Ingin Tetap Sehat Dan Tidak Mudah Capek Meski Seharian Duduk Bekerja di Kantor? Baca Tips Berikut ini

22 Apr 2016 16:23 4447 Hits 1 Comments

Buat pekerja kantoran maupun pekerja online yang dituntut lebih banyak duduk sambil bekerja, kadang merasa tidak sadar kalau dirinya sudah duduk berjam-jam tanpa istirahat. Belum lagi jika sedang deadline atau ditunggu Boss karena laporannya yang diminta belum selesai dikerjakan, pasti tidak akan sempat untuk berdiri apalagi sampai beristirahat walau cuma 1 menit.

Buat teman-teman yang sering mengalami hal ini, waspadalah, karena terlalu lama duduk dapat meningkatkan resiko penyakit jantung, diabetes, kanker, komplikasi pencernaan, penurunan fungsi otak, gangguan postur tubuh dan penyakit pembekuan darah. 

Lalu bagaimana mengatasinya?

Buat pekerja kantoran maupun pekerja online yang dituntut lebih banyak duduk sambil bekerja, kadang merasa tidak sadar kalau dirinya sudah duduk berjam-jam tanpa istirahat. Belum lagi jika sedang deadline atau ditunggu Boss karena laporannya yang diminta belum selesai dikerjakan, pasti tidak akan sempat untuk berdiri apalagi sampai beristirahat walau cuma 1 menit.

Buat teman-teman yang sering mengalami hal ini, waspadalah, karena ternyata terlalu banyak duduk sangat membahayakan kesehatan kita. Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari http://halosehat.com/gaya-hidup/kebiasaan-buruk/bahaya-duduk-terlalu-lama, terlalu lama duduk dapat meningkatkan resiko penyakit jantung, diabetes, kanker, komplikasi pencernaan, penurunan fungsi otak, gangguan postur tubuh dan penyakit pembekuan darah. Wahh, ngeri ya...

Lalu bagaimana mengatasinya? karena tidak mungkin kan begitu baca artikel ini besoknya teman-teman langsung resign atau berhenti bekerja. 

Saya sendiri termasuk pekerja yang seharian duduk bekerja di kantor. Sampai di rumah pun saya tanpa sadar duduk berjam-jam menonton televisi dan mengerjakan pekerjaan kantor yang suka saya bawa ke rumah. Alhasil saya pernah mengalami nyeri pinggang dan bahkan sempat opname di rumah sakit karena gula darah saya naik.

Tips Tetap Sehat Meski Seharian Duduk di Kantor

Setelah dokter memberitahukan bahwa sakit saya ada hubungannya dengan terlalu lama duduk, semenjak itulah saya berusaha menjaga kesehatan tubuh saya dengan melakukan tips-tips yang saya baca dari berbagai artikel lalu saya praktekkan sehari-hari. Tips inilah yang saya coba bagikan di sini.

Maksimalkan Waktu Istirahat Anda 5

1. Beristirahat Setelah 1 Jam Bekerja

Luangkan waktu untuk beristirahat setelah 1 jam duduk bekerja. Caranya berdiri di tempat, kemudian pijit pinggang belakang anda dengan lembut selama 1-2 menit. Pijit juga leher belakang dan punggung anda masing-masing selama 1-2 menit. Lakukan repetisi/pengulangan ini setiap 30 menit sampai selesai bekerja. 

2. Usahakan Berjalan Meski Dalam Keadaan Sibuk

Luangkan waktu juga untuk berjalan meskipun sibuk, seperti berjalan mengambil minum ke dapur, mengambil berkas ke lemari kabinet, atau berjalan ke toilet. Bisa juga berjalan di tempat setelah anda memijit pinggang, leher dan punggung anda. Gunakan juga tangga jika mau naik turun, jangan gunakan lift meskipun terdesak, sebab berjalan sesering mungkin sangat membantu kesehatan tubuh tetap fit.

3. Lakukan Olah Raga Ringan/Peregangan

Melakukan olah raga ringan atau peregangan juga sangat membantu untuk memulihkan stamina kita setelah seharian duduk bekerja di kantor. Peregangan bisa dilakukan di kantor, seperti berdiri lalu membungkukkan badan ke depan dan ke belakang. Bisa juga dilakukan sambil duduk, seperti mengangkat kedua tangan ke atas, ke depan maupun ke belakang.

Untuk selengkapnya dapat dibaca di sini : http://health.detik.com/read/2015/05/11/115728/2911570/766/1/5-peregangan-wajib-bagi-yang-seharian-duduk-di-kantor

User Rating

4.0
1 Ratings
5
0
0
4
1
1
3
0
0
2
0
0
1
0
0

Editor Rating

3.0
Average

Summary

Buat pekerja kantoran maupun pekerja online yang dituntut lebih banyak duduk sambil bekerja, kadang merasa tidak sadar kalau dirinya sudah…

Tags

About The Author

Arya Janson Medianta 43
Ordinary

Arya Janson Medianta

0813 7652 0559 (WA) Arya_janson@yahoo.com

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel