Review Camcorder WiFi Sony Bloggie Live MHS-TS55

6 Apr 2013 10:30 2457 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sesuai dengan namanya, Sony Bloggie Live memiliki kapabilitas WiFi, yang berarti Anda dapat menggunakannya untuk merekam dan mengunggah video ke web tanpa menyambungkannya ke komputer. Ini adalah fitur yang keren pastinya, tetapi ini adalah fitur yang biasanya ditemukan pada ponsel atau produk lain beberapa tahun terakhir ini seperti iPhone atau iPod Touch.

Sesuai dengan namanya, Sony Bloggie Live memiliki kapabilitas WiFi, yang berarti Anda dapat menggunakannya untuk merekam dan mengunggah video ke web tanpa menyambungkannya ke komputer. Ini adalah fitur yang keren pastinya, tetapi ini adalah fitur yang biasanya ditemukan pada ponsel atau produk lain beberapa tahun terakhir ini seperti iPhone atau iPod Touch.

Bukan berarti Bloggie Live MHS-TS55 bukanlah kamera video Sony yang menarik, fFungsi WiFi tidak hanya memungkinkan Anda untuk mengunggah video ke web secara nirkabel, tetapi juga memungkinkan Anda melakukan streaming konten video langsung melalui kemitraan dengan Sony melalui Qik.com dan Anda dapat melihat klip video pada smartphone Anda dengan aplikasi PlayMemories dari Sony.

Design and Hardware

Lensa & Imaging System

Lensa pada MHS-TS55 tidak memiliki optical zoom, tetapi tidak sepenuhnya tetap. Lensa tersebut mengalami penyesuaian focal secara otomatis ketika camcorder merekam subjek yang berbeda, dan jangkauan apperturenya adalah dari f/2,8 hingga f.3. Terdapat fitur pembesaran digital pada Bloggie Live tetapi camcorder ini tidak menggunakan pembesaran optis.

LCD 3 inch pada Bloggie Live hampir identik dengan layar yang Sony gunakan untuk camcorder Bloggie Touch yang telah dikeluarkan terlebih dahulu seperti MHS-TS10. Seperti yang dikatakan sebelumnya, layar tersebut merupakan salah satu LCD yang lebih baik dalam hal respon dari tampilan layar sentuhnya, dan tampilan datar pada layar sangat bagus karena menciptakan panel tunggal.

Seperti Bloggie Touch MHS-TS10, layar pada Bloggie Live memiliki fitur rotasi otomatis yang mengubah cara perekaman video Anda. Jika Anda memegang camcorder secara horizontal saat merekam, video Anda direkam dalam format 16:9 standar. Memegang camcorder secara vertikal masih memungkinkan untuk merekam video Full HD, namun klip video akan muncul dengan tampilan yang tinggi dan langsing dengan batas hitam di sebelah kiri dan kanan bila dilihat di televisi layar lebar atau monitor.

Konektivitas

Bloggie Live memiliki beberapa pilihan konektivitas, camcorder ini dilengkapi dengan USB dan port HDMI mini, hanya itu. Tidak ada port, jack atau terminal lain yang ditemukan pada TS55. Tapi kedua pilihan konektivitas tersebut hanya merupakan setengah dari cerita Bloggie Live, terdapat teks WiFi di bagian kanan camcorder. Ya, dengan MHS-TS55 akhirnya Bloggie memiliki fitur nirkabel. Dengan adanya WiF, Live Bloggie dapat mengunggah konten secara langsung ke internet tanpa menghubungkan camcorder ke komputer klip video dapat dilihat pada smartphone dengan melakukan sinkronisasi dan Anda bahkan bisa streaming video langsung secara nirkabel.

Fitur-fitur baru ini adalah unsur-unsur menarik dari Bloggie Live, dengan menggabungkan kemampuan WiFi ke dalam camcorder, Sony secara drastis meningkatkan fleksibilitas Bloggie Live dan membuat perangkat camcorder yang sempurna bagi mereka yang ingin mengunggah konten secara langsung. Ini tidak sebebas iPhone, camcorder perlu terhubung ke jaringan nirkabel untuk mengunggah konten sedangkan iPhone dapat mengunggah video melalui jaringan seluler 3G sebagai gantinya. Namun, ini merupakan langkah penting bagi Sony dan ini adalah fitur yang paling menjua’ pada Bloggie Live MHS-TS55.

Baterai

Hal yang perlu diingat tentang Bloggie Live adalah bahwa baterainya tidak dapat dilepas dan merupakan kasus yang banyak ditemukan pada ultracompact camcorder keluaran baru. Jadi, jika Anda menguras baterai dengan merekam terlalu lama Anda harus berhenti menggunakan Bloggie Live sampai Anda mengisi ulang baterainya. Untuk mengisi ulang camcorder, Anda harus menghubungkan Bloggie Live melalui USB-nya ke port USB komputer, atau menggunakan adaptor dinding yang harus dibeli secara terpisah. Mengisi ulang daya pada Bloggie MHS-TS55 adalah sesuatu yang harus selalu Anda lakukan seperti halnya dengan semua camcorder dan Anda tidak dapat menggunakan camcorder untuk merekam ketika sedang melakukan pengisian daya baterai.

Media

Bloggie MHS-TS55 dilengkapi dengan memori flash internal 8GB dan merupakan jumlah yang layak untuk sebuah camcorder kecil. Sayangnya, TS55 tidak memiliki slot kartu memori sehingga ketika memori 8GB penuh, Anda harus menghapus beberapa video. Tidak terlalu sulit untuk menyalin video dari camcorder ke komputer dan kemampuan nirkabel dari Bloggie Live membuatnya sangat mudah untuk mengunggah konten ke internet, sehingga mengosongkan kembali memori bukanlah tantangan besar.

Sebagian besar persaingan di pasar ultracompact camcorder lebih banyak menggunakan slot memory card SD/SDHC dibandingkan memori internal. Apple iPhone 4S adalah pengecualian, karena hanya memiliki memori internal seperti Bloggie Live.

Mode Perekaman

Kompresi

Bloggie Live memiliki tiga pilihan rekaman video: satu pilihan Full HD 1080/30p dan dua pilihan yang merekam video 720p dengan frame rate 60p atau 30p masing-masin). Video direkam dengan menggunakan codec MPEG-4, seperti yang digunakan oleh Sony pada model Bloggie beberapa tahun terakhir ini. Sistem kompresi bekerja dengan lebih mudah dan file-file tersebut tidak sebesar klip AVCHD yang digunakan oleh Sony pada camcorder Handycam HD-nya.

Fitur Pengambilan Foto

Bloggie Live memiliki kemampuan untuk mengambil gambar pada tiga resolusi: 12MP, 8MP atau 2MP. Pilihan 12MP menggunakan rasio aspek 4:3, sementara dua pengaturan lainnya menghasilkan gambar dengan rasio aspek 16:9 (layar lebar). Fitur lainnya adalah self timer berdurasi 10 detik yang dapat diaktifkan pada menu pengaturan shooting. Anda hanya perlu mulai merekam, kemudian tekan tombol selama perekaman untuk mengambil foto pada waktu yang bersamaan.

Kontrol Otomatis

Kontrol otomatis pada Bloggie Live tidak terlalu mengesankan. Camcorder bekerja dengan baik dalam hal konsistensi, cahaya terang di luar ruangan, tapi pencahayaan campuran menimbulkan beberapa masalah serius bagi camcorder. Terlihat banyak flare cahaya di sekitar area terang seperti lampu dan jendela, sistem autofocus yang lambat, dan keakuratan white balance tidak pernah sempurna di bawah cahaya buatan. Camcorder ini juga memiliki auto slow shutter yang memungkinkan Bloggie Live merekam di cahaya yang redup. Slow shutter ini juga menghasilkan gerakan yang terkesan berombak.

MHS-TS55 memiliki deteksi wajah, dan camcorder akan memfokuskan kembali jika Anda memberi ketukan kecil pada LCD dengan ujung jari Anda. Hal ini tidak sepenuhnya jelas apakah camcorder menggunakan sistem fokus titik ketika Anda menekan, atau layar mencoba untuk memperluas daerah fokusnya. Yang jelas adalah penekanan pada layar LCD tidak mengakibatkan penyesuaian exposure, camcorder hanya mengubah exposure ketika camcorder mengidentifikasi sumber cahaya yang berbeda yang telah berpengaruh besar ke perekaman video.

Kontrol Audio

Anda melihat bahwa kotak persegi panjang kecil di bawah lensa di bagian depan Bloggie Live? Ini agak terlihat seperti mikrofon, kan? Itu bukan mic, ini adalah lampu video. Namun MHS-TS55 memiliki stereo microphone yang terpasang pada badannya. Mic ini terletak di sisi kanan dari camcorder atau bagian atas camcorder jika Anda memegangnya secara horizontal. Seperti yang sebelumnya dikatakan, ini adalah stereo microphone dan camcorder tidak memiliki kontrol audio manual untuk berbicara. Posisi mic tersebut tidak mengerikan, tetapi terkadang tidak sengaja menutupi mic dengan jari-jari, jadi hal ini harus Anda perhatikan. Selain itu, kurangnya fitur peredaman suara angin membuat Anda harus membatasi perekaman di lingkungan berangin.

Pengurangan Cahaya Berkelip

Pengaturan ini dapat membantu mengurangi cahaya yang berkelip yang kadang-kadang terjadi ketika merekam video di bawah lampu neon. Anda mungkin atau mungkin tidak melihat perbedaan dengan pengaturan ini, tapi pengaturan ini ada untuk Anda gunakan ketika Anda menginginkannya.

Kesimpulan

Fakta bahwa Sony Bloggie Live MHS-TS55 melakukan pekerjaan yang relatif baik, kamera video Sony ini bukan model ultracompact terbaik yang ditinjau secara keseluruhan, tetapi desain ramping dan tampilan layar sentuh yang intuitif membuatnya menjadi pilihan utama bagi videografer pemula yang tidak menginginkan sebuah camcorder yang terlihat dan terasa seperti mainan.

Walaupun fitur WiFi Bloggie Live cukup menarik, harus diakui bahwa Sony agak terlambat membenamkan WiFi ke dalam produknya. Selama beberapa tahun terakhir ini, Apple iPhone dan iPod Touch telah mampu melakukan hal seperti yang dilakukan oleh Bloggie Live terutama mengunggah konten video ke web tanpa menghubungkannya ke komputer. Belum lagi iPhone memiliki tampilan yang lebih baik untuk mengunggah dan berbagi video secara nirkabel dan memiliki kemampuan mengirimkan video melalui 3G daripada membutuhkan koneksi WiFi. Semua hal ini membuat produk Apple menjadi "camcorder” yang lebih baik daripada Bloggie Live dalam hal kemampuan nirkabel.

Manfaat Sony Bloggie Live meliputi harga yang terjangkau dan fitur yang sederhana. Ini adalah camcorder khusus, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang semua fitur, aplikasi dan biaya lainnya yang terkait dengan kepemilikan smartphone. Dan juga jika Anda sudah memiliki sebuah smartphone yang dapat merekam dan mentransfer video secara nirkabel, benar-benar tidak ada alasan untuk membeli Bloggie Live. Jadi, pasar MHS-TS55 terbatas pada orang-orang yang belum memiliki iPhone, iPod Touch, atau smartphone lainnya dan menginginkan camcorder yang nyaman di saku dengan WiFi. [HAM]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel