulu semua fitur dari Photoshop sebelum memutuskan untuk membelinya. Karena memang bila dibandingkan dengan aplikasi sejenis lainnya, Photoshop termasuk yang paling mahal.

Untuk melakukan evaluasi, Anda bisa terlebih dahulu menginstal versi trial dari produk Adobe Photoshop CS6. Baik Photoshop CS6 maupun Photoshop CS6 extended dapat diinstal menggunakan aplikasi installer yang sama. Ketika Anda melakukan instalasi, maka versi yang diinstal adalah Photoshop CS6 extended. Semua fitur yang tersedia pada Photoshop C6 extended akan bisa digunakan pada versi trial. Photoshop CS6 extended menambahkan fitur seperti desain 3D dan alat analisa ilmiah yang tidak ada pada versi Photoshop CS6 standar. Apabila kemudian Anda memilih untuk membeli versi standar, maka masukkan saja nomor serinya. Setelah itu otomatis Photoshop versi trial akan berubah menjadi versi lengkap dengan fitur extended yang dimatikan. Antarmuka untuk mengakses fitur dari versi extended juga disembunyikan.

Untuk bisa mengunduh Adobe Photoshop CS6 versi trial, terlebih dahulu Anda harus menginstal Adobe Download Assistant yang bisa diperoleh langsung dari situs Adobe di sini. Photoshop CS6 yang akan dijelaskan proses instalasinya di sini adalah untuk platform Windows. Ukuran berkas installer dari Adobe Download Assistant cukup kecil yaitu sekitar 2,4MB. Tapi ini hanya aplikasi yang membantu untuk proses pengunduhan Photoshop CS6. Sementara semua berkas yang diperlukan untuk menginstal Photoshop CS6 bisa berukuran lebih dari 1GB. Jadi sebaiknya Anda mempunyai koneksi Internet yang cukup stabil dan kencang. Karena proses pengunduhan bisa menjadi lama sekali sesuai dengan kecepatan koneksi Internet yang Anda miliki.

Setelah semua berkas sudah diinstal, maka saatnya untuk menjalankan aplikasi installer untuk Adobe Photoshop CS6. Klik berkas setup yang ada dalam folder yang sudah Anda unduh sebelumnya. Berkas ini akan menjalankan aplikasi installer dari Photoshop CS6. Ketika pertama kali dijalankan, aplikasi installer akan menampilkan jendela Welcome yang berisi dua pilihan. Klik pilihan Try untuk menginstal versi trial dari Photoshop CS6. Selanjutnya akan tampil jendela License Agreement. Anda harus menyetujui perjanjian ini untuk menginstal Photoshop CS6. Tekan tombol Accept untuk menerima perjanjian yang ditentukan oleh Adobe.

Langkah selanjutnya adalah Sign In menggunakan ID yang sebelumnya sudah didaftarkan ke Adobe. Jika belum punya ID ini, maka Anda bisa mendaftar terlebih dahulu melalui jendela yang sama untuk Sign In. Masukkan alamat email yang digunakan sebagai ID Adobe berikut dengan kata sandinya dan tekan tombol Sign In. Koneksi Internet Anda harus aktif pada saat ini agar Adobe bisa melakukan verifikasi ID. Jika berhasil Sign In, maka Anda akan melihat jendela baru dengan tombol Install di bawahnya. Tekan tombol Install tersebut untuk memulai proses instalasi Photoshop CS6. Proses instalasi ini akan memakan waktu beberapa saat. Jika sudah selesai, maka akan ditampilkan jendela baru dengan status Installation Complete. Tekan tombol Close untuk menutup jendela ini. Sekarang cek di start menu Windows untuk melihat aplikasi Photoshop CS6 yang sudah terinstal di komputer Anda.

Jalankan aplikasi Adobe Photoshop CS6 dari start menu. Karena ini pertama kalinya Photoshop CS6 dijalankan, maka akan ditampilkan jendela Photoshop extended trial. Jendela ini berisi informasi berapa lama Photoshop CS6 bisa digunakan sebelum berakhir masa trial-nya. Untuk melanjutkan ke jendela utama Photoshop CS6, tekan tombol Start trial. Jika mengikuti cara menginstal Photoshop CS6 versi trial dari awal, maka Photoshop akan bisa digunakan selama 30 hari. Untuk melanjutkan menggunakan Photoshop CS6, maka Anda bisa memasukkan nomor seri apakah itu untuk Photoshop CS6 standar atau Photoshop CS6 extended. [PN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel