Bocoran Situs Indonesia Brain Gain, Plimbi Jadi-jadian?

9 May 2016 13:18 2560 Hits 2 Comments Approved by Plimbi
Ini situs jadi-jadian? Kloningan? Atau memang resmi?

Happy Monday... :D

Kaget sob baca judulnya? Nah, begini kronologisnya (itung-itung nambah kata-kata untuk prolog).

Senin adalah momok menyeramkan bagi pelajar dan karyawan, apalagi bagi pemalas, hahaha. Pagi ini seperti biasa dengan gaya bekicot kelaparan saya melintasi jalan setapak menuju bandar udara masa depan saya, sekolah.

Baru nyampe gerbang, teman-teman saya malah ngajak pulang, katanya sekolah hari ini diliburkan. Usut punya usut, ternyata kakak-kakak kelas kami mengadakan perpisahan dan dengan alasan menjaga kekhidmatan acara, adik-adik kelas pun diliburkan oleh Pak Radikin, Kepsek SMAN 1 Muara Teweh.

Perasaan saya campur aduk, di satu sisi hak sebagai pelajar untuk menyerap ilmu di bangku sekolah harus dipangkas satu hari, di sisi lain... Bahagia banget Sob! Lumayan lah bisa berleha-leha seharian, hahaha. Akhirnya pulang ke rumah dan main game CrossFire (CF). Servernya lagi sepi, hanya sedikit yang online, anggota clan gak ada yang nongol, akhirnya bete sendiri, buka Plimbi, baca-baca artikel, mencari inspirasi... Ada beberapa artikel AADC 2 di sana dan ada juga artikel AADP 2 di headline... Artikel kepo dari author kepo, hahaha, kidding mas Tuhuk.

Mas Tuhuk bercerita tentang Alexa... Tahukah mas Tuhuk bagaimana sih cara Alexa membuat rating dan faktor apa saja yang mempengaruhinya? Saya tidak tahu, mohon pencerahan. Nah, saya akhirnya terinspirasi buat kepoin Plimbi juga.

HBD Plimbi (beneran ultah kan?), we wish all the best!

Di Alexa saya nemu dua hal ini:

Situs Plimbi Jadi-jadian: Indonesia Brain Gain

Kayaknya para admin Plimbi masuk lewat sini, xixixi.

Yang kedua dapat ini:

Situs Plimbi Jadi-jadian: Indonesia Brain Gain

Ini nih yang bikin saya penasaran dan bertanya-tanya, situs apa ini?

Sebelum memvonis macam-macam, mending kita telusuri dulu ya, bener gak sih Indonesia Brain Gain (IBG) merupakan situs kloningan Plimbi? Let's bekicot sob!

Indonesia Brain Gain 4

Tampilan

1. Beranda / Menu Utama

Kalau dilihat tampilan berandanya sama persis dengan beranda Plimbi, bedanya hanya pada warna, kalau di Plimbi kan orange tuh, di IBG pakai warna merah. Trus di IBG belum ada kolom headlinenya.

2. Kategori

Jika di Plimbi kita mengenal tiga kategori yaitu News, Artikel, dan Review, di IBG ada enam kategori juga yang semuanya berbahasa Inggris yaitu Areonautical, Engineering, Global Perspective, Oil & Gas, Pharmaceutical, dan Socio-Entrepreneurs.

3. Artikel

Saat ini baru ada dua artikel yaitu pada kategori Engineering, tampilan artikelnya sama persis dengan tampilan di Plimbidotcom, dari desain hingga fungsi share dan komentar.

Artikel pertama IBG > http://braingain.plimbi.com/article/1/cara-membuat-email-menggunakan-hotmail

4. Author

Saat ini ada enam author di sana, saya yang ke enam, baru daftar hari ini, hahaha. Cara daftarnya juga sama dengan cara daftar di Plimbi. Author pertama yang terdaftar di IBG tertanggal 22 April 2016.

Halaman profil author juga sama dengan yang di Plimbidotcom.

5. Author Panel

Pertama kali daftar jadi author langsung dapat poin 50, masalahnya tab rewardnya masih kosong, kayaknya gak ada sistem sharing revenue di sini. Fungsi tab author panel juga masih sama persis dengan yang di Plimbidotcom

6. Lain-lain

Selain halaman About, yaitu halaman Contact, Advertising, Rules, Privacy, Policy Terms & Conditions, dan Help, masih kosong, sepertinya masih under construction. Semangat ya... Hehe

Intinya semua desain dan template yang digunakan adalah sama dengan yang digunakan Plimbidotcom, bahkan beberapa pintasan tertentu akan mengarah langsung ke Plimbidotcom, misalnya pada bar social media.

Tentang IBG

Indonesian Brain Gain (IBG) adalah sebuah komunitas profesional Indonesia di luar negeri yang bertujuan untuk memberi wadah kepada para profesional untuk menyumbangkan pengalaman profesi (best practices), gagasan,  atau hal-hal yang inspiratif selama tinggal di luar negeri kepada bangsa Indonesia.

IBG memberikan alternative yang saling menguntungkan dimana profesional Indonesia masih tetap dapat berkontribusi ke pembangunan bangsa tanpa harus pulang ke Indonesia secara fisik. Kontribusi tersebut berupa sebuah tulisan yang dibukukan dan dihubungkan ke target pembaca baik dari kalangan umum, institusi, industri maupun penyelenggara negara dengan tujuan terjalinnya komunikasi langsung agar manfaatnya juga dapat dirasakan secara langsung, selain penulis juga merasa dihargai.

“Esensi brain gain adalah usaha membawa pulang pengetahuan dan pengalaman (best practices) para profesional, tidak harus secara fisik”

Ide Indonesian Brain Gain ini diawali dari Malaysia, yang nantinya diharapkan dapat berkembang dinegara-negara yang lain.

Visi dan Misi

Visi IBG:

Sebuah kelompok profesional yang mengutamakan qualitas dari setiap karya yang dihasilkan, di kenal oleh kalangan professional Indonesia di luar negeri sebagai salah satu alternative wadah untuk berkontribusi kepada pembangunan bangsa, dan di hargai oleh masyarakat Indonesia sebagai komunitas yang berintegritas, terpercaya, dan mampu memberi nilai tambah.

Misi IBG:

Untuk membukukan berbagi pengalaman profesi, best practices, dan gagasan inspriratif yang berkualitas dari kalangan professional Indonesia di luar negeri

Menghubungkan para penulis dengan instansi/industry/kelembagaan atau masyarakat yang berpotensi dapat memanfaatkan hasil karya/gagasan tersebut untuk tujuan membantu pembangunan bangsa

User Rating

4.0
2 Ratings
5
1
1
4
0
0
3
1
1
2
0
0
1
0
0

Editor Rating

3.0
Average

Summary

Ini situs jadi-jadian? Kloningan? Atau memang resmi?
Tags

About The Author

Miguel_Francisco 33
Ordinary

Miguel_Francisco

Saya adalah pelajar SMAN 1 Muara Teweh kelas X TTL: Pontianak, 9 Oktober 2000 Cita-cita: Menjadi TKI di luar negeri Mohon bimbingannya dalam menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel