Seafood Watch - Aplikasi Memilih Seafood Terbaik via iPhone

1 Jul 2012 19:00 2488 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Jika Anda ingin sedikit cermat dalam memilih seafood yang memiliki kualitas nutrisi yang baik maka bagi para pengguna iPhone telah tersedia aplikasi Seafood Watch yang akan memandu Anda memilih jenis seafood terbaik.

Ikan merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung protein hewani tinggi terutama seafood. Indonesia sebagai Negara bahari tentunya merupakan surganya pecinta masakan ikan karena beragam jenis ikan bisa ditemukan di sini. Mulai dari ikan laut, kerang-kerangan, dan udang merupakan seafood favorit yang banyak digemari masyarakat Indonesia terutama pecinta kuliner. Karena keberagamannya itulah terkadang kita sedikit pusing makanan seafood apa yang akan dipilih. Jika Anda ingin sedikit cermat dalam memilih seafood yang memiliki kualitas nutrisi yang baik maka bagi para pengguna iPhone telah tersedia aplikasi Seafood Watch yang akan memandu Anda memilih jenis seafood terbaik.

Seafood Watch merupakan sebuah aplikasi dari Monterey Bay Aquarium yang akan merekomendasikan pilihan-pilihan makanan laut yang baik di restaurant favorit dan supermarket/toko ikan langganan Anda. Tidak hanya itu saja, Seafood Watch juga menyediakan rekomendasi seafood terkini dan sushi beserta informasi bagaimana cara setiap jenis item ikan laut ini diternakkan. Sehingga jika Anda pecinta makanan seafood yang peduli akan kelangsungan hidup berbagai hewan laut melalui informasi yang disajikan oleh aplikasi ini. Informasi ini juga berguna bagi Anda yang sedang bingung memilih ikan-ikan segar di supermarket.

Aplikasi terbaik iPhone ini memiliki beberapa fitur andalan di antaranya:

  • Menyediakan aplikasi rekomendasi seafood secara gratis dan up-to-date di tangan Anda dengan informasi yang detail.

  • Fitur GPS untuk memilih restaurant seafood dan supermarket yang menjual ikan di sekitar lokasi Anda.

  • Pencarian seafood yang cepat dan mudah.

  • Memilih seafood dari peringkatnya yaitu Best Choice, Good Alternative atau Avoid.

  • Untuk daftar seafood yang masuk peringkat Avoid telah disediakan alternatif makanan seafood pilihan.

  • Daftar panduan Sushi beserta nama-nama seafood dalam bahasa Jepang untuk memudahkan memilih ikan kalau-kalau Anda belum tahu apa itu maguro dan hirame.

  • Fitur Super Green Seafood yang baik bagi Anda dan juga kehidupan laut.

  • Fitur Project Fish Map di mana Anda bisa ikut berkontribusi dengan menambahkan nama-nama restoran atau toko-toko ikan yang memiliki seafood yang baik.

Untuk fitur peringkat seafood masing-masing memiliki warnanya sendiri untuk menandainya. Untuk seafood Best Choice memiliki warna titik hijau sedangkan untuk Good Alternative ditandai dengan titik kuning. Untuk peringkat terakhir yaitu Avoid diberi warna titik merah yang biasanya jenis-jenis ikan langka ataupun yang diternakkan dengan cara yang berbahaya. Semuanya di listing mulai dari A-Z sehingga Anda tidak perlu terus-menerus menggulung layar iPhone Anda untuk melakukan pencarian.

Dengan fitur GPS, Anda bisa melakukan pencarian langsung restaurant seafood atau supermarket yang menjual ikan cukup dengan mengetikkan seafood apa yang Anda inginkan. Untuk Project Fish Map cukup dengan mengetuk layar iPhone atau iPad sekali untuk menambahkan nama restaurant atau toko ikan yang menjadi rekomendasi Anda yang hasilnya akan ditampilkan pada daftar nama-nama restoran atau peta.

Anda bisa melihat hasil rekomendasi Anda di opsi Locate dan Anda juga bisa melihat siapa saja yang mengikuti rekomendasi Anda sekaligus melihat komentarnya. Untuk memanfaatkan fitur Project Fish Map, Anda harus membuat akun terlebih dahulu. Sebagai tambahan melalui aplikasi ini Anda bisa mengetahui seafood apa yang didatangkan melalui import sehingga Anda bisa dengan mudah membedakannya dengan seafood domestik.

Daftar istilah-istilah dalam dunia seafood juga disediakan untuk membantu Anda, cukup dengan mengetuk tombol Menu di bagian bawah sisi kanan aplikasi ini. Anda juga bisa menemukan beberapa informasi mengenai program Seafood Watch, berita-berita terkait, dan item manajemen akun.

Aplikasi terbaik iPhone ini bisa didapatkan secara gratis di iTunes Store dan juga telah tersedia versi untuk perangkat lainnya contohnya Seafood Watch for Android. Jika iPhone Anda berada dalam Airplane mode, Anda tetap bisa membuka aplikasi ini. Untuk mendapatkan aplikasi ini iPhone Anda harus memiliki iOS 3.1 atau yang lebih tinggi. [FJ]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel