App Annie - Layanan Online Analisis Aplikasi Google Play Bagi Para Developer Aplikasi Android

2 Jul 2012 08:30 3323 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Setiap pengembang aplikasi mobile tentunya memiliki target-target penggunaan dan penjualan produknya. Setiap developer tentunya membutuhkan analisis mengenai aplikasi yang ada di beragam pasar aplikasi seperti Google Play. Kali ini para pengembang aplikasi Android yang terdapat di Google Play dapat memanfaatkan layanan bernama ...

Setiap pengembang aplikasi mobile tentunya memiliki target-target penggunaan dan penjualan produknya. Setiap developer tentunya membutuhkan analisis mengenai aplikasi yang ada di beragam pasar aplikasi seperti Google Play. Kali ini para pengembang aplikasi Android yang terdapat di Google Play dapat memanfaatkan layanan bernama App Annie berikut. App Annie merupakan layanan analisis aplikasi Google Play yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh pengembang dan publishers aplikasi Android. Layanan ini dapat memberikan Anda beragam layanan analisis aplikasi secara gratis ataupun berbayar. Beberapa dari pengembang mungkin akan berpikiran bahwa dengan menggunakan App Annie Analytics ini mereka harus membayar terlebih dahulu. Padahal untuk dapat melakukannya, Anda cukup melakukan pendaftaran online melalui situs www.appannie.com.

Sudah ada sekitar 50.000 aplikasi yang menggunakan analisis dari layanan ini. Baik untuk sekadar analisis aplikasi ataupun strategi pemasaran kedepannya. Ada banyak pengembang dan publisher besar di pasaran yang menggunakan produk-produk dari App Annie ini. Sementara itu, ada sekitar 100.000 aplikasi yang telah dianalisis oleh layanan ini. Nama-nama pengembang seperti Zynga, Big Fish Games, Glu, Zeptolab, bahkan Google merupakan beberapa nama klien App Annie. Analisis yang dilakukan untuk aplikasi Google Play telah termasuk ke dalam beragam fitur yang disediakan layanan ini. Anda dapat melihat dan mengikuti statistic aplikasi Android Anda seperti rating bintang, proses install yang dilakukan pengguna Android aktif, dan juga rata-rata install setiap harinya. Hal tersebut dapat Anda akses langsung saat dibutuhkan dan kapan saja.

App Annie

Sebagai pihak pengembang, Anda dapat melihat seluruh produk Android di Google Play dalam satu Dashboard bagi para pengembang cross-platform. Dengan demikian, apabila Anda memiliki aplikasi selain Android, Anda dapat memantaunya dalam satu dashboard yang sama. Selain grafis pengguna, pemasaran, App Annie pun menawarkan analisis berdasarkan segmentasi tertentu seperti Geografis. Hal ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi para pengembang aplikasi Google Play lokal. Apabila aplikasi Anda memiliki pengguna yang besar di suatu wilayah, melalui layanan ini Anda akan mengetahui cara agar produk tersebut dapat menembus pasar-pasar aplikasi di dunia. Di dalamnya pun Anda akan mendapatkan banyak informasi mengenai analisis grafis tren-tren pemasaran yang tengah terjadi. Informasi tersebut dapat berfungsi untuk merencanakan promosi dan insentif yang akan segera Anda dapatkan dari para pengguna aplikasi.

App Annie pun menyediakan layanan untuk memantau setiap laporan perkembangan aplikasi tiap harinya. Anda akan mendapatkan banyak data yang telah diperbaharui dalam bentuk statistik. Melalui statistic tersebut Anda dapat mengetahui total pendapatan yang diterima, ataupun jumlah unduhan aplikasi yang dilakukan para pengguna. Dengan begitu, Anda dapat merancang beberapa perencanaan perkembangan bisnis tersebut kedepannya. Agar mendapatkan masukkan yang berarti, sebuah daftar statistic tentunya tidak terlalu menjadi hal yang wajib untuk dipercayai begitu saja. Namun ulasan dan rating dari para pengguna tentunya akan sangat berpengaruh mengenai bagaimana aplikasi bentukan Anda tersebut. Melalui layanan App Annie ini Anda dapat melihat seluruh kategori ulasan dan rating yang diberikan oleh para pengguna secara otomatis.

App Annie ini dapat mendukung penggunaan seluruh jenis tablet. Layanan ini memiliki bekerja dengan memanfaatkan data, statistik, dan juga teknologi untuk membantu para pengembang dan perusahaan yang berbisnis dalam bidang aplikasi. Untuk menganalisis tren makro di dalam pasar aplikasi tentunya bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Yang membuat layanan online ini menjadi unik adalah kemampuannya untuk menganalisis penjualan aplikasi, keuntungan, dan jumlah unduhan dengan tingkat akurasi yang tinggi serta kualitas data yang tersedia di dalam industri. App Annie pun dapat menyediakan Anda seluruh mentahan data agar dapat Anda potong dan manipulasi menggunakan Excel atau cara lainnya.

Anda tidak perlu mengkhawatirkan mengenai keamanan data aplikasi Anda pribadi. App Annie menjadi secara privat dan keamanan seluruh data-data. Oleh sebab itu layanan ini dapat menjadi salah satu layanan analisis platform menarik untuk dicoba. Pasalnya layanan ini telah memiliki tim pengembang produk yang memiliki standar tinggi. Selain itu perusahaan ini telah memiliki tim-tim yang tersebar di berbagai kota di dunia seperti Beijing, Hong Kong, San Francisco, dan Paris. Selain menyediakan layanan untuk para pengembang aplikasi yang terdapat di Google Play, App Annie pun telah memiliki banyak konsumen dari para pengembang aplikasi iOS terkemuka. Anda dapat mulai melakukan analisis dengan cara mendaftarkan diri secara online dan gratis di sini. [MS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel