Perbandingan Ponsel-Ponsel HTC Desire, Mana yang Anda Pilih?

4 Aug 2011 16:51 5033 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

HTC Desire memiliki 4 varian, yakni HTC Desire, HTC Desire Z, HTC Desire HD dan HTC Desire S. Dalam artikel ini Paseban mereviewnya dan membandingkan keempat tipe ini serta merekomendasikan mana yang terbaik buat Anda.

Anda bingung memilih produk HTC Desire? Jangan bingung karena dalam artikel ini, Paseban akan me-review-nya untuk Anda.

Produsen asal Taiwan ini sudah memiliki 4 jenis tipe HTC Desire yang beredar di pasaran Indonesia, yakni HTC Desire, HTC Desire Z, HTC Desire HD dan HTC Desire S. Masing-masing dari keempat varian ini mempunyai perbedaan, baik dalam penambahan atau perubahan pada spesifikasi hardware, size, software, fitur dan kemampuan-kemampuan lainnya.

HTC Desire diluncurkan pada bulan Desember 2009. Selanjutnya pada bulan September 2010, produk HTC Desire lainnya diluncurkan, yakni HTC Desire Z dan HTC Desire HD. Dan HTC Desire S adalah produk HTC Desire paling baru yang meluncur pada bulan Februari 2011.

Dalam artikel ini, Paseban mencoba membandingkan keempat tipe smartphone ini yang selanjutnya bisa Anda tentukan, mana yang lebih baik untuk Anda. Mari kita lihat keunggulan apa saja yang dibawa oleh masing-masing produk HTC Desire ini.

Design
Untuk urusan berat design, keempat perangkat ini memiliki bobot yang hampir sama. Lagipula untuk sebagian orang tidak terlalu mempersoalkan masalah ini. Dari keempat perangkat tersebut, HTC Desire S lah yang mempunyai bobot paling ringan, yakni 130 gram. Sedangkan untuk tampilan desain, HTC Desire Z bisa dibilang lebih unik karena satu-satunya tipe yang memiliki slide keypad QWERTY sehingga bisa mengetik lebih cepat.

Jika tak mempermasalahkan bobot, mungkin rekomendasi dari Paseban jatuh ke HTC Desire Z karena memiliki tampilan yang lebih elegan dan memiliki tambahan slide keypad yang memudahkan pengguna ketika mengetik yang selama ini menjadi kekurangan dari touch screen.

Spesifikasi Layar
Jika ditinjau dari layarnya, HTC Desire HD mempunyai ukuran layar yang lebih besar dari yang lainnya, yakni 4,3 inchi dan memang berkemampuan high-definiton, sehingga grafis terlihat lebih detail dan tajam. HTC Desire HD ini juga memiliki kamera yang setingkat lebih tinggi dari yang lainnya, yakni 8 megapiksel. Sementara untuk ketiga perangkat lainnya hanya berkamera 5 megapiksel dan layar yang hanya 3,7 inchi dengan resolusi 480x800 pixel.

Dari penjelasan di atas, tentu Anda tahu bahwa HTC Desire HD lebih unggul daripada versi lainnya seperti yang pernah Paseban ulas di artikel HTC Desire HD sebelumnya.

Prosesor
Jika ditinjau dari segi prosesor yang digunakan, HTC Desire S dan HTC Desire HD sama-sama dibekali dengan prosesor besutan Qualcomm dengan clockspeed 1GHz. Di dalam chipset Qualcomm MSM8255 Snapdragon tersebut terdapat sebuah GPU (Graphic Processor Unit) Adreno 205 GPU yang cukup baik untuk mengolah grafis.

HTC Desire sepertinya setingkat dengan kedua ponsel diatas, hanya saja HTC Desire mempunyai clockspeed 1GHz Scorpion, namun dengan chipset Qualcomm QSD8250 Snapdragon dan hanya terdapat GPU Adreno 200 GPU, sedikit lebih kecil dari HTC Desire S dan HTC Desire HD.
Sementara HTC Desire Z terlihat ketinggalan jauh dalam urusan ini, ponsel ini hanya mempunyai prosesor 800 MHz Scorpion, Adreno 205 GPU, Qualcomm MSM 7230 chipset.

Siapa yang lebih unggul? Tentulah Anda bisa menyimpulkannya sendiri.

Operating System
Seperti perangkat smartphone pada umumnya, berbagai variasi jenis ponsel yang ber"¬Ěsaudara"Â¬Ě seperti HTC Desire ini, juga memiliki OS yang berbeda di setiap versi. Sebut saja HTC Desire yang menggunakan Android 2.1 Eclair, untuk HTC Desire S menggunakan OS Android 2.3 Gingerbread. Sementara HTC Desire Z dan HTC Desire HD keduanya menggunakan Android 2.2 Froyo. Dari OS yang digunakan, nampaknya HTC Desire S memang lebih unggul dari saudara-saudaranya ini.

Pada intinya, makin terbaru produk HTC Corp, maka produk tersebut bisa dibilang sebagai bentuk upgrade dari versi sebelumnya dengan penambahan beberapa fitur baru. Tentu dari segi harga, keluaran terbaru agak sedikit lebih mahal dari versi sebelumnya, karena versi baru ibarat bentuk penyempurnaan dari versi sebelumnya.

Dari review ini, baik dari ukuran, layar, OS dan prosesor, Paseban menyimpulkan bahwa HTC desire S menjadi pemenang karena memang HTC Desire S sendiri merupakan produk terbaru dari deretan produk HTC Desire.

Jika Anda ingin membandingkan keempat perangkat ini dengan lebih jelas, Anda bisa menggunakan fasilitas Paseban HP Specification Compare yang bisa di klik di link berikut ini. HJ

HTC Desire all type

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel