Musik Reggae

7 Jun 2016 12:27 7445 Hits 0 Comments
Musik reggae di indonesia

Halo sob gimana kabarnya? sehat?, maaf ya saya lama tidak menulis y(karena masalah pribadi ahahahha)

Baiklah sob kali ini kita akan memperkenalkan musik yang tidak asing yakni musik REGGAE

musik Reggae adalah suatu aliran musik yang awalnya dikembangkan di Jamaika pada akhir era 60-an. Sekalipun kerap digunakan secara luas untuk menyebut hampir segala jenis musik Jamaika, istilah reggae lebih tepatnya merujuk pada gaya musik khusus yang muncul mengikuti perkembangan ska dan rocksteady.

Reggae berbasis pada gaya ritmis yang bercirikan aksen pada off-beat atau sinkopasi, yang disebut sebagai skank. Pada umumnya reggae memiliki tempo lebih lambat daripada ska maupun rocksteady. Biasanya dalam reggae terdapat aksentuasi pada ketukan kedua dan keempat pada setiap bar, dengan gitar rhythm juga memberi penekanan pada ketukan ketiga; atau menahan kord pada ketukan kedua sampai ketukan keempat dimainkan. Utamanya "ketukan ketiga" tersebut, selain tempo dan permainan bassnya yang kompleks yang membedakan reggae dari rocksteady, meskipun rocksteady memadukan pembaruan-pembaruan tersebut secara terpisah

Yah itulah musik reggae yang terkenal sangat menghibur.

Sumber;https://id.wikipedia.org/wiki/Reggae

Nah sob, yang diatas tadi kan pengertian sinopsi musik reggae dunia. Tapi kalo menurut orang indonesia lain lagi sob , nih ya sob

Reggae di Indonesia

Beberapa nama yang terkenal dalam dunia musik Reggae dan sub-ragamnya Indonesia antara lain Imanez, Tony Q Rastafara, Gangstarasta, Steven & Coconut Treez, Souljah, Ras Muhammad, Joni Agung (Bali), Marapu (Yogyakarta).

Sekitar tahun 1986 musik Reggae mulai dikumandangkan di Indonesia, band tersebut adalah Black Brothers Papua, Black Company sebuah band dengan genre Reggae, pada tahun 1988 sekelompok anak papua yang sedang study di bandung, mendirikan sebuah group band reggae (Emergency Reggae Band) dan beberapa tahun kemudian muncul Asian Roots yang merupakan turunan dari band sebelumnya, kemudian ada Asian Force dan Abresso, Jamming lalu Tony Q Rastafara. Pada tahun 2001, muncul band Gangstarasta sekelompok anak muda yang memainkan musik reggae, lalu tahun 2006 Steven & Coconut Treez dengan hits "Welcome To My Paradise.

Gimana sob. belum puas kan, ini nih satu lagi, yaitu contor dari musik reggae di indonesia

1.Ras Muhammad

Nama Ras Muhamad sendiri didapatnya di Brooklyn, sewaktu mengenyam pendidikan di negeri Paman Sam. Ada cerita di balik berubahnya nama menjadi Ras Muhamad. Muhamad diambil dari awalan namanya sendiri, sedangkan nama Ras diambil dari kosa kata bahasa Jamaika yang berarti Bung. Akar kata Ras berasal dari kata Rastaman atau orang yang telah memahami Falsafah dan ajaran Rastafari. Kata Ras sendiri dalam bahasa Amharik (Ethiopia) berarti Prince, putra bangsawan. Ayahnya seorang dokter akupuntur dan ibunya seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Departemen Luar Negeri (Deplu). Pada tahun 1993, ibunya ditugaskan ke Amerika sebagai diplomat Indonesia di bidang ekonomi. Saat itu Ras baru saja tamat sekolah dasar di SD Harapan Ibu Pondok Indah, Jakarta Selatan. Selama di USA, Ia tinggal di New York bersama ibunya. Dia lalu melanjutkan sekolah di Russell Sage Junior High School dan lulus tahun 1996 kemudian masuk Forest Hills High School (setara SMA) lulus 1999. Sebelum dia lulus, pada tahun 1997 masa tugas ibunya di USA berakhir dan harus pulang ke tanah air menjenguk adik bungsu nya bernama muhammad panca winandy. Namun ia masih tinggal untuk menyelesaikan studi. Tahun 2001, Ras menlanjutkan studinya di jurusan Liberal Arts, Borough of Manhattan Community College (setara D3), untuk memperdalam dan mengasah bakat seninya. Karena keseringan berkesenian di Broklyn, kuliah yang harusnya tamat dalam waktu 3 tahun, diselesaikan dalam waktu empat tahun. Tahun 2005 dia lulus dan langsung pulang ke Indonesia. ia mengenal Reggae di Amerika, tepatnya di Brooklyn. Tahun 1999 ia mulai menggimbal rambutnya.

Nah sob itu adalah salah satu kehidupan pribadinya Ras Muhammad, selanjutnya adalah;

karir dari Ras Muhammad

Ia mengawali karier bermusiknya lewat rilisan album perdananya, Declaration of Truths pada tahun 2005 sewaktu masih di Broklyn. Album indie ini beredar di New York. Ia kemudian merilis album keduanya, Reggae Ambassador pada bulan Januari 2007. Album pertama Ras Muhamad yang dirilis di Indonesia ini juga direkam secara Indie. Lewat album ini, nama Ras Muhamad jadi semakin dikenal di Indonesia. Setelah itu, dia merilis album ketiganya yang bertajuk Next Chapter pada tahun 2009.

Album dari Ras Muhammad yakni:

  • Reggae Ambassador (2007)
  • Next Chapter (2009)
  • Negeri pelangi (2012)
  • Berjaya (2013)
  • Salam (2015)

Perjuangan Ras Muhammad tidak sampai disitu, dia juga mendapatkan banyak penghargaan didalam negri maupun diluar negri berikut adalah penghargaan yang telah dicapai Ras Muhammad

  • 2008 Best Reggae Act by “Rolling Stone Indonesia”
  • 2008 AMI (Anugerah Musik Indonesia ) Nominated Best Reggae Composition
  • 2012 ICEMA (Indonesian Cutting Edge Music Awards)
  • 2013 AMI (Anugerah Musik Indonesia ) kategori musik reggae, ska, dub terbaik BEST REGGAE ACT
  • 2014 “SALAM “ Album menduduki pringkat no.1 di bulan September di reggae-vibes.com  website reggae terbesar di dunia (belanda)
  • 2014 Album “SALAM” sebagai cover Riddim Magazine  majalah Reggae terbesar di dunia

Nah sob dibawah ini adalah contoh lagu dari ras muhammad, sangat enak didengar bukan sobb ?

 

2.Steven & Coconut Treez

Steven & Coconut Treez merupakan sebuah grup musik asal Indonesia yang berdomisli di Jakarta. Grup musik ini dibentuk pada tahun 2005. Anggotanya berjumlah 8 orang yaitu Steven N. Kaligis (vokal), A Ray Daulay (gitar), Teguh (gitar), Rival Himran (bass), Iwan (keyboard), "Opa" Tedy Wardhana (perkusi) dan Aci (drum). Album pertamanya ialah The Other Side dirilis pada tahun 2005. Band ini umumnya bergenre reggae.

Yah maaf hanya sedikit sob.

selanjutnya. Album dari Steven & Coconut Treez

  • The Other Side (2005)
  • Easy Going (2006)
  • Good Atmosphere (2008)
  • Feel The Vibration (2010)

Nah sob dibawah ini adalah cuplikan lagu dari Steven & Coconut Treez

Nah sob hanya ini yang dapat saya sampaikan selamat membaca

KEEP CALM AND WRITE

Tags Musik

About The Author

Miguel_Francisco 37
Ordinary

Miguel_Francisco

Saya adalah pelajar SMAN 1 Muara Teweh kelas X TTL: Pontianak, 9 Oktober 2000 Cita-cita: Menjadi TKI di luar negeri Mohon bimbingannya dalam menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel