Inilah Perkembangan CCTV sebagai Kamera Video Security System

1 Feb 2014 18:00 3772 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Industri video surveillance atau CCTV terus menikmati pertumbuhan yang sehat terlepas dari iklim ekonomi yang sedang mampat. CCTV sebagai kamera Video Security System telah berpengaruh dalam menjamin keamanan di banyak tempat di negara berkembang, dari bank-bank, pelabuhan dan bahkan toko retail kecil di pinggir kampung seperti Group Alfa, Indo, Yogya dsb.

Industri video surveillance atau CCTV terus menikmati pertumbuhan yang sehat terlepas dari iklim ekonomi yang sedang mampat. CCTV sebagai kamera Video Security System telah berpengaruh dalam menjamin keamanan di banyak tempat di negara berkembang, dari bank-bank, pelabuhan dan bahkan toko retail kecil di pinggir kampung seperti Group Alfa, Indo, Yogya dsb. Hal tersebut dikarenakan oleh tindak kriminal yang terus meningkat belakangan ini sehingga memaksa para pemilik usaha maupun rumah, untuk memasang teknologi CCTV ini untuk keamanan. Perkembangan CCTV juga turut mendukung dengan bermunculannya kamera-kamera CCTV yang murah dan terjangkau.

Penempatan CCTV

Tidak juga terlambat, CCTV sebagai kamera Video Security System mulai disebar di tempat-tempat publik lain, seperti sekolah, lembaga pemerintah dan lembaga bisnis, dan tempat umum lainnya.. memperkuat kerja penjaga keamanan. Sampai akhirnya, banyak organisasi lebih beralih ke video surveillance dibanding penjaga malam, sebagai sarana untuk menjamin keselamatan publik. Dengan penyebaran kamera murah dan ketersediaan jaringan komunikasi yang berkualitas baik, memasang sejumlah besar peralatan video surveillance telah menjadi kian murah dan secara teknis menjadi kian mudah. Apalagi untuk mencegah kasus terorisme. Misalkan tragedi Boston pada bulan April 2013 dan dalam sekejap zap, dengan bantuan video surveillance CCTV para agen-agen federal AS bisa mengidentifikasi tersangka, yang akibatnya, mendorong instansi pemerintah untuk memikirkan perluasan infrastruktur video surveillance sebagaimana yang ada di jalan jalan kota London.

Industri Video Surveillance

Di Indonesia sendiri, video surveillance CCTV kamera Video Security System bisa mengidentifikasi beberapa perampok ATM, dan pembunuhan. Bahkan tabrak lari yang dilakukan ormas agama di Kendal. Intinya, segala kejadian yang ada di dunia bisa secara signifikan mendorong pertumbuhan pasar video surveillance global. Dan tentu saja beriringan dengan tersebarnya CCTV, analisis video, layanan cloud, jaringan, dan kemampuan canggih dalam manajemen pengawasan video membuka tren baru yang mendorong pasar ke tingkat yang lebih tinggi.

Industri video surveillance merupakan anakan dari video surveillance analog tradisional untuk sistem video surveillance IP. Melewati jenis analog akhirnya diupgrade penerapan DVR (Digital Video Recorder) yang menjadi pendekatan paling hemat biaya untuk banyak aplikasi keamanan.

IP

Munculnya IP (Internet Protocol) sistem pengawasan video digital atau IP membuka jalan bagi berbagai aplikasi yang menyediakan fungsi yang disempurnakan. Smart CCTV kamera Video Security System mulai digunakan untuk mengekstrak informasi yang dapat digunakan dari sensor dan video, dengan menerapkan perangkat lunak pengenalan pola dan analisis sinyal otomatis. Video Surveillance as Service (VSaaS), menyediakan layanan berbasis web, dan memungkinkan pengguna untuk menggunakan kekuatan komputasi clouds dengan efektivitas dalam biaya daripada memakai server sendiri.

Perkembangan CCTV sebagai kamera Video Security System ke depannya pasti akan terus berkembang. Dulu mungkin hanya terdapat di gedung-gedung besar dan mewah saja, namun sekarang telah merambah ke gedung-gedung atau toko-toko kecil, jalan, bahkan dirumah-rumah juga sudah banyak yang memasang. Perkembangan CCTV ke depannya tentunya akan sangat maju dan berkembang namun juga perkembangannya akan sangat ditentukan oleh beberapa Pertanyaan Kunci Dalam Penerapan CCTV di Masa Depan berikut:

• Bagaimana menentukan dan menganalisis sistem pengawasan video dan layanan pasar menurut jenis, komponen dan aplikasi?

• Bagaimana memperkirakan pendapatan dari pasar video surveillance sehubungan dengan geografi yang menyulitkan.

• Bagaimana mengidentifikasi tren pasar utama dan faktor pendorong atau menghambat pertumbuhan pasar video surveillance dan berbagai subpasar nya?

• Bagaimana menganalisis setiap subpasar strategis sehubungan dengan tren pertumbuhan individu dan kontribusi nya terhadap pasar video surveillance secara keseluruhan?

• Bagaimana menganalisis peluang di pasar untuk para pemangku kepentingan dengan mengidentifikasi segmen pertumbuhan yang tinggi untuk pasar video surveillance global?

• Bagaimana Analisis dampak dinamika pasar dengan faktor-faktor yang mendriven dan menahan pertumbuhan pasar, bersama dengan dampaknya terhadap pendek, menengah, dan lanskap jangka panjang.

• Bagaimana Analisis Porter secara rinci, dan analisis siklus hidup pasar bersama dengan teknologi & pasar peta jalan, evolusi & timeline?

• Bagaimana profil strategis pemain kunci dari pasar video surveillance, dan komprehensif menganalisis pangsa pasar dan kompetensi inti di setiap segmen?

Kesimpulan

Jika pertanyaan di atas bisa dijawab secara positif, kelak CCTV sebagai kamera Video Security System akan menjadi alat yang umum dan diandalkan sebagaimana ponsel di masa depan. [HMD]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel