Asus PA249 ProArt, Satu-satunya Monitor Komputer LCD Dengan Akurasi Warna 99%

19 Apr 2013 16:00 3512 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Seiring dengan perkembangan dan kebutuhan monitor LCD banyak para produsen/vendor bersaing untuk terus mengeluarkan produk berjenis perangkat ini, Asus adalah salah satunya. Perusahaan penyedia perangkat keras ini menghadirkan produk LCD yang sangat menakjubkan, Asus PA249 ProArt. Monitor LCD yang dihadirkan ASUS uditujukan untuk memenuhi kebutuhan komputasi bagi pengguna yang menginnginkan ketajaman warna dan gambar yang berkualitas.

Ada dua jenis perangkat penampil komputer atau yang biasa disebut dengan monitor, pertama adalah monitor CRT yang berbentuk tabung dan biasa digunakan di komputer semenjak kelahirannya. Tipe kedua adalah monitor berbasis LCD (Liquid Crystal Display), sebuah standar baru peringkat media tampilan. LCD atau dalam bahasa Indonesia berarti penampil kristal cair, merupakan perangkat media yang lebih hemat dibandingkan monitor CRT. Monitor komputer LCD sekarang hampir banyak digunakan di berbagai perusahaan ataupun pengguna pribadi karena memakan daya listrik yang lebih irit dibandingkan monitor tabung.

Seiring dengan perkembangan dan kebutuhan monitor LCD banyak para produsen/vendor bersaing untuk terus mengeluarkan produk berjenis perangkat ini, Asus adalah salah satunya. Perusahaan penyedia perangkat keras ini menghadirkan produk LCD yang sangat menakjubkan, Asus PA249 ProArt. Monitor LCD yang dihadirkan ASUS uditujukan untuk memenuhi kebutuhan komputasi bagi pengguna yang menginnginkan ketajaman warna dan gambar yang berkualitas.

Tampilan

Monitor LCD bernama Asus PA249 ProArt ini memiliki dimensi layar yang cukup besar, dimensinya yang berukuran 557.2 x 416.3 x 235 mm membuatnya tampak terlihat lega dan luas. Asus PA249 ProArt memiliki resolusi yang cukup tinggi yaitu 920 x 1200 piksel. Monitor komputer LCD ini berukuran 24 inch dengan rasio 16 : 10, selain itu produk yang dikeluarkan oleh perusahaan asal Taiwan ini dapat diubah sudut pandangnya sampai 178 derajat. Dengan berat sebesar 6,6 kg membuat monitor ini memang terlihat berat, tetapi itu bukan masalah besar toh monitor ini juga tidak akan sengaja dibawa-bawa kemana-mana seperti halnya sebuah tablet.

Fitur

Ada banyak keunggulan yang ditanamkan pada monitor LCD ini, Asus membenamkan fitur-fitur yang cukup berguna bagi penggunanya. Adobe Wide Gamut RGB salah satunya, adanya fitur ini membuat Asus PA249 ProArt dapat menampilkan tingkat akurasi warna hingga 99%. Adapun fitur yang dapat meningkatkan kualitas gambar pada layar moniotor LCD ini, fitur tersebut disebut ASUS sebagai teknologi Splendid Video Intellegence.

Adapun fitur lainnya yaitu Asus Smart Contrast Ratio Technology, berkat keunggulan ini membuat ProArt mempunyai tingkat kecerahan 350 cd/m2 dengan rasio kontras dinamis 80,000,000:1. Fitur lainnya yang terdapat pada monitor komputer LCD ini adalah QuickFit Virtual Scale, fitur ini sangat menarik dan umunya tersedia di peringkat display Asus. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melihat pratinjau foto dan dokumen di layar dalam ukuran yang sebenarnya, sebelum dokumen atau foto tersebut dicetak.

Kelengkapan

Untuk masalah kelengkapan, monitor LCD Asus ini tentu disertai koneksi yang lengkap, Asus PA249 ProArt dilengkapi dengan 4 buah port USB 3.0. Selain itu monitor ini dilengkapi pula koneksi DisplayPort, HDMI, DVI-D dan D-Sub. Koneksi-koneski ini tentu sangat membantu jika pengguna ingin menghubungkan dengan berbagai perangkat, yang menarik tentu saja koneksi HDMI yang dihubungkan dengan kartu grafis kelas atas. Hasilnya ketajaman warna dna kualitas gambar yang memanjakan mata, belum cukup sampai di situ ASUS menyediakan yang memungkinkan pengguna bisa menampilkan dual input. Jadi dalam satu waktu, monitor ini dapat terhubung pada dua perangkat yang berbeda.

Kemampuan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya di awal, nilai plus dari Asus PA249Q ProArt ini adalah ketepatan akurasi warna yang mencapai hampir 100%. Ini berarti kemampuan tampilan dari monitor LCD ini perlu diacungi jempol. ASUS sendiri mengklaim bahwa Asus PA249Q ProArt ini telah mencakup 99% Adobe Wide Gamut RGB, 100% sRGB, dan juga 120% untuk NTSC. Pengaturan kontrol warna pada monitor inipun dapat dilakukan sebagaimana yang diinginkan, dengan dukungan six-axis (RGB, CMY), kemampuan tampilan monitor ini akan sangat disuka oleh para desainer.

Produk dari ASUS ini menghadirkan kemampuan terbaik dari sebuah perangkat Display, ketajaman gambar keakuratan tampilan warna serta layarnya yang cukup luas adalah nilai jual tersendiri dari Asus PA249Q ProArt. Perangkat ini sangat cocok bagi para desainer atau mereka yang berkecimpung di dunia yang berhubungan dengan gambar dan warna. Para harrdcore gamers juga tak boleh kelewatan untuk memiliki salah satu koleksi ini. Tampilan yang memesona akan sangat memaksimalkan kinerja dari kartu grafis kelas high-end, tertarik? sayangnya samapai artikel ini dibuat belum ada informasi tentang kepastian harga dari monitor LCD ini. [BAM]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel