Perbandingan RBT (Ringback Tone) Operator Seluler Terbesar di Indonesia

21 Sep 2011 14:00 7600 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Nada Sambung Pribadi menjadi begitu populer di kalangan masyarakat beberapa tahun ini. Terbukti dengan banyaknya orang yang mengunduh Nada Sambung Pribadi ke dalam ponsel miliknya. Kali ini, Paseban akan me-review perbandingan layanan Nada Sambung Pribadi pada setiap operator yang ada di Indonesia.

RBT (Ringback Tone) menjadi begitu populer di kalangan masyarakat beberapa tahun ini. Terbukti dengan banyaknya orang yang mengunduh RBT ke dalam ponsel miliknya. Bahkan kuantitas banyaknya RBT pada sebuah lagu yang di-download juga dijadikan tolak ukur sebuah keberhasilan seorang musisi di dunia musik tanah air. Sebegitu besarkah pengaruh RBT ini?

Sehubungan dengan semakin besarnya minat masyarakat pada RBT, para operator seluler berlomba-lomba untuk memberikan layanan terbaik mereka dalam menyediakan layanan RBT. Kali ini, Paseban akan me-review perbandingan layanan RBT pada setiap operator yang ada di Indonesia.

Indosat I-ring

RBT atau yang juga disebut sebagai Nada Sambung Pribadi Indosat dikenal dengan nama I-ring. Perbedaan dari layanan ini yang tidak dimiliki oleh operator lain adalah terletak pada masa pengaktifan dimana bisa dalam kurun waktu hanya seminggu saja, sementara operator lain minimalnya satu bulan. Namun demikian, saat pengaktifan selama satu minggu tersebut RBT Anda tetap akan diperpanjangan secara otomatis. Kebijakannya, Indosat akan memberikan SMS notifikasi bahwa Nada Sambung Pribadi Anda akan diperpanjang, sehingga Anda bisa berhenti atau mengganti jenis nada sambungnya sebelum diperpanjang.

Saat ini, Indosat menyediakan lagu RBT yang cukup lengkap, mulai dari lagu terbaru hingga lagu daerah sekalipun. Cara mengaktifkan layanan ini sudah pernah Paseban ulas di artikel sebelumnya mengenai I-ring. Dalam hal ini, Indosat menyediakan tiga cara untuk berlangganan pada layanan ini, yakni melalui pengiriman SMS, via Web ataupun via Wap. Untuk berlangganan melalui Web maupun Wap, syaratnya nomor ponsel Anda harus sudah teregistrasi terlebih dahulu.

Sebenarnya, Indosat juga menyediakan layanan penukaran poin plus-plus Indosat dengan I-ring. Namun ketika Paseban berusaha menukarkan poin tersebut dengan I-ring, ternyata ada penolakan dari Indosat itu sendiri.

Untuk masalah tarif, pulsa yang dipotong untuk pengaktifan I-ring per bulan yakni sebesar Rp 12.000 dengan rincian Rp 5500 untuk pengaktifan dan sisanya untuk biaya download. Perpanjangan akan dilakukan secara otomatis, Anda bisa menghentikannya ataupun memperpanjangnya semau Anda.

Telkomsel NSP 1212

Berbeda dengan Indosat, Telkomsel hanya menyediakan layanan RBT yang dikenal dengan nama NSP 1212 dengan kurun waktu hanya sebulan saja. Namun untuk masalah kelengkapan database lagu yang tersedia, Telkomsel mungkin yang terdepan di antara operator lainnya.

Untuk mengaktifan layanan NSP 1212 Telkomsel ada tiga cara, yakni melalui SMS ke 1212, telepon ke 1212 atau mengakses melalui browser langsung dari ponsel Anda dengan mengetikkan *121#. Telkomsel mengenakan tarif Rp 9900 (belum termasuk pajak) sebagai biaya langganan NSP 1212 untuk jangka waktu satu bulan.

XL RBT

Sama halnya dengan Indosat, XL juga menyediakan layanan RBT untuk masa aktif seminggu, dengan kebijakan perpanjangan secara otomatis. XL menyediakan empat cara untuk mengaktifkan layanan RBT ini, yakni menggunakan menu layanan data, menggunakan WAP, menelepon ke 1818 atau langsung menggunakan SMS ke 1818.

Dalam masalah biaya, harga tak jauh beda dengan operator lainnya. Memang sepertinya 'ada kesepakatan' atau aturan tersendiri antar operator dalam menentukan harga pengaktifan sebuah Nada Sambung pribadi. XL mematok harga biaya langganan bulanan Rp 6.050,-/30 hari dan Rp 7700 untuk sekali permintaan lagu. Jika ditotal, harganya sekali pengaktifan tak jauh dari Indosat atau Telkomsel.

Dari ketiga operator tersebut, mengenai kelengkapan lagu yang bisa di-download, Indosat dan XL tidak selengkap Telkomsel. Dan Jika ditinjau dari masalah harga, memang tidak terpaut jauh antara ketiganya. Ketiga operator ini pun akan memberikan notifikasi SMS warning sebelum melakukan perpanjangan Nada Sambung Pribadi tersebut. Paseban melihat adanya fasilitas layanan yang berlaku selama beberapa hari saja yang memberikan nilai lebih bagi operator itu sendiri, seperti yang dimiliki oleh Indosat dan XL yang bisa mengaktifkan Nada Sambunng Pribadi hanya dengan 7 hari.

Kesimpulan kembali pada diri Anda, tips dari Paseban sebelum Anda mengaktifkan sebuah lagu untuk RBT, sebaiknya Anda perlu mengecek ulang kode pengaktifan lagu tersebut. Banyak konsumen yang sering mengeluhkan kesalahan pengaktifan lagu, pulsa pun sudah terpotong. Mau complain karena keasalahan ini? Tentu tidak semudah yang dibayangkan. Akan lebih baik jika Anda mengecek ulang sebelum melakukan pengaktifan RBT Anda. HJ

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel