4 Aplikasi Ini Memberitahui Anda Tentang Zat Berbahaya Pada Makanan Instan

6 Mar 2015 20:00 5959 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Anda suka makan mi instan, biskuit, dan makanan kemasan lainnya? Jika ya, anda harus mengetahui apa-apa saja bahan yang terkandung di dalam makanan tersebut. Sebaiknya cari tahu terlebih dahulu apa yang akan masuk ke perut anda, karena mereka sangat berdampak pada kesehatan.

Anda suka makan mi instan, biskuit, dan makanan kemasan lainnya? Jika ya, anda harus mengetahui apa-apa saja bahan yang terkandung di dalam makanan tersebut. Sebaiknya cari tahu terlebih dahulu apa yang akan masuk ke perut anda, karena mereka sangat berdampak pada kesehatan.

Ambil makanan secara acak yang ada dalam bungkus (bukan buah atau sayuran) dan anda akan melihat daftar bahannya. Beberapa bahan mudah dimengerti seperti tepung, dan yang lain pasti ada yang tidak begitu kita mengerti. Di situlah empat aplikasi Android gratis ini bekerja. Jika anda pernah bertanya-tanya apa itu E104 dan apakah tidak mengganggu diet anda, maka anda membutuhkan salah satu aplikasi ini.

 

Eat Informed

Eat Informed memberikan anda daftar panjang nilai E, dengan fitur pencarian cepat yang disebut Fast Computer. Bahan-bahan dikodekan dengan warna, dan ada bendera kecil di sebelahnya yang masing-masing melambangkan wilayah yang disetujui menggunakan bahan tersebut.

Pengkodean warna membantu (merah adalah buruk), namun anda tidak akan melihat semua bendera muncul pada tiap-tiap kode. Misalnya, E103 (zat pewarna merah) telah dilarang di Eropa sejak tahun 80an, tapi masih bisa digunakan di Australia dan Selandia Baru.

Untuk membuka deskripsi informatif, tap pada bahan. Anda dapat melihat nama lengkap bahan ini, serta apa penggunaan umumnya. Ikon-ikon menunjukkan asal dan kompatibilitas dengan pembatasan diet, dan tap pada masing-masing ikon untuk menunjukkan pesan deskriptif.

 

E-inspect Food additives

Ini lebih sederhana dari Eat Informed, E-inspect tersedia gratis dan bebas iklan. Daftarnya merupakan warna kode, tapi deskripsinya tidak informatif.

Sama seperti Eat Informed, E-inspect memungkinkan anda mencari berdasarkan nama, namun tidak memiliki fitur “live search” yang mempersempit daftar saat anda mengetik (E-Inspect memilikinya). Kami menyarankan anda menggunakan E-Inspect hanya jika benar-benar tidak menyukai iklan banner.

 

E-Codes Free: Food Additives

Hal bagus tentang E-Codes adalah fitur “search by number” yang dimilikinya. Fitur ini super cepat dan bahkan anda tidak perlu menekan Enter. Segera setelah anda menjalankan aplikasi, anda mendapatkan dua deretan angka sepanjang bagian bawah layar. Ketikkan nilai E (misalnya E235), dan hasilnya akan langsung terbuka. Daftarnya jelas dan informatif, dan termasuk penjelasan rinci tentang penggunaan masing-masing bahan.

Meskipun tidak ada daftar yang bisa anda gulir ke bawah dan ke atas, E-Codes malah melebihi itu dengan kecepatannya. Antarmuka aplikasi ini mudah digunakan dengan satu tangan. Jadi anda bisa memegang makanan ringan di satu tangan, dan ponsel anda di tangan lainnya, sambil mencari informasi bahan makanan dalam hitungan detik. Ini adalah aplikasi tercepat yang ada dalam daftar.

 

What Additives

What Additives memberi anda fitur live search dengan pad nomor built-in, serta daftar panjang yang bisa anda telusuri. Kekurangannya adalah bahwa daftar ini tidak memiliki warna kode, dan akan ada iklan full screen saat menggunakan aplikasi ini. Ini bahkan lebih mengganggu daripada iklan banner biasa.

Di sisi lain, What Additives mencakup dua tampilan untuk masing-masing bahan, yaitu tampilan eksternal, serta layar informasi lebih lanjut.

Sepintas, bahkan sebelum anda masuk ke bahan, anda sudah bisa melihat bahan itu adalah sayuran, dan itu dianggap aman untuk anak-anak dan umumnya aman untuk dikonsumsi. Tap pada bahan untuk melihat informasi lebih lanjut, meskipun anda memiliki batasan negara. Layar rincian informasi tidak begitu mengesankan. Misalnya, hanya dari melihat E309 di What Additives, sulit untuk mengerti bahwa ini adalah Vitamin E. Eat Informed Food Additives lebih menjelaskan hal ini, dan deskripsi rincinya secara signifikan lebih baik. Namun beberapa bahan tambahan memiliki deskripsi yang lebih baik.

 

Kesimpulan

Aplikasi terbaik pada daftar ini adalah yang pertama, Eat Informed – Food Additives. Aplikasi ini didukung iklan, tetapi mudah digunakan dan informasi yang disajikan jelas dan komprehensif.

Menginstal salah satu dari aplikasi ini jauh lebih baik daripada tidak sama sekali. Bahkan jika anda tidak memiliki kebiasaan membaca dengan teliti daftar bahan, anda harus menginstalnya. Setelah anda membaca informasi bahan makanan pada aplikasi ini, anda mungkin akan lebih ingin mengetahui tentang apa sebenarnya yang ada di makanan anda. [RIC]

 

Link Download

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel