Sony LCD Bravia Seri 4K Ultra HD TV Terbaru Berkualitas 4 Kali Resolusi HD

16 Apr 2013 16:00 4651 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Setelah sempat meluncurkan Sony XBR-84X900 4K Ultra HD TV dengan ukuran 84 inch ke pasaran, sekarang Sony kembali menghadirkan dua TV seri 4K Ultra HD TV dengan ukuran lebih mini dibanding pendahulu mereka, Sony LCD Bravia XBR-55X900A dengan ukuran 55 inch dan XBR-65X900A yang hadir dengan ukuran layar 65 inch.

Setelah sempat meluncurkan Sony XBR-84X900 4K Ultra HD TV dengan ukuran 84 inch ke pasaran, sekarang Sony kembali menghadirkan dua TV seri 4K Ultra HD TV dengan ukuran lebih mini dibanding pendahulu mereka, Sony LCD Bravia XBR-55X900A dengan ukuran 55 inch dan XBR-65X900A yang hadir dengan ukuran layar 65 inch. Tentunya hadirnya 2 keluarga baru seri 4K Ultra HD ini diharapkan mampu menembus pasar menengah ke atas yang tidak sanggup membeli seri 84 inch yang dibanderol sangat mahal serta ukuran yang terlalu besar.

Desain

Yang membedakan 2 seri 4K Ultra HD TV dengan kakaknya selain ukuran layar yang lebih kecil, juga desain yang diimplementasikan Sony. Jika Sony XBR-84X900 terlihat lebih ramping dengan 2 speaker yang tipis, seri 55 dan 65 inch ini terlihat bongsor akibat speaker yang selain menyatu dengan badan, juga terlihat besar dengan hadirnya kombinasi tweeter, woofer, dan sub woofer yang terlihat dengan mata telanjang pada kedua sisi TV. Dominasi warna hitam yang membalut TV mulai dari badan sampai bagian speaker membuat TV Sony LCD Bravia ini terlihat borderless dan dinamis ditambah kombinasi speaker pada kedua sisi membuat TV terlihat tangguh dan hAndal tidak hanya pada kualitas video tetapi kualitas audio juga. Tambahan stand atau penyangga bulat yang berbahan chrome plating menambah keindahan dari model anyar dari keluarga 4K Ultra HD TV Sony ini.

Dimensi

Ukuran dari seri 55 dan 65 inch jelas berbeda, untuk seri 55 inch dimensi 1463 x 749 x 100mm tanpa penyangga dan 1463 x 778 x 405mm dengan penyangga serta berbobot 33.1 kg tanpa penyangga. Jika dengan penyangga berat seri 55 inch mencapai 34.5 kg, sedangkan seri 65 inch hadir dengan dimensi 1682 x 875 x 100mm dan bobot 45 kg tanpa penyangga dan dimensi 1682 x 903 x 405mm dan bobot 46.4 kg jika menggunakan penyangga. Selain ukuran yang besar, beban dari 2 seri 4K Ultra HD TV lumayan berat sehingga dibutuhkan tenaga dan perhatian ekstra jika ingin dipindahkan atau ditata ulang.

Layar

Kedua TV 4K Ultra HD TV ini menggunakan 2 chip 4K X-Reality PRO processing engine buatan Sony yang bertugas mengoptimalkan tampilan dari resolusi HD dan mengubahnya menjadi 4 kali lebih besar dari resolusi normal HD. Dengan meningkatkan resolusi, bukan berarti kualitas gambar pecah atau piksel akan terlihat di layar. Berkat engine ini, kualitas gambar dapat dibersihkan sehingga gambar yang ditampilkan tetap terjaga dengan baik. Selain itu, dukungan terhadap kualitas warna juga lebih banyak dan lebih bagus dibandingkan TV beresolusi HD berkat teknologi TRILUMINOS Display.

Suara

Percuma jika kualitas gambar yang ditampilkan tidak sebanding dengan suara yang diproduksi oleh TV. Sony terkenal dengan kemampuan mahir dalam urusan audio pada setiap perangkat audio maupun video yang dihasilkan. Ini dibuktikan dengan hadirnya teknologi Signal-to-Sound Architecture yang didesain untuk membuat semua suara yang dihasilkan dioptimalkan mulai dari suara stadium yang penuh akan orang hingga suara bisikan yang hampir tidak terdengar. S-FORCE Front Surround dan Magnetic Fluid Speakers membuat kualitas sektor suara dari 4K Ultra HD TV ini tetap terjaga tetapi juga hemat daya.

Konektivitas

Anda mungkin akan terkesima jika melihat konektivitas yang ditawarkan seri 4K Ultra HD TV ini. Teknologi macam Wi-Fi sampai Wireless LAN disematkan ke dalam TV sehingga Anda akan mampu menikmati layanan TV berbasis internet dari rumah Anda. Tidak hanya itu, hadirnya internet browser Opera, Google TV Sync serta fitur Skype menambah kemewahan fitur yang ditawarkan. Anda dapat juga mengakses video, gambar, maupun audio melalui perangkat USB yang didukung oleh TV. Jika Anda pengguna smartphone Sony Xperia yang mendukung fitur NFC, Anda dapat mengontrol Sony LCD Bravia ini dengan fitur One-Touch Remote.

Kesimpulan

Harga yang ditawarkan untuk 2 TV terbaru dari seri 4K Ultra HD TV ini bukanlah harga yang murah seperti TV standar pada umumnya. Banderol harga sekitar $4,999 atau Rp 48 juta untuk seri 55 inch dan $6,999 atau Rp 67 jutaan untuk seri 65 inch. Tetapi jika dilihat dari segi teknologi dan fitur yang ditawarkan oleh Sony, TV ini memang layak dimiliki jika Anda mempunyai dana yang tidak terbatas tentunya. [MER]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel