Review Motherboard MSI H97 PC Mate: Motherboard Murah Untuk Gaming

21 Sep 2016 12:00 43181 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

MSI H97 adalah motherboard gaming murah yang patut kamu beli

Review Motherboard MSI Z97 PC Mate: Cocok untuk Budget PC Gaming

Mother gaming murah-Sebagian masyarakat pemerhati teknologi komputer bisa saja mengatakan prosesor Haswell sudah ketinggalan zaman. Benar, Intel memang baru saja merilis prosesor generasi terbarunya dengan arsitektur yang baru pula: Skylake.

Prosesor baru ini didapuk memiliki peningkatan performa lebih baik daripada Haswell. Akan tetapi, pada kenyataannya, di toko-toko komponen dan asesoris komputer di Indonesia, prosesor-prosesor Haswell masih saja bertengger di manis di berbagai etalase toko, pun laris diincar para pembeli.

Oleh karena itu, para vendor motherboard pun sepertinya belum urung memproduksi motherboard untuk prosesor Haswell, termasuk MSI.

Sebagai salah satu produsen motherboard yang sudah sejak lama dikenal di pasaran, MSI adalah produsen yang banyak diincar para peminat PC gaming.

Ini juga diperlihatkan dengan banyaknya model motherboard keluaran MSI. Namun begitu, apakah motherboard yang bukan khusus dilabeli “gaming” tidak cocok untuk dijadikan basis platform PC gaming? Mari kita uji premis ini dengan melihat performa salah satu motherboard MSI H97 PC Mate.

Desain 4

Review Motherboard MSI Z97 PC Mate: Cocok untuk Budget PC Gaming

Sejatinya, MSI H97 PC MATE dirancang untuk keperluan komputasi general.

Artinya, tidak ada spesifikasi khusus yang mengarahkan desain bentuknya dengan gaya tertentu seperti halnya biasa ditemukan pada motherboard-motherboard khusus gaming.

Motherboard ini tampil sederhana dengan PCB berwarna hitam dan variasi warna pada komponen-komponen berwarna biru-hitam.

Variasi warna ini terdapat pada heatsink chip northbridge dan southbridge, slot PCI Express, dan slot memori. Tidak ada desain heatsink yang besar dan "wah" seperti layaknya motherboard gaming, namun tetap keren, simpel, dan cool.

Motherboard ini ber-form factor  ATX (dengan dimensi sehingga ukurannya lebih besar daripada motherboard harga sejuta ke bawah yang umumnya menggunakan form factor micro-ATX atau mini ITX.

Kelebihannya? Ukuran papan yang lebih luas menjadikan penyebaran panas lebih baik daripada micro-ATX.

Selain itu, motherboard ini bisa mengakomodasi lebih banyak expansion slot. Ukuran papan yang lebih besar juga dapat mengakomodasi kartu grafis ukuran full size dengan lebih baik daripada papan motherboard berukuran yang lebih kecil.

User Rating

0.0
0 Ratings
5
0
0
4
0
0
3
0
0
2
0
0
1
0
0

Editor Rating

5.0
Excellent

Summary

MSI H97 adalah motherboard gaming murah yang patut kamu beli

Tags Komputer

About The Author

Shafwan Nugraha 75
Professional

Shafwan Nugraha

Kontributor Plimbi. Level 70 Conjurer Mage lulusan College of Winterhold.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel