Blackberry Priv, Android Yang Lebih Produktif Dengan Keypad QWERTY

13 May 2016 17:48 25435 Hits 1 Comments
Blackberry Priv, megusung keunggulan produktivitas dan keamanan Android.

Review Blackberry Priv

(gambar: Blackberry)

If you can't beat them, join them. Itulah mungkin yang dilakukan oleh Blackberry dalam peperangan di arena pasar smartphone dalam beberapa tahun terakhir, yang semakin ramai. Sistem operasi besutan Blackberry, OS 10, memang belum bisa banyak berbicara di gelanggang persaingan. Blackberry kini mengadopsi sistem operasi besutan Google, Android. Masa depan sistem operasi Blackberry OS 10 pun kini dipertanyakan, namun begitu Blackberry dalam beberapa kesempatan masih tetap memberikan dukungan terhadap sistem operasi besutannya tersebut.

Dalam dekade tahun 2000 an, kepopuleran Blackberry sempat menggeser dominasi Nokia, yang sebelumnya mendapat predikat sebagai handphone sejuta umat, karena dalam beberapa seri besutan Nokia amat laris di pasaran. Kini Blackberry menghadapi situasi yang sama dengan Nokia, kehadiran para vendor smartphone baru yang semakin agresif, membuat perusahaan yang sebelumnya bernama Research in Motion tersebut memutar otak lebih keras.

Blackberry Priv, sebagai sebuah smartphone Android dan menghadirkan keamanan tinggi, mencoba dihadirkan Blackberry ditengah gempuran smartphone-smartphone lain. Priv, yang memiliki arti Privilage and Privacy, sebenarnya diposisikan di smartphone premium, disandingkan dengan produk-produk seperti Samsung Galaxy S6, smartphone besutan LG hingga Iphone 6 buatan Apple. Namun tampaknya Blackberry Priv belum bisa berbicara banyak di area persaingan dengan smartphone premium lainnya.

Meskipun sudah dilepas kepasar beberapa waktu yang lalu, tidak ada salahnya kita melihat smartphone Android buatan Blackberry ini secara lebih dalam. Mari kita lihat apa yang ada didalam Priv. 

Desain dan Layar 4

Review Blackberry Priv

(gambar: Blackberry)

Blackberry Priv mewarisi desain dari seri Torch, yang mengadopsi input layar sentuh dan keypad fisik dalam berinteraksi dengan perangkat tersebut. Blackberry Torch sendiri memiliki prestasi cukup baik dalam sejarah Blackberry.

Blackberry Priv memiliki bentang layar layar 5,4 inci AMOLED dan resolusi 2.560 x 1.440 piksel. Layar dari Blackberry Priv sudah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 4. Dengan gaya sliding untuk mengeluarkan keypad QWERTY, maka Blackberry Priv akan lebih panjang, yaitu menjadi sekitar 7,2 inci dalam kondisi keypad fisik terbuka penuh. Blackberry Priv memiliki berat 192 gram, lebih berat dari rata-rata smartphone, hal ini bisa jadi karena didalam tubuh Priv terdapat keypad fisik, yang smartphone lain tidak miliki.

Keypad QWERTY sebagai andalan Blackberry, hadir dengan desain yang agak mirip dengan Blackberry Classic yang menggunakan sistem operasi Blackberry OS 10. Keypad tersebut sudah dilengkapi dengan backlit, seperti juga dalam seri Blackberry Classic. Bagi beberapa orang yang memiliki ibu jari besar, keypad dari Priv bisa jadi agak terlalu kecil.

Selain bisa digunakan untuk mengetik pesan, keypad Blackberry Priv juga bisa digunakan sebagai trackpad, untuk navigasi kursor kita di pesan ataupun layar smartphone. fungsi keypad sebagai alat navigasi ini mengingatkan kita pada seri Blackberry Passport, yang juga mengusung fitur serupa.

Review Blackberry Priv(gambar: Blackberry)

Dari bodi Blackberry Priv, di sisi kiri smartphone terdapat tombol power, sedangkan dibagian kanan terdapat tombol pengatur volume. Port micro USB terdapat dibagian bawah, terdapat juga port audio 3.55 mm. Sedangkan Slot kartu SIM dan microSD, terdapat dibagian atas dari perangkat ini.

User Rating

0.0
0 Ratings
5
0
0
4
0
0
3
0
0
2
0
0
1
0
0

Editor Rating

3.0
Average

Summary

Blackberry Priv, megusung keunggulan produktivitas dan keamanan Android.
Tags

About The Author

wan 66
Expert

wan

Mencoba Hobi tulis menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel