Review Specs Blackmagic Camera Video HD Pocket Cinema

17 Apr 2013 19:00 3323 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Adakah perangkat kamera video HD yang lebih praktis, kecil dan murah dibanding Camcoder? Tentu saja ada, jawabannya adalah Blackmagic Camera Pocket Cinema.

Patut diakui bahwa saat ini sudah jamannya video HD atau video berdefinisi tinggi, secara umum video HD merujuk pada semua jenis sistem video yang sudah mempunyai resolusi tinggi daripada dengan video definisi standar. Yang disebut video HD umumnya memiliki resolusi tampilan 1280 × 720 (720p) dan 1920 × 1080 (1080i dan 1080p). Untuk membuatnya Anda memerlukan kamera video HD yang tidak sembarangan.

Jika Anda melakukan browsing produk kamera video HD, kebanyakan yang tersedia adalah jenis produk Camcoder. Jika hanya untuk mendokumentasikan acara keluarga apakah memang memerlukan Camcoder? Ingat, perangkat tersebut ukurannya lebih besar dan harganya relatif cukup mahal, lagipula penggunaannya juga cukup membingungkan bagi pemula. Adakah perangkat kamera video HD yang lebih praktis, kecil dan murah dibanding Camcoder? Tentu saja ada, jawabannya adalah Blackmagic Camera Pocket Cinema. Awalnya cukup meragukan apakah sebuah kamera pocket mampu menjadi kamera video HD? Namun hal tersebut memang benar-benar dapat Anda lakukan dengan Blackmagic Pocket Cinema ini.

Blackmagic Camera Pocket Cinema bisa dibilang merupakan sebuah produk terkini karena baru diperkenalkan pada even NAB Confrence Las Vegas tahun 2013. Dilihat dari desainnya, Blackmagic Pocket Cinema cukup mini, ramping dan hanya memiliki ketebalan kurang dari 1 inch, bobotnya hanya 335 gram dan panjangnya sekitar 128. Dengan ukuran yang cukup kecil tersebut maka Pocket Cinema dapat dengan mudah Anda masukkan ke dalam kantung celana. Sekilas bentuknya adalah persegi panjang dengan warna hitam sehingga terlihat lebih elegan, namun tidak seperti kamera pocket lain Pocket Cinema ini memiliki grip di sisi kanan yang cukup nyaman sebagai pegangan. Pihak produsennya mendesain kamera ini dengan bahan magnesium alloy untuk memperoleh kekuatan yang tahan lama. Hal tersebut juga termasuk LCD dengan resolusi tinggi untuk fokus yang tepat dan yang buat pada SD perekam, sehingga Anda bisa mendapatkan solusi lengkap perekaman tanpa perlu membeli aksesoris mahal.

Kamera video HD ini mengusung sebuah sensor mencapai 1080HD Super 16mm, sensor tersebut dapat mengambil gambar dengan resolusi 1080HD pada kecepatan 23.98, 24, 25, 29.97 bahkan sampai 30 FPS. Selain itu, sensor yang disematkan pada Blackmagic Camera Pocket Cinema juga mempunyai kemampuan yang cukup impresif dan tidak akan mengecewakan. Fitur lainnya adalah dynamic range sebesar 13 stop dan kemampuan untuk mengambil lossless compressed Cinema DNG RAW. Hasil gambar yang dibangun oleh Blackmagic Pocket Cinema diklaim memiliki kualitas yang hampir dengan kamera film profesional mahal sekelas Super 16.

Dengan kemampuan pengambilan gambar dengan kualitas 2.5k footage (2432 x 1366) serta menyediakan berbagai pilihan format, maka kamera video HD ini dapat semakin memperkaya variasi Anda dalam berkreasi dengan video. Keunikan lain dari Blackmagic Pocket Cinema adalah karena kamera ini juga menggunakan standard mounting Micro Four Third (MFT). Inilah yang nantinya akan membuat para pengguna bebas menggunakan lensa MFT dari produsen Olympus dan Panasonic. Kamera ini juga cukup fleksibel karena mengusung format terbuka yang tidak mengharuskan penggunanya menyediakan software milik produsen tertentu. Fitur lain adalah pada kualitas ProRes 422 (HQ) dengan CinemaDNG lossless yang sudah ditambahkan lewat firmwarenya. Dengan demikian, maka file secara cepat langsung ditranferkan dari perangkat ke kartu SD.

Untuk kualitas video memang sangat mumpuni, lalu bagaimana dengan kualitas audio yang dihasilkan? Dengan mikrofon stereo yang terintegrasi, pengguna kamera video HD ini dapat menangkap kualitas suara yang menakjubkan, jernih dan bersih. Selain itu, untuk daya tahannya, Removable baterai isi ulang dapat ditukarkan dengan cepat sampai 12V sehingga sangat cocok ketika Anda menjalankannya. Fitur koneksi sama halnya dengan peralatan perekaman profesional, karena tersedia micro HDMI out, LANC control input ditambah jack headphone socket mini untuk monitoring audio menggunakan headphone.

Blackmagic Pocket Cinema merupakan peralatan kecil yang Anda butuhkan untuk membuat film yang terlihat lebih sinematik. Dengan ukuran kecil dan penggunaan mudah, Anda dapat merekam di sebuah lokasi yang paling sulit dan terpencil sekalipun. Kamera video HD ini juga cocok untuk pembuatan film dokumenter, film independen, foto jurnalistik, festival musik, ENG, kegiatan demonstrasi dan bahkan pada zona perang. Anda bisa lihat ketika para jurnalis yang kerepotan saat melakukan peliputan di area sulit, dan Blackmagic Pocket Cinema memang menjadi salah satu solusinya. Saat ini kamera video HD Blackmagic Pocket Cinema dibanderol dengan harga US$995 atau sekitar Rp 9 juta lebih. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa mengunjungi situs resmi Blackmagic di sini. [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel