Wireless Mobile Utility: Aplikasi Android Koneksi Wireless dengan Kamera Nikon

14 Apr 2013 21:00 34352 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Beberapa kamera Nikon keluaran terbaru telah dilengkapi dengan fitur Wireless. Hal ini untuk memudahkan penggunanya dapat terkoneksi nirkabel dengan perangkat lain baik untuk mengirimkan foto maupun pengontrolan jarak jauh. Umumnya Nikon menyematkan teknologi Wireless Mobile Adapter WU-1a pada beberapa produknya.

Kamera Nikon yang telah dilengkapi fitur ini diantaranya adalah Nikon D7100, D5200, D3200, D600, Coolpix S610C dan lain-lain. Lalu bagaimana cara mengkoneksikan antara kamera dengan perangkat lain memanfaatkan fitur ini? Tentunya dibutuhkan software pada perangkat yang akan disambungkan dengan kamera. Secara khusus perusahaan Nikon Corporation menyediakan secara gratis sebuah software bernama WirelessMobileUtility yang memang spesial bagi pengguna kamera Nikon. Wireless Mobile Utility dapat menciptakan koneksi wireless dua-arah antara kamera Nikon dan perangkat pintar (smart devices), khususnya yang berbasis Android.

Gambar yang diambil dengan kamera Nikon dapat langsung alihkan ke perangkat pintar Anda, bahkan dengan software ini kamera dapat dikendalikan dari jarak jauh. Selain itu, melalui perangkat pintar ini Anda bisa menampilkan tampilan melalui lensa kamera. Sebagai tambahan, fitur berbagi foto membuatnya mudah untuk mengunggah gambar ke situs jejaring sosial maupun melampirkannya ke pesan e-mail. Artinya Anda tidak perlu lagi repot-repot untuk melepas memory card dan mentransferkan file dengan waktu yang tidak sebentar, apalagi jika resolusi foto sangat besar.

Penggunaan aplikasi Utility Wireless Mobile pada perangkat pintar Anda dapat terhubung ke kamera karena sudah dilengkapi dengan built-in wireless atau aksesori adaptor nirkabel mobile Nikon. Jadi Anda tidak perlu untuk memasang pada router LAN nirkabel atau titik akses lain. Seperti yang telah dijelaskan diatas, aplikasi ini dapat digunakan untuk mengunduh gambar berkualitas tinggi dari kartu memori kamera, berbagi gambar dengan menggunakan fitur "Share" Android Intent. Anda dapat mengambil gambar dari jarak jauh sementara tampilan melalui lensa ditampilkan pada perangkat pintar. Anda dapat memanfaatkan fitur ini jika ingin berfoto berdua dengan pasangan, namun tidak ada orang ketiga yang memencet tombol shutter atau mengontrol kamera.

Berikut ini adalah beberapa fitur-fitur lain yang ada pada WirelessMobileUtility, sebagai referensi bagi Anda yang ingin menggunakannya:

  • Penciptaan koneksi dengan mudah untuk perangkat, baik itu Iphone atau Ipad dengan kamera yang dilengkapi dengan built-in wireless atau wireless mobile adapter.

  • View melalui lensa dapat ditampilkan pada layar perangkat pintar, dan shutter release dari layar sentuh perangkat. Hanya saja fitur ini tidak tersedia pada Nikon 1 atau kamera Nikon seri COOLPIX.

  • Tersedia dua detik self-timer untuk shutter release.

  • Jam kamera dapat secara otomatis disinkronisasi dengan perangkat pintar.

  • Dengan aplikasi ini, perangkat pintar dapat mengontrol zoom optik lensa. Namun fitur ini justru hanya tersedia untuk Nikon seri COLPIX, berbalik dengan fitur shutter release yang tidak tersedia pada COOLPIX.

Halaman utama aplikasi ditampilkan dengan sangat sederhana, Anda bisa memilih menu utama Take Photos dan View Photos. Sedangkan untuk opsi lain, tersedia pilihan Setting, Info dan Exit untuk mengakhiri penggunaan. Tampilan saat melakukan view sangat jelas dan hampir sama dengan view melalui view finder maupun live view pada kamera aslinya. Tidak hanya gambar view yang ada pada layar perangkat pintar Anda, karena tertera pula keterangan singkat dari detail foto yakni angka Shutter Speed dan Aperture. Opsi share dapat Anda temui saat review foto pada perangkat pintar Anda.

Salah satu kekurangan aplikasi ini adalah ketidakmampuan untuk kontrol perekaman video. Selain itu, layar perangkat juga harus memiliki resolusi minimal 800 × 480 piksel (WVGA), dibawah resolusi tersebut tidak dapat digunakan. Selain itu, sesuai dengan kemampuan regulasi wireless, wireless mobile adapter hanya dapat digunakan pada jangkauan maksimum sekitar 10 meter hingga 15 meter (33 ft 49 ft). Kemaksimalan bekerjanya aplikasi juga dapat dipengaruhi oleh rintangan dan kondisi sinyal.

Untuk kamera Nikon yang kompatibel dengan aplikasi ini diantaranya adalah Nikon seri D600, D3200, D5200, D7100 Nikon seri 1 V2, J3, S1, seri COOLPIX S6500, P520, S9500, S5200, AW110, AW110s, COOLPIX A, P330. Sedangkan perangkat pintar yang mendukung aplikasi adalah Samsung Galaxy S III (4.0.4), Samsung Galaxy Nexus (4.1.1), Samsung Galaxy S II LTE (4.0.4), HTC J butterfly (4.1.1), Motorola Droid RAZA M (4.0.4), LG Optimus G (4.0.4), SHARP AQUOS PHONE ZETA (4.0.4), HTC Desire HD (2.3.3) dan Sony Mobile Xperia AX (4.0.4). sedangkan untuk perangkat tablet hanya beberapa yang mendukung, seperti Samsung Galaxy note II (4.1.1), Samsung Galaxy Tab 10.1 LTE (4.0.4), Acer iconiatab (3.0.1) dan AUS Nexus 7 (4.2).Dapatkan aplikasi ini pada link ini secara gratis:

Dengan ukuran hanya 1.4 MB dan dapat dijalankan pada OS Android 2.3. Sebelum menggunakan aplikasi, download dan membaca End User License Agreement yang tersedia di URL berikut ini [MER]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel