Melihat Update Dua Operating System Terbaru, iOS 5 dan Android Jellybean

11 May 2012 13:00 4266 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Saat ini sudah banyak operating system yang tersedia di pasaran. Anda bisa menemukan Symbian, Blackberry OS, iOS, Android atau operating system terbaru Windows Phone. Untuk melihat kehebatan operating system tersebut, kali ini Paseban akan membandingkan dua operating system terbaru, iOS 5 vs Android Jellybean.

Beberapa tahun lalu Anda mungkin tidak memikirkan fitur yang muluk-muluk dari sebuah ponsel. Kestabilan jaringan serta kejernihan suara ketika menelepon adalah preferensi Anda dalam membeli sebuah ponsel. Hal tersebut wajar saja, ponsel zaman dahulu lebih digunakan sebagai alat komunikasi murni, dimana menghubungkan dua orang yang terpisah jarak. Dalam menghubungkan dua orang ini, ponsel masa itu hanya memanfaatkan dua fitur sederhana, SMS dan telepon. Kini dua fitur tersebut memang masih menjadi dasar telekomunikasi via ponsel, namun banyak fitur-fitur lainnya yang menjadi pilihan pengguna. Lihat saja perkembangan IM atau instant messaging yang memungkinkan komunikasi tidak hanya dua orang saja, IM sendiri menjadi favorit karena biaya yang gratis, hanya membutuhkan koneksi internet saja. Fitur VoIP juga populer dengan kemunculan Skype di perangkat ponsel. Aplikasi Skype memungkinkan penggunanya untuk ber-telepon ria menggunakan akses internet yang lebih murah, Skype juga menghadirkan video calling dalam rangkan bertatap muka langsung dengan lawan bicara.

Kehebatan ponsel masa kini tak hanya datang melalui sektor komunikasi saja, hadirnya aplikasi-aplikasi yang bisa memudahkan penggunanya dalam pekerjaan sehari-hari juga menjadikan ponsel barang yang paling favorit untuk saat ini. Sebut saja aplikasi office yang mampu mengedit dokumen-dokumen penting, atau aplikasi peta yang menggunakan sistem GPS untuk navigasi. Tak hanya aplikasi, game pun berhasil dikemas apik didalam suatu ponsel masa kini, jika Anda biasa memainkan game PES 2012 melalui konsol game atau PC, kini Anda akan mendapatkan versi mobile yang bisa dimainkan dimana saja. Ya, kemudahan yang terkemas pada ponsel masa kini tidak terlepas dari peran hardware dan software pendukung. Jika kita bicara hardware, maka hal-hal yang bernama prosesor, memory dan RAM menjadi perhitungan penting dalam memilih ponsel. Sedangkan jika berbicara tentang software, OS atau operating system adalah kunci utamanya.

Saat ini sudah banyak operating system yang tersedia di pasaran. Anda bisa menemukan Symbian, Blackberry OS, iOS, Android atau operating system terbaru Windows Phone. Untuk melihat kehebatan operating system tersebut, kali ini Paseban akan membandingkan dua operating system terbaru, iOS 5 vs Android Jellybean.

iOS 5

Siapa yang tidak tahu bahwa operating system terbaru ini berasal dari vendor eletronik terkemuka asal Amerika, Apple. Apple mengklaim bahwa operating system terbarunya memiliki 200 lebih fitur-fitur baru. Untuk melihat fitur-fitur barunya, maka layaknya dibandingkan dengan pendahulunya iOS 4. Fitur-fitur yang paling menonjol di iOS 5 yang tidak terdapat pada iOS 4, yakni keberadaan notification center, fitur ini mirip dengan notification bar milik Android yang telah ada sejak Android pertama. Fitur kedua adalah iMessage, bisa dibilang Apple meniru Blackberry Messager, fitur iMessage memungkinkan penggunanya melakukan chat dengan sesama pengguna iOS. Fitur berikutnya ditujukan untuk yang gemar bersosial, Twitter Integration, fitur ini memungkinkan penggunanya langsung "berkicau” lewat Safari, Photos, Camera, YouTube, dan bahkan lewat aplikasi Maps. Ketiga fitur tersebut diharapkan mampu memanjakan pengguna operating system terbaru ini.

Kehadiran Siri yang fenomenal juga menjadi fokus pembeli, Siri hanya tersedia pada operating system terbaru ini Siri menjadikan ponsel dengan iOS 5 sebagai asisten pribadinya, Anda cukup memerintahkan ponse dengan suara dan dengan seketika perintah tersebut akan dieksekusi oleh Siri. Jika Anda masih menginginkan fitur-fitur lebih lainnya, silahkan kunjungi iTunes Store yang memiliki Aplikasi sekitar 500 ribu aplikasi, mengalahkan Google Play Store yang ada pada Android dengan jumlah aplikasi kira-kira 400 ribu aplikasi. Apple juga telah melakukan update operating system terbarunya, iOS 5.1, dimana update ini difungsikan untuk lebih efisien dalam penggunaan batre dan mengurangi panas pada perangkat Apple. Selain itu update ini akan menambah kan tombol kamera pada lock screen, sehingga proses menangkap gambar bisa dieksekusi dengan cepat.

Android Jellybean

Kini OS kedua datang dari perusahaan internet terbesar kedua, Google. Android sudah dikenal luas di pasaran Indonesia, hal ini terjadi karena menjamurnya ponsel-ponsel yang menggunakan Android. Android terakhir yang sudah diterapkan adalah Android 4.0 atau yag lebih dikenal dengan nama Ice Cream Sandwich. Biarpun Android ICS masih seumur jagung, Google sepertinya tidak mau ketinggalan dengan mengeluarkan operating system terbaru, Android Jelly Bean.

Seperti yang sudah pernah Paseban bahas sebelumnya, http://www.plimbi.com/review/5245/android-jelly-bean Android Jelly Bean memang memiliki beberapa kelebihan, namun kelebihan tersebut dirasa kurang signifikan. Tidak seperti yang dilakukan pada ICS dalam mengganti Gingerbread, ICS menambahkan fitur-fitur yang benar-benar baru seperti face unlock, penambahan font baru serta sebuah fitur mirip Siri dan selanjutnya dikembangkan pada Jelly Bean. Sedangkan penambahan yang dilakukan oleh operating system terbaru ini hanya sebatas optimasi untuk penggunaan Google Chrome, penambahan kelengkapan fitur Virtual keyboard, efisiensi baterai serta perbaikan minor lainnya. Kehadiran fitur yang kurang signifikan memang belum bisa dipastikan 100%, kita masih harus menunggu operating system terbaru ini rilis dipasaran namun yang bisa dipastikan, Jelly Bean sebagai operating system terbaru dari Google ini akan membuat ponsel Anda semakin ngebut.

Melihat kedua kehebatan operating system terbaru itu, ada beberapa kesamaan yang dapat secara langsung dirasakan. Operating sytem terbaru milik Apple kini memiliki notification center yang mirip dengan Android, sedangkan Android Jelly Bean juga mengembangkan fitur perintah suara yang mirip dengan Siri. Seakan saling contek kedua operating system terbaru ini memiliki perbedaan yang signifikan pula. [IQ]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel