OS Bada 2.0 - Operating System Asli Milik Samsung

5 Oct 2011 09:00 4202 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Samsung saat ini terkenal dengan Android yang menjadi OS (Operating System) sebagian besar produk smartphone miliknya. Namun sebenarnya perusahaan yang berbasis di Korea Selatan ini memiliki OS sendiri yang sebelumnya mentenagai produk seluler miliknya. OS ini bernama bada yang versi terbaru adalah OS bada 2.0 sudah muncul di pasaran.

Samsung saat ini terkenal dengan Android yang menjadi OS (Operating System) sebagian besar produk smartphone miliknya. Namun sebenarnya perusahaan yang berbasis di Korea Selatan ini memiliki OS sendiri yang sebelumnya mentenagai produk seluler miliknya. OS ini bernama bada yang versi terbaru adalah OS Bada 2.0 sudah muncul di pasaran.

Samsung bada adalah platform smartphone yang diluncurkan oleh perusahaan Samsung Electronics Co.Ltd. Samsung OS Bada 2.0 diluncurkan pertama kali di Indonesia pada 10 Desember 2009 di Jakarta.

Apa saja kemampuan OS Bada 2.0 ini? berikut highlight dari fitur yang ditawarkan OS Bada 2.0.

Multitasking. Seperti OS smartphone pada umumnya, kemampuan multitasking pada sebuah smartphone adalah suatu keharusan, dan tentu saja bada 2.0 memiliki fitur ini.

UI (User Interface) 2.0. Pada versi terbarunya, bada 2.0 memperkenalkan tampilan baru di mana layar terbagi menjadi tiga bagian Header, Footer, dan TabBar. Header ditampilkan pada bagian paling atas dan berfungsi untuk menampilkan judul, deskripsi konten, dan juga item, seperti tombol. Footer yang berada pada bagian paling bawah berfungsi untuk menampilkan tombol, untuk melihat halaman lain, dan terdapat tombol "Back"Â. Sementara TabBar adalah "scrollable menu"Â yang bisa ditempatkan pada bagian manapun dan sebagai kontrol dari berbagai macam item.

NFC (Near-Field Communication). Fitur ini juga menjadi salah satu kemampuan yang harus ada pada perangkat smartphone saat ini. Sebagai generasi baru dari teknologi transfer file, di mana kedepannya bisa menggantikan Bluetooth dan WiFi, NFC sepenuhnya didukung oleh OS Bada 2.0.

Speech-to-Text, Text-to-Speech. Dengan Speech-to-Text milik bada 2.0 ini Anda bisa melakukan kegiatan seperti mendikte smartphone Anda untuk menulis suatu catatan, mengontrol aplikasi melalui suara, dan voice chatting. Sementara dengan fitur Text-to-Speech berfungsi untuk membaca note dan talking dictionary. Kedua fitur bada 2.0 ini juga mendukung bahasa lokal, voice type, dan speech rate.

Dan untuk mengetahui bagaimana tampilan dan kemampuan Samsung OS Bada 2.0, berikut video demo bada 2.0 milik Samsung:

RY

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel