Olympus Stylus 1 - Kamera Super Zoom dengan Model DSLM Premium

7 Nov 2013 13:30 2203 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Pasar kamera kompak low-end saat ini terus diramaikan oleh kehadiran beragam smartphone. Makanya, tidak heran jika banyak perusahaan kamera yang mulai melupakan produksi kamera kelas entry level tersebut, dan lebih fokus pada pasar mid-end ke atas. Itu pula yang dilakukan oleh salah satu produsen kamera terbesar di dunia, Olympus, yang baru-baru ini mengeluarkan kamera super zoom kelas atas dengan nama Olympus Stylus 1.

Pasar kamera kompak low-end saat ini terus diramaikan oleh kehadiran beragam smartphone. Makanya, tidak heran jika banyak perusahaan kamera yang mulai melupakan produksi kamera kelas entry level tersebut, dan lebih fokus pada pasar mid-end ke atas. Itu pula yang dilakukan oleh salah satu produsen kamera terbesar di dunia, Olympus, yang baru-baru ini mengeluarkan kamera super zoom kelas atas dengan nama Olympus Stylus 1.

Desain dan Control

Kamera kompak terbaru dari Olympus ini hadir dengan model yang menggabungkan desain antara seri XZ-2 dan OM-D E-M5, sehingga terlihat lebih ringkas dan solid. Dengan mengadopsi model DSLM (Digital Single Lens Mirrorless) premium ala OM-D E-M5 tersebut, kamera super zoom ini memiliki dimensi bodi berukuran 116 mm x 87 mm x 56,5 mm dengan bobot 402 gram. Selain itu, kamera Olympus Stylus 1 ini juga bergaya retro.

Bodinya juga terbuat dari bahan magnesium alloy dengan pilihan warna hitam. Pada bodinya tersebut, dipasangkan layar sentuh LCD fleksibel medol titl berukuran 3 inci dengan kepadatan piksel 1,04 juta titik, yang bisa digerak-gerakan untuk melakukan eksplorasi dengan beragam sudut pengambilan gambar. Selain itu, tersedia pula electronic viewfinder (EVF) beresolusi 1,44 piksel, yang didukung dengan teknologi sensor mata atau eye sensor.

Image Quality dan Resolusi

Kamera Olympus Stylus 1 ini mengusung sensor gambar yang sama dengan seri XZ-2, yakni sensor BSI-CMOS berukuran 1/1,7 inci, sehingga memungkinkannya memiliki fisik lebih kecil. Tapi, kemampuannya tidak semini ukurannya tersebut. Karena, kamera ini dapat diandalkan untuk menghasilkan foto beresolusi maksimum 12 megapiksel. Sedangkan kemampuan merekam videonya, mencapai resolusi FullHD 1080p, dan 480p pada level high speed.

Sayangnya, dengan ukuran sensor yang lebih kecil itu, kemampuan kamera Olympus Stylus 1 ini dalam menangkap gambar yang baik di kondisi cahaya yang agak gelap, menjadi berkurang hingga satu stop dibandingkan kamera Sony RX10 yang berada pada kelas yang sama. Sedangkan ISO-nya, memiliki kemampuan hingga 100-12800. Jika dibandingkan, ISO 400 pada kamera ini kurang lebih setara dengan ISO 800 pada Sony RX10.

Untuk menambah kemampuan kamera ini dalam menghasilkan gambar yang tajam dan jernih, maka Olympus juga membekalinya dengan teknologi fokus Fast Touch Auto Focus yang digunakan oleh kamera Olympus PEN. Selain itu, kamera Olympus Stylus 1 ini juga didukung dengan mode kreatif yang terdiri dari lima efek foto dan 11 pilihan filter artistik, serta ND Filter terintegrasi yang dapat menurunkan eksposure hingga tiga stop.

Performa

Sementara itu, untuk memberikan kinerja terbaik, kamera Olympus Stylus 1 ini membawa image processor TruePic VI. Hasilnya, kamera yang dilengkapi dengan kontrol manual ini dapat digunakan untuk memotret aksi-aksi cepat dengan kecepatan hingga 7 frame per detik. Selain itu, kamera ini juga memiliki shutter 1/2000s – 60s, dan kemampuan perekaman video hingga 120fps/240 frame per detik untuk slow-motion.

 

Perpaduan prosesor gambar tersebut dengan teknologi sensor sensor BSI-CMOS berukuran 1/1,7 inci yang juga disematkan pada kamera ini, diklaim Olympus sebagai kombinasi antara sensor berkualitas baik dan zoom serbaguna dengan kontrol manual penuh. Lensa iZUIKO yang dipakai kamera Olympus Stylus 1 ini memang memiliki optical zoom hingga 10,7x dengan aperture range f/1 – 2,8. Tidak heran jika performanya sangat mengagumkan.

Lensa jenis wide 28mm itu pula yang memberikan kemampuan super zoom pada kamera ini, seperti telah disinggung di atas. Lensa iZUIKO terbaru dengan rancangan ultra slim itu setara dengan lensa 24-300mm (35mm equivalen) pada kamera full frame. Spesifikasi lensanya tersebut membuat kamera Olympus Stylus ini jadi lebih istimewa dan menjanjikan, karena sejauh ini kebanyakan kamera super zoom hanya terbatas hingga focal length 200mm.

Tidak hanya itu, lensa fixed yang tidak dapat diganti pada kamera berdesain OM-D ini masih punya kelebihan lain. Kamera Olympus Stylus 1 ini mampu mengurangi efek blur akibat goyangan tangan secara virtual, berkat dukungan mekanisme VCM image stabilization yang dimilikinya. Kemudian, lensanya juga mampu memotret subjek dengan jarak cukup dekat hingga sekitar 5 cm, yang sangat bermanfaat bagi penggemar fotografi makro.

Fitur

Masih soal lensa, ternyata bagian tersebut juga dilengkapi dengan fitur cincin putar yang memungkinkan penggunanya untuk berganti dari mode pengoperasian digital ke analog. Pada mode digital, cincin putar itu dapat digunakan untuk melakukan zoom atau fokus secara manual. Sedangkan pada mode analog, bisa bermanfaat untuk pengaturan kamera seperti menyesuaikan aperture atau diafragma lensa, dan kecepatan rana.

Selain itu, kamera Olympus Stylus 1 ini juga memiliki automatic retractable lens cap, yang bisa membuat lensanya masuk ke dalam bodinya secara otomatis ketika tidak digunakan, dan dilindungi dengan penutup lensa. Kemudian, terdapat pula lampu flash terintegrasi, dan dukungan konektifitas berupa port USB dan HDMI, serta koneksi WiFi yang memungkinkannya untuk terhubung langsung dengan perangkat smartphone atau tablet.

Harga dan Kesimpulan

Kamera Olympus Stylus 1 resmi diperkenalkan pada tanggal 29 Oktober 2013 lalu, dan akan tersedia di pasaran mulai bulan Desember 2013 mendatang. Harganya sendiri dibanderol 699,99 dolar AS atau setara dengan Rp 7,9 juta. Kamera kompak high-end ini akan menjadi pesaing utama bagi kamera Sony RX10 yang baru saja dikeluarkan beberapa waktu lalu. Apalagi, kamera ini mengedepankan kualitas dengan kemampuan dan harga yang sepadan. [MAR]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel