iOS 5 VS Windows 8 Developer Preview, OS Tablet PC Mana Yang Terbaik

4 Oct 2011 14:00 4339 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Seperti yang pernah Paseban bahas sebelumnya mengenai Window 8, Microsoft baru-baru ini merilis Windows 8 Developer Preview untuk tablet dan komputer. Microsoft telah melakukan upaya yang mengesankan dengan Windows 8 ini dengan membuatnya menjadi "slate friendly".

Seperti yang pernah Paseban bahas sebelumnya mengenai Windows 8, Microsoft baru-baru ini merilis Windows 8 Developer Preview untuk tablet dan komputer. Microsoft telah melakukan upaya yang mengesankan dengan Windows 8 ini dengan membuatnya menjadi "slate friendly".

Namun istilah mengesankan ini tidak bisa diberikan begitu saja tanpa membandingkannya dengan OS (Operating System) tablet PC lainnya. Tablet PC saat ini, tidak dapat dipungkiri, masih dikuasai oleh Apple iPad 2 dengan iOS 5 miliknya. Dan akan sangat menarik apabila Windows 8 ini berhadapan head-to-head dengan iOS 5. Lalu bagaimana kehebatan Microsoft Windows 8 untuk tablet ini jika dibandingkan dengan Apple iOS pada iPad?

Berikut perbandingan kemampuan kedua tablet tersebut dilakukan.

Head-to-head Windows 8 Developer Preview dengan iOS 5 ini dilakukan dengan membandingkan fitur-fitur yang terdapat di dalam kedua OS:

  • Lockscreen. Kategori ini membandingkan apa saja yang terdapat pada lockscreen dan apa saja yang bisa dilakukan pada saat tablet berada kondisi lockscreen.

  • Homescreen. Kategori ini membandingkan tampilan homescreen pada kedua perangkat. Seperti yang kita semua ketahui, iOS menggunakan icon sebagai ciri khasnya. Sementara Windows 8, yang mengadopsi tampilan homescreen Windows Phone, menggunakan "panel" atau biasa disebut "live tiles" untuk menggantikan icon. Dan juga membahas kustomisasi yang bisa dilakukan pada masing-masing homescreen.

  • Browser. Kategori ini membandingkan fitur-fitur browser pada kedua perangkat, iOS 5 dengan Safari dan Windows 8 Developer Preview dengan IE 10.

  • Onscreen keyboard. Bentuk dari Onscreen keyboard semua tablet memang tidak memiliki banyak perbedaan. Namun apa saja yang dimiliki keyboard tersebut bisa sangat berbeda, seperti "smileys/emoticons", "characters", konsep baru pada keyboard perangkat mobile yaitu "split-keyboard" atau "thumb-keyboard", dan cara pengoperasian dimana iOS mengunggulkan banyak slide.

  • Sharing System. Kategori Sharing System secara garis besarnya adalah membandingkan kemudahan akses terhadap jejaring sosial yang disediakan oleh kedua OS.

  • Settings. Perbandingan "Settings" pada iOS dan "Control Panel" pada Windows 8 menunjukkan menu pengaturan apa saja yang dimilikinya.

  • Search ability. Kemudahan untuk melakukan "searching" memang bukan hal yang banyak diperhatikan oleh beberapa orang. Namun pada saat Anda membutuhkan fitur ini, Anda akan menyadari kemudahan "searching" sangat penting terdapat pada sebuah perangkat. Dan kategori ini membandingkan hal tersebut.

So, without further ado, berikut video dari perbandingan antara iOS 5 dan Windows 8 Developer Preview:

RY

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel