Tampilan Plimbi V2 (Desktop Version): Perubahan, Tujuan, dan Fungsinya

1 Apr 2016 00:05 6545 Hits 12 Comments Approved by Plimbi
Anda sekarang berada di Plimbi V2. Jika Anda adalah pengunjung baru atau belum pernah mencicipi Plimbi versi sebelumnya, maka, selamat datang dan selamat menikmati artikel yang membahas tentang Perubahan Tampilan dan Fungsi pada Plimbi V2 ini.

Plimbi V2: Perubahan Tampilan

Anda sekarang berada di Plimbi V2. Jika Anda adalah pengunjung baru atau belum pernah mencicipi Plimbi versi sebelumnya, maka, selamat datang dan selamat menikmati artikel yang membahas tentang Perubahan Tampilan dan Fungsi pada Plimbi V2 ini. Tak kenal maka tak sayang lho...

Mas, saya bukan pengunjung baru dan sudah tahu bagaimana tampilan Plimbi V1!

Woles, mari bernostalgila sebentar, siapa tahu Anda dapat inspirasi

Seingat saya, persis seperti yang dikatakan Om Wan pada artikel dengan judul Menengok Tampilan Baru Plimbi yang Segar, dan Sedikit Kritisi, pada masa transisi dari Versi 1 ke Versi 2, saya juga mengalami kondisi yang kurang menyenangkan, dalam hati saya waktu itu, "Parah nih admin, masa ngadain maintenance mendadak siang-siang begini". Saya gak ambil pusing banget sih sebenarnya, hingga sore harinya, meski belum stabil, pengaplikasian template baru pada Plimbi sudah mulai terlihat.

  • Apa saja tampilan Plimbi pada desktop version yang berubah?
  • Apa sih tujuan berbagai perubahan pada Plimbi V2?
  • Bagaimana efeknya bagi pembaca dan penulis?

Semoga Review Tampilan Plimbi V2 Desktop Version yang saya susun ini dapat menjawab semua pertanyaan di atas.

Baca juga : 10 Perubahan dalam Tampilan Desain Baru Plimbi oleh Plimbi Editor

Karena berbagai pertimbangan, ulasan ini saya masukkan ke kanal review dan pembahasan tentang perubahan tampilan pada Plimbi V2 yang hanya berfokus pada desktop version ini saya bagi menjadi 4 (empat) halaman utama, yaitu:

  1. Perubahan tampilan dan fungsi Homepage Plimbi V2
  2. Perubahan tampilan dan fungsi Halaman Artikel Plimbi V2
  3. Perubahan tampilan dan fungsi Halaman Kategori, Profil Author, dan Author Panel
  4. Simpulan, Penutup, Saran dan Rekomendasi

O iya, ratingnya sengaja saya kosongkan, pengisiannya saya serahkan kepada para pembaca

Perubahan Tampilan dan Fungsi Homepage

Eh Jeng, perubahannya kan kasat mata tuh, meski gak dijelasin juga pasti keliatan!

OK, sabar bentar, saya mau garuk-garuk kepala dulu...

Gini Mblo, setidaknya ada 4 poin utama perubahan yang menurut hemat saya sangat menarik untuk dibahas terkait tampilan dan fungsi Homepage Plimbi V2 pada desktop version:

 

1. Warna dan Font

⇒ Warna

Dominasi warna jingga, putih, dan hitam di Plimbi V1 masih dapat dijumpai pada Plimbi V2. Jika beberapa orang menyebutkan bahwa Plimbi V2 terlihat lebih segar, tak lain memang disebabkan oleh pilihan warna jingga yang kini menjadi lebih cerah.

Selain jingga dan dua warna kontras, hitam dan putih, ada satu warna tambahan lagi yang turut mendominasi, light-grey, atau selanjutnya saya sebut sebagai abu-abu. Kehadiran warna baru ini bukan tidak beralasan, karena ajaibnya, abu-abu semakin menegaskan kesan segar pada Plimbi V2.

Jika kita menengok  lagi ke Plimbi V1, latar belakang putih yang datar dan monoton hampir di seluruh halaman, kini tidak kita temui lagi di Plimbi V2. Paduan warna background yang sekarang diambil alih si abu-abu justru mempermanis halaman.

Plimbi V2 terlihat segar di luar dan terasa manis di dalam, tul gak?

Usut punya usut, ternyata proporsi dari komposisi putih dan abu-abu pada homepage Plimbi V2 mempunyai tujuan lain, yaitu mempertegas batas atau border per bar, kolom, dan group kategori tampilan untuk desktop version.

Selain mempermudah pembaca untuk membedakan mana iklan mana postingan, pilihan warna abu-abu terbukti ramah bagi mata pembaca.

Pada mobile version, warna abu-abu memang tidak dominan dan berpengaruh banyak, tapi setidaknya saya berani bertaruh bahwa lebih dari 75% author yang aktif menulis di Plimbi menggunakan desktop version ketika menyusun artikelnya, tul gak?

Dari tadi 'tul gak tul gak terus'  keliatan gak PDnya, bruakak

 

⇒ Font

Font yang mendominasi homepage adalah jenis Calibri, CMIIW please, takutnya saya salah tebak, karena font default Ms. Office Word yang saya gunakan adalah Calibri dan sekilas memang mirip, bruakak, atau pembaca mempunyai pendapat lain?

Sedikit berbeda jika dibandingkan dengan homepage Plimbi V1, font yang digunakan bermacam-macam, sehingga terkesan nano-nano: 'rame rasanya'.

Gini lho tampilan font Plimbi V1, sila bandingkan dengan font yang digunakan pada homepage Plimbi yang sekarang.

Berikut screenschot font pada bagian kanal utama dan headline Plimbi V1:

 

Berikut screenshot font pada kanal recent post:

Pembaca suka yang mana untuk font homepage? Seragam atau gado-gado?

 

2. Tata Letak dan Desain

⇒ Tata Letak

Tata letak homepage Plimbi V2 terus berubah dan mengalami beberapa penambahan kolom sejak 19 Maret 2016 tetapi masih dengan konsep 'huruf T' yang sama. Bahkan hingga review ini diposkan, masih ada perubahan tampilan pada homepage Plimbi yang tidak sempat saya muat.

Berikut screenshot homepage Plimbi V2 yang terakhir saya ambil, 31 Maret 2016:

Tampilan Plimbi V2 (Desktop Version): Perubahan, Tujuan, dan Manfaatnya

Dulunya, Plimbi V1 menggunakan halaman konvensional berbentuk persegi dan memanjang ke bawah. Berbeda dengan yang sekarang, terlihat seperti huruf 'T' jika dilakukan zoom out tetapi tetap proporsional saat dilihat pada mode normal. Uniknya, halaman Plimbi akan berubah menjadi tampilan mobile version jika di zoom in, ini berlaku untuk semua halaman.

Bukan rahasia jika dewasa ini perangkat yang paling banyak digunakan untuk membuka sebuah halaman website adalah melalui desktop dan mobile. Hal ini mengharuskan setiap pemilik website untuk menggunakan template yang responsif dan mobile-friendly.

Sejak resmi diluncurkan, sepengetahuan saya, Plimbi sudah memakai template yang responsif, meski tidak segesit dan seramah yang sekarang. Segesit dan seramah apa? Hayo... Ada author yang mau membahasnya?

 

⇒ Desain

Berikut berbagai perubahan desain pada homepage Plimbi V2:

kategori di kanal utama
Logo Sosmed
Fitur Search
Tombol Submit
Tombol Login/Register
Show/Load More
Prev/Next
Approval
Recent Post
Form Login

Form

Register

Gimana perubahannya Mblo? Semakin manis dan segar, gak?

 

3. Penambahan dan Pemangkasan

⇒ Penambahan

Penambahan yang saya maksudkan di sini adalah bertambahnya kolom dengan kategori yang sebelumnya tidak ada di Plimbi V1. Apa saja? Yuk, cekidot!

 

Kolom (atau Bar atau Kanal, sih? Help me!) Penulis Teraktif

 

Kolom Submit Artikel

Tampilan Plimbi V2 (Desktop Version): Perubahan, Tujuan, dan Manfaatnya

Sebelumnya seperti yang di atas (ini favorit saya), kemudian berubah lagi pada tanggal 31 Maret 2016 jadi seperti screenshot di bawah:

 

Kolom Penulis Terbaru

 

Kolom Terpopuler, Kolom Opini, dan Kolom Fiksi

Berhubung screenshotnya susah (panjang banget), maka untuk kolom-kolom ini saya jelaskan secara deskriftif aja, bruakak.

Kolom Terpopuler berisi tujuh postingan dengan skor tertinggi (view, like, dan komentar terbanyak) dari seluruh kategori tulisan dalam kurun satu minggu sejak artikel tersebut diposkan.

Kolom Opini dan Fiksi berisi masing-masing sepuluh postingan dalam kanal Opini dan Fiksi dengan urutan dari yang terbaru atau sepuluh posting yang terakhir.

 

Kolom Plimbi Event (Updated 31 Maret 2016)

 

⇒ Pemangkasan

Mangkas rambut, Jeng?

Grrr.....!!!

Dalam rangka memenuhi tuntutan dan kebutuhan tampilan Plimbi V2, ada beberapa bagian yang harus jadi 'korban' pemangkasan dan perampingan. Apa saja? Ini dia:

 

Kanal Top Categories

Sebelumnya kanal ini berada tepat di bawah Kanal Utama dan selalu ditampilkan di setiap halaman.

 

Kanal Author Plimbi

 

Kanal Plimbi Release

Kanal ini berisikan pengumuman resmi dari Plimbi

Update:

Sejak awal April. kanal ini muncul lagi dengan judul Press Release, sayangnya fungsi ini belum sepenuhnya bisa kita manfaatkan, dikarenakan link halamannya (border jingga) rusak atau salah, semoga ini diperbaiki secepatnya.

 

Kanal Post of the Week

Kanal ini berubah nama menjadi "Terpopuler" yang berisi tujuh postingan dengan skor tertinggi (view, like, dan komentar terbanyak) dari seluruh kategori tulisan dalam kurun satu minggu sejak artikel tersebut diposkan.

 

Kanal Top Author

Kanal ini awalnya berisi daftar 10 Author Terbaik berdasarkan keseluruhan summary setiap author (aktivitas dan skor), namun kini sepertinya berubah menjadi kanal Penulis Teraktif.

 

Kanal Top Article, Hot News, dan Hot Review

Masing-masing kanal berisikan lima artikel dengan view dan skor tertinggi berdasarkan kategorinya: Article, News, dan Review.

 

Kanal Recent Comment dan Recent Like

 

Kanal User Picks

Kanal Sub Kategori

 

4. Fungsi dan Fitur

Sebenarnya ini agak melenceng dari topik kita, yaitu perubahan tampilan Plimbi V2, namun karena masih berhubungan dengn keyword perubahan, saya rasa tidak ada salahnya saya sertakan juga, dengan harapan ini dapat bermanfaat.

Saya akan berusaha membahas yang penting-pentingnya saja.

 

⇒ Penggabungan kanal login/register ke kanal utama. Diharapkan dengan begini tampilan menjadi sedikit lebih ringkas.

⇒ Headline.

Ada beberapa fakta tentang headline, yaitu:

a. Durasi per slide. Pada Plimbi V1, jumlah artikel yang dimasukkan ke headline setiap minggunya adalah 9 (sembilan) artikel dengan kecepatan 3 detik per slide. Setelah bertransformasi ke Plimbi V2, headline berubah total dan hanya menampung 5 (lima) artikel dalam jangka waktu yang tidak ditentukan. Durasi per slide waktu itu adalah sekitar 8 detik dan terasa lama sekali baru bergeser. Setelah sempat dikeluhkan, akhirnya sekarang durasi per slide adalah sekitar 5 detik.

b. Fungsi navigasi. Setelah berubah ke V2, fungsi navigasi pada headline dihilangkan. Namun fungsi ini sesungguhnya masih berfungsi di desktop version dengan cara menahan klik kiri pada mouse kemudian menggesernya ke kiri maupun ke kanan, fungsi ini cara kerjanya persis seperti pada mobile version.

 

⇒ Terbaru (Recent Post)

a. Seperti yang kita ketahui, kanal ini memuat 15 artikel terakhir yang diposkan dan dilengkapi dengan tombol "Load More" pada bagian paling bawah. Ketika tombol ini di-klik maka akan menampilkan 15 artikel lagi dan begitu seterusnya hingga halaman menampilkan 60 recent post pada kanal "Terbaru".

Setelah 60 post ditampilkan kemudian jika kita meng-klik tombol "Load More" lagi, maka halaman akan dialihkan ke halaman "Index Plimbi" yang memuat seluruh artikel di Plimbi berdasarkan urutan waktu yang dibagi menjadi 20 post setiap halamannya..

b. Artikel summary hanya terdapat pada halaman index, sedangkan pada homepage, summary ini tidak ditampilkan.

 

⇒ Sosial Media

Logo Facebook, Twitter, dan G+ jika di-klik akan langsung mengarahkan kita ke halaman sosial media resmi Plimbi, sayangnya ini adalah tombol redirect sehingga tidak membuka halaman di tab baru pada browser desktop version, mungkin karena kurang menguntungkan jika menggunakan mobile version.

Pembaca mempunyai pendapat lain?

Logo RSS Feed akan mengarahkan kita ke halaman subscribe.

 

Nah Mblo, dah capek lom bacanya? Sudah? Lebih capek lagi yang nulisnya

Jika pembaca memutuskan untuk kabur ke halaman lain, saya sarankan agar kalian mampir ke halaman Simpulan dulu.

Eh? Masih mau lanjut? Halaman berikutnya membahas tentang perubahan tampilan dan fungsi Halaman Artikel... Yuk, mari...

User Rating

3.4
5 Ratings
5
1
1
4
1
1
3
2
2
2
1
1
1
0
0

Editor Rating

2.5
Poor

Summary

ulasan yang sangat keren dan lengkap

About The Author

Tuhuk Ma'arit 49
Ordinary

Tuhuk Ma'arit

Bodoh, miskin, dan pemalas. Lahir di Kotabaru (Kalimantan Selatan) pada tanggal 30 Januari 1988. Menulis adalah hal yang biasa bagi saya, saya sudah melakukannya sejak Sekolah Dasar. Saya sudah terbiasa menyalin contekan PR, dihukum menulis di papan tulis, menulis absen dari jarak jauh ketika bolos (mungkin bisa disebut mengisi absen secara online), menulis cerpe'an sebelum ulangan, dan menulis surat cinta di tahun 90-an. Tetapi, menulis ide orisinil adalah hal baru yang akan saya kembangkan. Semoga, amin. Sekarang saya bekerja tetap sebagai pengangguran. Hobi saya yang bercita-cita memberi pekerjaan kepada sejuta rakyat Indonesia adalah bermalas-malasan. Jika istri saya tidak mengetahui akun ini, berarti status saya adalah masih single dan available. Eh?

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel