Microsoft Display Dock, Kotak Ajaib Yang Membuat Smartphone Windows Menjadi Komputer Personal

11 May 2016 01:36 25240 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Microsoft Display Dock, merubah Smartphone Windows 10 kita menjadi layaknya sebuah Personal Computer.

Microsoft Display Dock, Kotak Ajaib Yang Membuat Smartphone Menjadi Komputer Personal

Persaingan sengit para pembuat perangkat smartphone memang menuntut perusahaan yang bersaing membuat gadget tersebut selalu mengadirkan inovasi dalam produknya, bukan hanya sekedar perangkat yang umum seperti para pesaing yang sudah buat dipasaran. Microsoft, Selain menghadirkan perangkat smartphone premiumnya, yaitu duo smartphone Lumia papan atas (Lumia 950 dan 950 XL), raksasa perangkat lunak tersebut juga menghadirkan aksesoris lain yaitu Microsoft Display Dock, yang memungkinkan merubah smartphone ini menjadi layaknya seperti personal komputer dengan menghubungkan smartphone ke layar monitor, mouse dan keyboard.

Inovasi yang dilakukan Microsoft tersebut memang baru bisa dilakukan untuk smartphone papan atas mereka, yaitu Lumia 950 dan 950 XL, sementara seri Lumia yang lain belum mendukung fitur tersebut. Kedua smartphone tersebut sudah memiliki fitur Continuum didalamnya, yang memungkinkan kita merubah smartphone Windows menjadi Personal Computer.

Dengan adanya fitur Continuum dan Display Dock, apakah kita sudah tidak lagi memerlukan sebuah PC alias personal computer atau laptop? Mungkin benar untuk beberapa hal, namun fungsi keseluruhan dari sebuah laptop barangkali belum bisa digantikan oleh Display Dock tersebut. Mari kita lihat seperti apa wujud dari Microsoft Display Dock tersebut.

Desain 4

Microsoft Display Dock, Kotak Ajaib Yang Membuat Smartphone Menjadi Komputer Personal

(port konektor dari Microsoft Display Dock)

Ketika kita menghubungkan perangkat Lumia kita ke display dock dan kemudian ke monitor, maka monitor tersebut layaknya sebuah mirror alias cermin dari Lumia tersebut. Sehingga kita bisa memfungsikan perangkat Lumia kita layaknya sebuah touchpad.

Display Dock tersebut berukuran selebar telapak tangan manusia pada umumnya, dengan dimensi tebal 64,1 mm, lebar 64,1 mm dan panjang 25,6 mm. Perangkat ekstensi tersebut memiliki berat 230 gram dan panjang kabel sekitar 100 cm.

Dibagian depan, terdapat port USB-C yang berfungsi untuk menghubungkan Display Dock ke perangkat Lumia, sedangkan kita akan menemukan beberapa port konektor dibagian belakang. Konektor yang terdapat dibagian belakang diantaranya, tiga port USB 2.0, sebuah port USB-C , sebuah port HDMI dan sebuah lagi display port ke monitor. Jika kita ingin menghubungkan mouse dan keyboard, kita bisa menggunakan port USB 2.0 yang ada dibagian belakang, kemudian kita bisa menggunakan display port ataupun HDMI untuk melihat tampilan dari Lumia di layar.

User Rating

4.0
1 Ratings
5
0
0
4
1
1
3
0
0
2
0
0
1
0
0

Editor Rating

3.0
Average

Summary

Microsoft Display Dock, merubah Smartphone Windows 10 kita menjadi layaknya sebuah Personal Computer.
Tags

About The Author

wan 66
Expert

wan

Mencoba Hobi tulis menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel