Olympus PEN E-P5 - Kamera Flagship Terbaru Dengan Teknologi OIC

15 May 2013 16:00 2371 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Salah satu perusahaan kamera yang fokus mengembangkan kamera berjenis MFT adalah Olympus dengan merilis model flagship terbaru bernama Olympus PEN E-P5. Kamera ini diluncurkan pada tanggal 10 Mei 2013 dan sekaligus untuk menyambut hari jadi Olympus ke-50. Berikut ini adalah spesifikasi kamera digital MFT terbaru dari Olympus yang digadang-gadang sebagai model flagship.

Sejak tahun 2009 kamera digital jenis baru telah dikembangkan yang diberi nama Micro Four Thirds (MFT). Jika dibandingkan dengan kamera digital berjenis DSLR, kamera MFT tidak menggunakan cermin untuk memantulkan gambar agar dapat dilihat di jendela bidik. Sebagai gantinya, untuk membidik gambar pengguna kamera MFT dapat menggunakan layar LCD atau jendela bidik elektronik. Karena tidak adanya cermin di dalam bodi kamera, kamera MFT memiliki bodi yang lebih ramping namun spesifikasi kamera digital ini tetap mampu menyaingi DSLR.

Salah satu perusahaan kamera yang fokus mengembangkan kamera berjenis MFT adalah Olympus dengan merilis model flagship terbaru bernama Olympus PEN E-P5. Kamera ini diluncurkan pada tanggal 10 Mei 2013 dan sekaligus untuk menyambut hari jadi Olympus ke-50. Berikut ini adalah spesifikasi kamera digital MFT terbaru dari Olympus yang digadang-gadang sebagai model flagship.

Desain dan Control

Olympus mendesain PEN E-P5 dengan gaya classy retro, walaupun tampilan luarnya didesain dengan gaya klasik namun spesifikasi kamera digital MFT dari Olympus ini tetap mengukuti tuntutan zaman saat ini. Anda dapat memilih tiga varian warna yaitu putih, silver dan hitam. Olympus PEN E-P5 memiliki dua buah twin control dial yang masing-masing terletak di bagian depan dan belakang, twin control dial ini dilengkapi dengan '2x2' dual-mode option.

Image Quality & Resolusi

Untuk menghasilkan kualitas gambar yang tinggi, PEN E-P5 dibekali dengan 16.1 Live MOS sensor yang juga didukung oleh pengolahan gambar TruePic VI. Berkat spesifikasi kamera digital ini PEN E-P5 mampu menghasilkan gambar hingga 16MP dengan rentang ISO mulai dari 150 hingga 25.600. Tidak hanya memotret, spesifikasi kamera digital ini juga disiapkan agar mampu merekam video full HD 1080p dengan format MOV dan AVI.

Performa

Mengingat PEN E-P5 merupakan model flagship dari Olympus, tentunya dalam merancang spesifikasi kamera digital ini Olympus membekali kamera terbarunya dengan teknologi terbaru dari Olympus Imaging Corporation (OIC). Performa yang mampu dilakukan oleh kamera MFT ini juga sangat memuaskan, berkat 5 axis image stabilization dengan IS otomatis Anda tidak perlu khawatir gambar yang ditangkap oleh kamera menjadi tidak fokus karena getaran tangan. Berbicara mengenai fokus, PEN E-P5 juga didukung oleh auto focus dengan kinerja yang cepat, AF ini dilengkapi dengan touch focus dan touch shutter. Tidak hanya itu, Anda dapat mengambil gambar menggunakan mode burst dengan kecepatan 9 FPS. Shutter speed maksimal yang dimiliki oleh model flagship dari Olympus ini juga mengagumkan, PEN E-P5 memiliki shutter speed maksimal 1/8000s.

Fitur

Spesifikasi kamera digital dari Olympus ini didukung dengan berbagai fitur yang membantu kegiatan fotografi Anda. PEN E-P5 dibekali dengan layar LCD tilt touchscreen berukuran 3 inch, layarnya cukup lebar untuk digunakan sebagai media membidik gambar maupun melihat hasil foto yang telah Anda buat. Model flagship terbaru dari Olympus ini juga memiliki built in flash dan built in WiFi, yang istimewa adalah flash tersebut memiliki kemampuan wireless. Kegiatan fotografi Anda juga dapat ditunjang dengan ELectronic Viewfinder (EVF) VF-4, namun sayangnya jika berminat dengan jendela bidik elektronik ini Anda harus membelinya ecara terpisah.

Harga

Anda dapat memiliki Olympus PEN E-P5 dengan kualitas spesifikasi kamera digital MFT model flagship dengan harga US$999 untuk body only. Jika Anda ingin membeli PEN E-P5 yang disertai dengan lensa kit 17mm f/1.8 black version, Anda harus merogoh kocek lebih dalam yaitu sebesar US$1449. Kamera MFT ini juga dijual dengan pilihan lensa yang lain, PEN E-P5 dengan lensa 45mm f/1.8 dibanderol dengan harga US$399. Untuk PEN E-P5 dengan lensa 75mm f/1.8 Anda dapat memilikinya dengan harga US$899. Seperti yang dijelaskan sebelumnya Electronic Viewfinder (EFV) VF-4 dijual terpisah dengan PEN E-P5, Anda dapat membeli jendela bidik elektronik ini dengan harga US$279.

Kesimpulan

Spesifikasi kamera digital MFT dari Olympus ini memang membuktikan bahwa PEN E-P5 merupakan model flagship. Sensor, pengolahan gambar, performa berbagai komponen dan fitur yang dimilikinya akan sangat mendukung kegiatan fotografi Anda. Jika memiliki dana yang cukup dan Anda adalah seorang fotografer yang memang membutuhkan kecanggihan spesifikasi kamera digital ini, model flagship terbaru dari Olympus ini patut menjadi pilihan. [NDC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel