Review Camcorder Full HD Panasonic HC-V700

3 May 2013 14:00 3276 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Panasonic HC-V700 adalah kamera video Panasonic HD yang hebat dengan harga yang begitu murahnya, V700 bukanlah model produk jadi Anda tidak akan mendapat fitur-fitur spesial yang biasa dilihat di pasar top kamera video, tidak ada lubang bidik kamera, tanpa cincin lensa atau tombol kendali. Tetapi Panasonic mengisi benda kecil ini dengan banyak pengendali, performa video yang luar biasa dan mode otomatis yang solid untuk pemula. Dibanderol antara $400-$600, V700 sedang menjadi salah satu penawaran yang terbaik di pasaran.

Panasonic HC-V700 adalah kamera video Panasonic HD yang hebat dengan harga yang begitu murahnya, V700 bukanlah model produk jadi Anda tidak akan mendapat fitur-fitur spesial yang biasa dilihat di pasar top kamera video, tidak ada lubang bidik kamera, tanpa cincin lensa atau tombol kendali. Tetapi Panasonic mengisi benda kecil ini dengan banyak pengendali, performa video yang luar biasa dan mode otomatis yang solid untuk pemula. Dibanderol antara $400-$600, V700 sedang menjadi salah satu penawaran yang terbaik di pasaran. Panasonic menawarkan dua versi dari HV-V700, satu dengan internal memori 16GB (HC-V700M) dan yang satunya tanpa internal memori (HC-V700). Model yang diulas di dini adalah HC-V700M, tetapi performa dari dua kamera video ini hampir sama. Perbedaannya hanya ada pada internal memori dan beberapa fitur yang bersangkutan seperti menyalin dari kartu memori ke memori internal, atau sebaliknya.

Desain

Dengan desain kamera video tradisional, HC-V700 sedikit terlalu besar untuk muat di kantong. Batang tubuh dari kamera video itu tipis, hanya ada beberapa tombol di belakang, atas dan di dalam lubang LCD. Terakhir, V700 hanya tersedia satu warna pilihan yakni hitam dengan sedikit perak pada tabung lensa. Banyak yang mengatakan tentang sensor gambar baru Panasonic pada HC0V700, 1/2.33-inch CMOS chip yang mungkin sensor terbesar yang pernah dimasukkan dalam kamera video miliknya. Hampir dua kali lipat besar dari CMOS chip HDC-TM90 tahun lalu (1/4.1-inch), dan V700 memiliki chip yang besar daripada sistem tiga chip yang ditemukan pada produk kamera-kamera video Panasonic seperti HC-X900. Terlebih lagi, sensor gambar V700 diisi dengan 15.3 megapixels, meskipun hanya 3.55 pixels yang efektif digunakan untuk merekam.

Lensa pada kamera video juga impresif, meskipun sama dengan lensa pada Panasonic HDC-TM90 tahun lalu. Lensa 21 kali zoom dengan aperture f1/8 dan sudut penglihatan 68.5 derajat, penglihatan seluas itu lebih lebar daripada Canon HF M52 yang mana harus dipikirkan apabila ingin merekam ditempat yang sempit.

LCD

Seperti HDC-TM90 sebelumnya, Panasonic V700 hadir dengan layar LCD 3 inch yang menggunakan teknologi layar sentuh. Panasonic menggandakan hitungan pixel pada V700 sampai 460.800 pixels (berlawanan dengan 230k pixels pada TM90). Tambahan pixels ini membuat gambar yang lebih tajam saat Anda menggunakan kamera video, dan membantu orang-orang yang suka menggunakan manual fokus untuk menyesuaikan video mereka. Kamera video ini tanpa lubang bidik kamera, jadi Anda harus lebih berhati-hati bahwa LCD adalah satu-satunya cara untuk merekam, ika Anda ingin lubang bidik kamera, Anda harus memperbarui produk kamera video HC-X900.

Konektivitas

Panasonic melakukan beberapa hal yang berbeda dengan manufaktur-manufaktur lain ketika mengutak-atik port dan input, namun masih ada fitur konektivitas dasar. Saat membuka lubang LCD Anda akan menemukan terminal HDMI kecil, port multi-AV, dan input microphone di baris dekat bawah kamera. Port multi-AV merupakan hak milik, namun bekerja sebagai AV dan komponen luar port dengan kabel Panasonic yang tersedia. Di bagian dalam hampir sama, namun lebih dekat pada bagian atas kamera ada port USB sebelah tombol pelepas shoe adapter. Ide shoe adapter ini sesuatu yang unik pada kamera Panasonic, dan begitulah cara Panasonic memilih untuk menyertakan aksesoris shoe pada model produknya. Tombol ini bekerja dalam hubungannya dengan slot kotak di belakang V700, itulah di mana Anda bisa memasukkan unit shoe adapter yang ada pada HC-V700. Saat dimasukkan, kamera dilapisi dengan aksesoris shoe yang bisa digunakan untuk microphone, lampu-lampu atau apapun yang pas dengan aksesoris ini. Jelasnya, untuk melepas shoe adapter tekan tombol lepas lalu dorong adapter dari wadahnya.

Shoe adpter mudah terlepas, dan Anda harus ingat untuk membawanya bersama kapanpun Anda ingin menancapkannya ke kamera, dua hal yang Anda bisa katakan tentang aksesoris shoe bawaan. Beralih ke bagian kanan dari V700 dan Anda akan menemukan penghubung DC-input untuk mengisi baterai kamera atau memutuskan kamera dari sumber tenaga yang ada di tembok. Bagian bawah kamera di mana Anda bisa menemukan slot kartu memori yang muat dengan kartu memori SD, SDHC, atau SDXC.

Performa

HC-V700 bisa membuat Anda memperoleh performa video kelas tinggi dengan harga menengah. Videonya terlihat jelas terang dan halus, dan sensor gambar yang baru benar-benar membantu kamera mengurangi noise pada cahaya rendah juga. Merekam dengan pilihan 1080/60p membuat Anda mendapatkan gambar kualitas tertinggi, namun juga membuat klip besar dan banyak program editing yang tidak cocok. Tetap saja, mode rekam 60i HD HC-V700 melakukan kerja yang cukup baik dan video-videonya masih terlihat sangat bagus, hanya saja tidak setajam klip-klip 60p.

Warna

Seperti kebanyakan kamera HD kelas menengah dan atas, Panasonic HC-V700 mengatasi tes warna dengan sangat baik. Ukuran kesalahan warna menunjukkan angka rendah pada 3.74 dan tingkat saturasi solid 95%. Kedua nilainya sangatlah bagus, tetapi sangat bagus pada dasarnya berdasarkan apa yang dilihat dari kebanyakan kamera sekarang ini. Panasonic TM90 memiliki nilai yang hampir sama dalam tesnya, seperti Canon HF M52 dan JVC GZ-GX1. Anda tak akan menemukan aturan standar warna pada HC-V700, tetapi ada sesuatu yang tersembunyi yakni pilihan efek-efek gambar yang memiliki beberapa pilihan untuk mengubah warna video.

Anda bisa menukar tingkat saturasi (kedalaman warna), membedakan temperatur warna (atur keseimbangan warna putih), dan manipulasi ketajaman. Kamera ini memiliki pengendali lebih daripada kamera lain dengan harga yang sama, namun Anda tidak akan mendapatkan aturan standar warna dengan cepat dan mudah seperti vivid atau mode natural pada V700.

Gerakan

Seperti HDC-TM90 tahun lalu dan tahun ini HC-X900M, Panasonic HC-V700 berhasil melakukan tes gerakan dengan sangat baik, mode 1080/60p menangkap gambar video dengan halus dan tajam yang artifacting pada tingkat minimum. Beberapa bekas terlihat ada pada tes gerakan, namun hal itu adalah biasa. Sejujurnya, keluhan terbesar tentang kamera dalam hal gerakan terletak pada kurangnya pilihan bingkai rate 24p, V700 hanya merekam HD video 60i atau 60p dan kamera tersebut punya pilihan standar 30p (perekaman iFrame). Tetapi jika Anda mencari keindahan seperti film dengan mode 24p pada model menengah di tahun sebelumnya, namun sekarang hanya ditawarkan pada produk HC-X900.

Pegangan dan Kemudahan dalam Pembawaan

HC-V700 mengalami banyak kelemahan kecil dalam desain, tak ada yang sangat buruk tetapi cukup menyebalkan. Bentuknya tipis, tidak nyaman, dan tidak ada genggaman yang kuat. Nampaknya dengan penyusutan ukuran kamera, manufaktur memutuskan bahwa tali pegangan tangan bisa diturunkan kualitasnya, tali pegangan tangan pada V700 bisa dihargai namun yang Panasonic sediakan hanya tidak nyaman saja.

Mendapatkan genggaman yang enak pada V700 tidaklah sulit, meskipun tali pegangannya jelek. Mengikat jari-jari kita di atas kamera menghasilkan genggaman yang kuat pada batang tubuh V700, jari-jari pas dengan bentuk kamera, jempol dan jari telunjuk bersebelahan dengan tombol rekam dan zoom. Ada satu masalah sebenarnya, jari kelingking nampaknya berada di atas microphone bawaan kapanpun kita mengenggam kamera dengan cara ini. Ini tidaklah bagus, terutama jika Anda mencoba untuk merekam suara yang jernih.

Kesimpulan

Jika Anda mencari letusan terbanyak untuk HD Camcorder, HC-V700M harus berada di daftar atas Anda. Ini adalah model kelas menengah, jadi tidak memiliki fitur kelas atas seperti lubang bidik kamera atau lensa cincin tapi memiliki kinerja yang solid dan kontrol cukup serta fitur untuk menjaga kepuasan sebagian besar pengguna. 1/2.33-Inch CMOS baru di V700 memberikan peningkatan kamera dalam tes suara tapi itu juga sedikit membatasi kepekaan cahaya rendah setidaknya dibandingkan dengan HDC-TM90 tahun lalu. Kecuali Anda terobsesi tentang kualitas gambar, atau Anda akan mengambil video dalam banyak tempat-tempat gelap, HC-V700 tidak akan mengecewakan.

Mode kamera 1080/60 p menghasilkan video kualitas tinggi dan tajam yang menyeluruh dengan HC-X900M. Lensa pada V700 lebar dan kuat di mana Panasonic menawarkan 21 kali optical zoom dan 46 kali menggunakan smart zoom, untuk pecinta zoom Anda dapat mulai berpesta sekarang. Seperti biasa control untuk Panasonic berlimpah, tapi perbedaan utama antara V700 dan HC-X900 tebaru dari Panasonic adalah cara kontrol ini disesuaikan. V700 bergantung terlalu banyak pada layar sentuh LCD, jadi menyesuaikan kontrol bukan pengalaman yang halus atau tepat. Jika Anda sedang mencari dial kontrol atau lensa cincin, Anda akan harus meng-upgrade ke model yang lebih baru. Bahkan pada peluncuran HC-V700M harga $600 sangatlah kompetitif.

Sekarang, model ini tersedia untuk harga yang lebih murah, jika Anda dapat menemukan V700M kurang dari $500 dolar itu adalah harga yang sangat murah sekali. Ingatlah, kamera video HC-V700 datang dalam dua versi, aalah satunya memiliki 16 GB memori internal dan satunya lagi tidak memiliki memori internal (HC-V700). Harga akan berbeda untuk kedua model, tetapi biasanya tidak banyak. Bandingkan harga untuk kedua model dan jika Anda ingin mempertimbangkan biaya kartu memori 16GB, HC-V700M dengan memori internal mungkin bisa menjadi alternatif pembelian yang lebih baik. [HAM]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel