Review lensa Canon EF 100-400mm f/4.5-5.6L – Si putih panjang untuk Wildlife

24 Feb 2014 10:29 3538 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Jika Anda sudah mulai kerepotan dengan lensa berpanjang fokal berkisar 200mm atau 300mm untuk pemotretan khusus, maka lensa dengan panjang fokal lebih dari 300mm menjadi solusi satu-satunya. Canon EF 100-400mm f/4.5-5.6L adalah pilihan yang tepat bagi Anda pengguna DSLR Canon.

  • Introduction

Canon EF 100-400mm f/4.5-5.6L IS USM merupakan lensa mahal, berkualitas, berfitur lengkap dan kuat. Sangat cocok bagi Anda yang menginginkan sebuah lensa besar untuk kebutuhan fotografi outdoor.  Canon EF 100-400mm diperkenalkan secara resmi sebagai lensa Telephoto zoom sehingga memberikan Anda keleluasaan dibandingkan lensa Tele prime yang tidak dapat melakukan perbesaran optik. Perancangan khusus dilakukan Canon bagi lensa ini sehingga memang sangat berbeda dari segi konstruksi dibandingkan lensa-lensa murah. Panjang fokal mencapai 400mm memungkinkan Anda menjadi seorang fotografer wildlife professional di alam liar. Atau bahkan Anda bisa memotret bulan purnama dengan hasil yang sangat detail dan sempurna. Simak artikel review dari Paseban selengkapnya mengenai Canon EF 100-400mm.

  • Desain

Jika Anda bertanya desain, siapakah yang tidak kagum? Lensa ini memiliki tubuh besar dan panjang, pastinya memiliki konstruksi yang sangat kokoh. Berwarna putih yang merupakan warna kebanggaan bagi lensa-lensa Tele berkualitas milik Canon. Pastinya Anda sudah memahami bahwa semua lensa putih merupakan lensa L series yang dianggap level tertinggi. Canon EF 100-400mm f/4.5-5.6L dirancang dengan 17 elemen dan 14 grup, cukup banyak mengingat perbesaran yang mencapai 400mm. Pada bagian depan mount lensa terdapat fitur scale distance untuk kemudahan mengukur jarak pandang fokus dan memungkinkan Anda terhindar dari kesalahan fatal dalam pengambilan gambar. Sedangkan dibagian samping tentunya ada tuas fokus untuk mengatur AutoFocus dan ManualFocus. Tidak perlu panik akan pemasangan lensa terhadap tripod karena bagian tengah masih memiliki ruang kosong untuk komponen tripod collar. Memungkinkan Anda bisa memasang lensa langsung ke tripod, bukan melalui body kamera.

Tuas kedua dibagian tengah adalah Image Stabilizer, sebuah fitur yang dipastikan selalu hadir pada lensa-lensa berkualitas tinggi. Tidak lupa juga karet untuk pegangan, terutama untuk memberi kenyamanan Anda melakukan zooming. Total dimensi Canon EF 100-400mm f/4.5-5.6L ini mencapai 92mm x 189mm dengan berat hampir 1360g. Dengan dimensi sebesar itu, ukuran filter tetap terjaga standar, yakni 77mm.

  • Fitur

Fitur AutoFocus cepat dengan dukungan ‘mesin’ Ultra Sonic menjadi kekuatan utama lensa ini. Kecepatannya memungkinkan Anda lebih mudah dalam memotret objek-objek yang bergerak cepat sehingga Anda tidak akan kehilangan momen berharga. Bayangkan, Anda dapat memotret burung-burung di udara dengan lebih mudah menggunakan lensa ini. Mengenai gangguan goncangan dari dari tangan, fitur Image Stabilizer (IS) menjadi penyelamat sehingga foto tetap terjaga lebih tajam. Bahkan fitur Image Stabilizer Canon ini dihadirkan dual-mode dimana salah satunya memang cocok untuk pemotretan panning serta subjek stasioner. Yang perlu Anda ketahui lagi bahwa kinerja fokus lensa menggabungkan elemen floating guna menjaga kualitas gambar yang konsisten pada semua jarak fokus mulai dari 5,9 inchi sampai fokus tak terbatas (infinity).

  • Performa lensa

Kecepatan fokus dan keterjagaan gambar dari blur memang menjadi yang terutama. Namun yang lebih utama lagi adalah kualitas ketajaman gambar yang dihasilkan. Lensa ini mampu mengimbangi kamera yang dapat menghasilkan gambar resolusi tinggi. Tidak seperti seri lain, Canon EF 100-400mm justru mampu memberi corak kontras yang luar biasa ditambah keseimbangan warna yang cukup netral dan natural. Pada setiap fokal kualitas hampir merata, karena perbesaran zooming yang tinggi dilakukan dengan cara menggunakan konfigurasi 6-group serta 5-group yang bergerak. Satu lagi yang membuatnya lebih sempurna adalah fluorit serta kaca Super UD yang sepenuhnya bisa meminimalisir spektrum sekunder untuk menghadirkan penampilan warna yang sangat luar biasa.

Apa yang kurang? Tentu Anda harus berpikir keras untuk mengetahuinya. Hanya memang lensa ini tidak dirancang dengan diafragma konstan sehingga ketika lensa dilakukan zooming Aperture akan mengecil dari f/4.6 ke f/5.6 dan memungkinkan cahaya yang masuk lebih berkurang jika dibanding lensa dengan diafragma konstan f/4 atau f/2.8.

  • Kompabilitas dan penggunaan

Canon EF 100-400mm f/4.5-5.6L IS USM ini dapat Anda pasangkan pada berbagai kamera DSLR Canon baik jenis APS-C maupun Full Frame. Sangat cocok untuk kebutuhan fotografi wildlife di alam liar, olahraga, candid dan lain-lain.

  • Harga

Saat ini Canon EF 100-400mm f/4.5-5.6L IS USM dibanderol dengan harga berkisar Rp 20 jutaan. Kelengkapan paket adalah tutup lensa depan belakang, lens hood, sarung dan tripod collar.

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel