Perbandingan Tiga Aplikasi Office Android Paling Banyak Dipakai

24 May 2011 16:45 9115 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Android memiliki beberapa aplikasi Office tersedia di Android Market, namun Paseban akan membahas tiga aplikasi yang memiliki paling banyak pengguna. Document To Go milik Dataviz Inc, Office Suite Pro besutan Mobile System, dan Thinkfree Office Mobile garapan Thinkfree Mobile. Ketiga Aplikasi memiliki fungsi yang sama, namun secara detail mereka memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Gadget ber-label smartphone, dalam artikel ini khususnya smartphone Android, adalah gadget multimedia. Seperti beberapa aplikasi yang telah dibahas Paseban sebelumnya, gadget Android memiliki banyak pilihan aplikasi dalam kategori hiburan (seperti pemutar video, game), edukasi (seperti Google Skymap), navigasi, dan banyak aplikasi berguna lainnya. Paseban kali ini akan membahas salah satu kategori penting smartphone yang membuatnya menjadi ponsel dengan kemampuan komputer, aplikasi Office.

Android memiliki beberapa aplikasi Office tersedia di Android Market, namun Paseban akan membahas tiga aplikasi yang memiliki paling banyak pengguna. Document To Go milik Dataviz Inc, Office Suite Pro besutan Mobile System, dan Thinkfree Office Mobile garapan Thinkfree Mobile. Ketiga aplikasi ini memiliki fitur bisa membaca, meng-edit, dan membuat file Word, Excel, dan Powerpoint. Selain itu juga bisa membaca file dengan format PDF.

Ketiga aplikasi ini tersedia di Android Market dan berbayar. Dan ketiga-tiganya memiliki harga $14,99. Selain dijual di Android Market, ketiga aplikasi ini seringnya di-bundling dalam OS Android merek tertentu. Seperti Document To Go menjadi bundling Tablet A-note. Office Suite Pro menjadi bundling Sony Ericsson Xperia Pro yang saat ini masih belum resmi masuk pasar Indonesia. Thinkfree Office Mobile menjadi bundling dalam Samsung Galaxy.

Ketiga Aplikasi memiliki fungsi yang sama, namun secara detail mereka memiliki fitur berbeda, atau bisa juga disebut, masing-masing aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk mengulas kekurangan dan kelebihan ini, Paseban akan lebih dulu memaparkan kelebihan Office Suite Pro sebagai pembanding, karena Office Suite Pro memiliki fitur paling lengkap diantara ketiga aplikasi tersebut.

Kelebihan Office Suite Pro:

  • Mendukung file Office format lama seperti .doc (format file Word), .xls (format file excel), dan .ppt (format file powerpoint). Dan juga mendukung file Office format baru seperti .docx, .xlsx, dan .pptx.
  • Pada saat menyimpan file, terdapat pilihan menyimpan file dalam format baru, format lama, atau .txt (format file notepad).
  • Pada menu Insert, mendukung gambar, tabel, hyperlink, bookmark, komentar, footnote, dan endnote (footnote dan endnote tidak terlihat pada Office versi mobile. Tetapi apabila file dibuka di Office versi komputer, footnote dan endnote akan terlihat).

Kekurangan Document To Go:

  • Saat ini hanya mendukung file Office format lama. Tidak bisa membaca, meng-edit, dan membuat file Office format baru.
  • Menu insert tidak mendukung gambar, footnote, dan endnote.

Kekurangan Thinkfree Office Mobile:

  • Hanya mendukung file Office format baru. Tidak bisa membaca, meng-edit, dan membuat file Office format lama.
  • Menu insert hanya mendukung gambar.

Office Suite Pro memiliki semua fitur sementara Document To Go dan Thinkfree Office Mobile bersifat saling melengkapi. Namun untuk aplikasi berbayar dengan harga yang sama, jelas sekali Office Suite Pro merupakan aplikasi Office Android yang paling layak untuk dibeli menurut Paseban. RY

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel