Visidon Applock - Sistem Keamanan Android Pertama Yang Menggunakan Facial Recognition

5 Jul 2011 14:55 4450 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Alasan umum orang tidak mengaktifkan fitur keamanan lebih pada *smartphone* mereka karena hal itu dinilai terlalu merepotkan. Mengklik tombol dan menggeser ikon di layar tertentu sebenarnya bukanlah hal yang dipermasalahkan. Tetapi meng-*input* *password* untuk keamanan *smartphone* adalah hal yang tidak praktis dan tidak digunakan oleh sebagian besar pengguna. Padahal untuk keamanan ekstra, hal ini perlu dilakukan.

Alasan umum orang tidak mengaktifkan fitur keamanan lebih pada smartphone mereka karena hal itu dinilai terlalu merepotkan. Mengklik tombol dan menggeser ikon di layar tertentu sebenarnya bukanlah hal yang dipermasalahkan. Tetapi menginput password untuk keamanan smartphone adalah hal yang tidak praktis dan tidak digunakan oleh sebagian besar pengguna. Padahal untuk keamanan ekstra, hal ini perlu dilakukan.

Android dengan sistem open source memiliki keuntungan dalam hal ini. Android memberikan kemudahan dan keleluasaan pada pengembang untuk lebih melengkapi kekurangan OS miliknya. Seperti Atrix Motorola yang memiliki fitur keamanan menggunakan sidik jari.

Perkembangan terbaru adalah fitur keamanan yang ditawarkan oleh Visidon Applock. Aplikasi ini menawarkan konsep fitur keamanan menggunakan facial recognition. Aplikasi ini akan memberi keamanan pada aplikasi seperti SMS, Gallery, E-Mail, dan lainnya dengan menggunakan wajah pengguna. Pengguna bisa memilih aplikasi apa saja yang ingin diproteksi menggunakan Visidon Applock. Aplikasi ini akan memanfaatkan kamera depan Android phone untuk verifikasi wajah pengguna dan membuka kunci keamanan.

Namun seperti aplikasi baru dengan konsep yang baru pula, Visidon Applock belum sampai pada tahap sempurna. Kelemahan yang pertama adalah aplikasi ini mewajibkan adanya kamera depan, sementara Android phone yang beredar kebanyakan tidak memiliki kamera depan. Yang kedua adalah sistem keamanan ini sangat cocok untuk sistem keamanan OS Android secara keseluruhan daripada per aplikasi.

Pada Andorid Market, terdapat banyak komentar pengguna yang mengeluhkan aplikasi tidak berfungsi seperti seharusnya. Namun jika dilihat dari sisi aplikasi baru dengan konsep yang baru ini, banyak komentar pengguna yang menunjukkan bahwa konsep yang ditawarkan aplikasi ini sudah benar dan menarik perhatian pengguna. Yang harus mereka lakukan selanjutnya adalah menyempurnakan aplikasi untuk memenuhi fungsi yang dijanjikan.

Aplikasi yang tersedia gratis di Android Market ini merupakan aplikasi dengan ide sistem keamanan terbaik baik untuk semua perangkat mobile. Facial recognition menggantikan input password akan menjadi masa depan sistem keamanan perangkat mobile. Karena sistem ini lebih praktis dan tidak merepotkan pengguna. RY

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel