Leica M Monochrom - Kamera Digital Terbaru Dengan Nuansa Hitam Putih

8 May 2013 08:12 3236 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Leica M Monochrom, sebuah kamera digital terbaru seharga $8.000 dengan film hitam putih pada jaman keemasannya. Saat dunia fotografi berubah hampir secara keseluruhan menjadi kamera digital sekarang ini, masih ada kualitas jaman film yang bentuk luarnya tidak bisa ditiru, salah satu yang paling menonjol dari kamera ini adalah hasil jepretan yang hitam putih. 

Leica M Monochrom, sebuah kamera digital terbaru seharga $8.000 dengan film hitam putih pada jaman keemasannya. Saat dunia fotografi berubah hampir secara keseluruhan menjadi kamera digital sekarang ini, masih ada kualitas jaman film yang bentuk luarnya tidak bisa ditiru, salah satu yang paling menonjol dari kamera ini adalah hasil jepretan yang hitam putih. Meskipun semua sensor kamera digital menangkap foto hitam dan putih dari awalnya, hampir setiap kamera juga menggunakan penyaring kromatik untuk menemukan warna setiap pixel dengan tepat.

Kamera digital terbaru Leica Monokrom tidak memliki penyaring warna, sensor sepenuhnya didesain hanya untuk menangkap gambar hitam dan putih pada resolusi terbaik. Bodi kamera dibungkus dengan metal secara keseluruhan dan sebagian besar kendali manual. Kamera digital terbaru Leica M Monochrom terlihat meniru pengambilan gambar manual, namun gagal dalam mengambil keuntungan dari kenyamanan dan kelayakan dari kamera digital modern.

Design & Handing

Kamera digital ini mampu mengambil foto-foto yang luar biasa, tapi tidak sampai Anda mengetahui seluk beluknya. Memotret dengan Leica tidak seperti memotret dengan kamera digital lainnya, perbedaan yang paling jelas antara sistem M dan kamera digital lain adalah penggunaan sistem pengukur jaraknya. Kombinasi dari sebuah pencari optic dengan jendela pengukur jarak dijuluki seri M, yang berarti Messucher dalam bahasa Jerman.

Ketika melihat lubang bidik Anda akan melihat dua hal yang berimbang, yaitu ketika Anda mengubah tombol fokus gambar dan memastikan titik fokus. Pencari optic sebenarnya berimbang dengan lensa Anda, namun framing tidak akan terlalu akurat dan menangkap gerakan dengan tajam. Ini adalah pekerjaan yang membutuhkan sedikit kerja keras dan pengalaman. Hal itu merupakan cara yang menantang dalam mmotret yang memaksa Anda untuk benar-benar mengerti kamera, subjek, dan pengaturan.

Kamera Monokromnya sendiri sangat kokoh, dengan pencampuran magnesium pada bodi kamera di bagian atas dan bawah dengan piringan yang terbuat dari tembaga dan seng. Bodinya dibungkus dengan kulit sintetis yang tidak begitu pas dengan pegangan dan tanpa lekukan untuk mempermudah tangan memegangnya. Desainnya yang menawan cocok dengan kamera M sebelumnya, meskipun tanpa pegangan yang nyaman sehingga terasa akan mudah jatuh dari tangan Anda.

Hal ini juga sesuatu yang baik dari kebanyakan kamera Leica, namun menghilangkan piringan di bagian bawah kamera untuk dijadikan tempat baterai atau kartu memori itu sangat tidak menarik. Keseluruhan paket juga cukup berat yakni sekitar 21 ons, namun berat itu merata karena memberikan keseimbangan yang bagus saat memfokuskan kamera secara manual. Pengalaman Leica dalam membuat kamera film unggulan terlihat jelas ketika mengambil gambar dengan Monokrom M. Pada kamera digital ini, power switch, shutter speed dial, frame selection lever, dan tombol shutter release diolah secara ahli dan dibuat dari metal, bukan dengan plastik murahan yang banyak digunakan kamera lain.

Lubang bidiknya besar dan terang, dengan petunjuk bingkai yang dapat disesuaikan dan sebuah teks kecil yang menampilkan informasi yang berubah-ubah tergantung pada bagaimana Anda mengambil gambar. Anda harus melepaskan mata Anda dari lubang bidik untuk melihat kembali hasil jepretan dan mengecek exposure, namun sekali Anda terbiasa dengan sistemnya akan terasa sangat mudah untuk memotret sesuai keinginan Anda dengan pengukur jarak film manapun.

Sayangnya, kelemahan Leica dalam mendesain antarmuka digital juga sangat nampak. Sistem menunya buruk jika dibandingkan dengan kebanyakan kamera digital lainnya, dengan pilihan yang minim dan juga sedikitnya kustomisasi. Fungsi pemutarannya terhambat dengan rendahnya resolusi pada layar belakang. Anda mungkin akan menikmati histogram dan peringatan exposure, saat Anda memperbesar dalam pembesaran penuh untuk mengecek fokus gambarnya selalu halus bahkan saat memotret sebenarnya gambarnya cukup tajam. Keunggulan dari kamera ini adalah pengambilan gambar digital dengan review gambar instan, dan bergetar saat tidak bisa mengecek fokus.

Kualitas Gambar

Monokrom secara umum adalah kamera yang solid, dengan gambar yang benar-benar berkilau dengan sedikit TLC. Leica M Monochrom cocok didampingkan dengan 35mm f/2, sebuah lensa yang ideal untuk fotografi jalanan dan yang selaras dengan kekuatan dari sensornya yang luar biasa. Sensor CCD 18MP layar penuh dari Monokrom nampak sedikit jadul, namun sebenarnya menampilkan karakteristik rentang dinamis yang lumayan bagus. Rentang ISOnya dari 320 sampai 10000, dengan pengaturan tarikan 160 ISO.

Pada ISO dasar, kamera ini memiliki sekitar 13 perhentian dari rentang dinamis, meskipun ada noise yang terlihat dalam pemandangannya. Gambar Monochrom dari kamera  kurang kontras, seperti kamera menggunakan kurva gamma datar secara standar. Anda dapat mengubah gambar dari dalam kamera menggunakan beberapa kurva tonal yang terpasang, atau Anda hanya dapat melakukannya dengan software. Monochrom dilengkapi dengan salinan download gratis Adobe Lightroom 4, DNG format RAW asli yang sangat baik serta Plugin Silver Efex Pro 2. Selanjutnya ini masih sensor CCD, dan ada tingkat noise lebih besar daripada kamerea-kamera full-frame lainnya, terutama pada kecepatan ISO yang tinggi. Bahkan pada ISO 160 *noise*nya berada di atas 1.24% melewati batas 2% dari ISO 1600. Di atas itu, noise mulai naik secara cepat menyentuh 3% pada ISO 3200, 4.5% pada ISO 6400, dan 4.2% pada ISO maksimal 10000.

Kesimpulan

Leica Monochrom adalah salah satu kamera digital yang menarik. Memiliki bodi mengesankan yang dirancang untuk pengambil gambar niche yang sangat kecil. Apa yang Anda dapatkan dengan harga $8.000? Kualitas gambar Monochrom yang fantastis dan resolusi yang fenomenal. Selain itu, pengalaman pengambil gambar dengan kamera akan memuaskan setiap tulang nostalgia dalam tubuh Anda. Ada beberapa masalah, yang paling terlihat adalah LCD yang berresolusi rendah dan antarmuka pengguna yang buruk, namun untuk jenis fotografer Monokrom ini tidaklah masalah. Kamera yang lebih modern menawarkan kenyamanan yang lebih besar, namun tidak satupun dari kamera pengambil gambar seperti kamera Leica. [HAM]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel