Review MSI N730K 2GD5/OC V1: Kartu Grafis Multimedia yang Siap Gaming

25 Jun 2016 09:05 31633 Hits 2 Comments Approved by Plimbi

Dengan harga di bawah Rp 1 juta, MSI N730K 2GD5/OC V1 adalah kartu grafis alternatif untuk mereka yang membutuhkan grafis game yang lebih baik daripada integrated graphics bawaan CPU, namun dengan budget terbatas. 

Mendapatkan kartu grafis bagus dengan harga di bawah sejuta rupiah belakangan ini memang tidak mudah. Maklum, harga kebanyakan kartu grafis kelas mainstream dengan performa serba bisa kini sudah berada di angka yang lumayan tinggi.

Namun begitu, bukan berarti kartu grafis murah sudah tidak ada lagi. Masih banyak pilihan kartu grafis bertebaran di bawah angka sejuta rupiah. Salah satunya adalah Nvidia N730K 2GD5/OC V1 dari MSI ini.

Namanya memang agak sulit disebutkan karena berpotensi meribetkan pelafalan dengan segala macam singkatan dan istilahnya. Namun begitu, kartu grafis ini adalah kartu grafis dengan konstruksi yang simpel, dibekali GPU modern yang efisien, dan mampu memberikan performa yang tidak mengecewakan.

Desain dan Dimensi Fisik 4

Review MSI N730K 2GD5/OC V1: Kartu Grafis Multimedia yang Siap Gaming

Meskipun kartu grafis berbasis N730 sudah bisa dibilang ketinggalan zaman, MSI mampu mengemas produk N730K 2GD5/OC V1 dengan penampilan modern yang menarik. Dimensi produk tersebut berukuran 14,6 cm x 10,7 cm dengan ketebalan 28 mm. Jika dibandingkan dengan kebanyakan kartu grafis kelas mainstream yang beredar, bahkan dari MSI senidri, dimensi kartu grafis ini sangat kompak dan simpel, sehingga dapat dipasang pada komputer dengan casing yang berukuran kompak pula seperti casing berukuran micro ATX yang populer dan sangat banyak digunakan sekarang.

Dan untuk membedakan produk ini dari kartu-kartu grafis lain di pasaran, MSI menggunakan pilihan PCB berwarna putih sebagai basis form factor kartu grafis ini. Warna dominan putih tersebut berhasil memberikan kesan modern dan fresh kepada kartu grafis yang sejatinya menggunakan komponen generasi lawas ini. Warna dominan tersebut dipadu dengan unit pendingin yang terdiri dari heatsink berbahan aluminium yang dilengkapi kipas pendingin dan cover unit pendingin berwarna hitam agak keabuan.

Panel belakang kartu grafis ini memakan 2 jatah panel slot. 1 bagian slot panel untuk colokan output dan 1 bagian slot panel lainnya untuk ventilasi. Grill ventilasinya pun unik karena bukan sekadar terdiri dari jaring-jaring bergaris, namun memiliki cetakan merek MSI.

User Rating

0.0
0 Ratings
5
0
0
4
0
0
3
0
0
2
0
0
1
0
0

Editor Rating

3.0
Average

Summary

Dengan harga di bawah Rp 1 juta, MSI N730K 2GD5/OC V1 adalah kartu grafis alternatif untuk mereka yang membutuhkan grafis…

About The Author

Shafwan Nugraha 74
Expert

Shafwan Nugraha

Kontributor Plimbi. Level 70 Conjurer Mage lulusan College of Winterhold.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel