Review: 2014 Nissan 370Z NISMO - Mobil Sport Buas dari Jepang

16 Oct 2013 12:00 20763 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Mobil sport adalah mesin buas yang sangat menarik untuk diulas. Dan salah satu pabrikan di Jepang yang mulai usaha racikan mesin buasnya ini telah memulainya beberapa dekade yang lalu yang dimulai dari mesin sederhana yang hanya menggerakan roda, dan didesain untuk mengendalikan mesin dengan cara yang mudah.

Mobil sport adalah mesin buas yang sangat menarik untuk diulas. Dan salah satu pabrikan di Jepang yang mulai usaha racikan mesin buasnya ini telah memulainya beberapa dekade yang lalu yang dimulai dari mesin sederhana yang hanya menggerakan roda, dan didesain untuk mengendalikan mesin dengan cara yang mudah. Sebuah kursi, roda kemudi, mesin, dan rear-wheel drive adalah satu-satunya obat untuk para penggemar otomotif untuk mengobati rasa stresnya dan pergi untuk memacu adrenalinnya di balik kemudi.

Saat ini, mobil sport benar-benar berbeda. Seakan masih diperdebatkan, mobil sport saat ini pasti tidak jauh dari kecepatan, keamanan, dan mobil yang paling menarik dunia otomtotif yang pernah ada. Pada saat yang sama, bagaimanapun, mereka telah menjadi berat, hal-hal rumit terbebani oleh gadget, gizmos, dan sihir dari pabrikan Jerman. Ya, mobil sport dewasa ini yang terhiasi dengan beberapa gadget dan sentuhan teknologi modern masih mampu memompa adrenalin Anda untuk Anda ajak berkendara di hari libur. Beruntungnya, masih ada mobil sport sederhana yang tidak terlalu terkontaminasi dengan beragam sentuhan teknologi di dalamnya yang bisa Anda dapatkan: 2014 Nissan 370Z NISMO.

Out of the box

Asal-usul penamaan 370Z dimulai pada tahun 1969 dengan mobil Z generasi pertama, 240Z. Mobil Z selalu dikenal sebagai jawaban Jepang atas ‘kuda poni’ Amerika seperti  Mustang dan Camaro, tetapi dengan cita rasanya sendiri dan desain yang lebih kompak. 370Z yang kita kenal saat ini awalnya memulai debutnya pada tahun 2009 dan telah diperbaharui beberapa kali selama bertahun-tahun. NISMO adalah generasi yang paling baru dan paling segar yang bisa kita temui saat ini.

Tapi apa NISMO? Ini adalah singkatan untuk Nissan Motorsport International Limited, yang merupakan hasil racikan tuning dari Nissan. Ini sepertinya halnya AMG untuk Mercedes-Benz atau seri M untuk BMW. Orang-oran gdi NISMO bertanggung jawab atas semua yang terjadi di 370Z NISMO untuk hal positif dan negatif.

Jadi ketika para desainer NISMO turut serta mencampurkan tangannya pada tubuh 370Z, maka 332-horsepower tertanam di dalamnya, apa yang mereka lakukan untuk menghasilkan tenaga sebesar itu? Sepeti rumah tuning berkualitas lainnya, mereka membuat mobil lebih tampan, lebih kuat dan lebih cepat. Hasilnya adalah mobil dengan tambahan panjang sebesar 6,2 inci, 28 tenaga kuda lebih kuat, dan $16,000 lebih mahal.

Fitur dan Desain

NISMO membuat ujung dari 370Z ini sedikit hambar dengan hidung yang sedikit melesat ke depan dan spoiler terintegrasi yang diperpanjang. Hal ini tidak hanya akan membuat mobil ini terlihat lebih dinamis dengan akses abu-abu dan merah akan cat putih yang mendasarinya, juga membuat 370Z terlihat lebih garang. Hidung dan spoiler secara hati-hati dibentuk untuk meningkatkan aliran udara ke mesin dan juga meningkatkan downforce yang menggunakan tekanan angin untuk mendorong mobil melesat ke jalanan dan meningkatkan traksi ban.

Dari sana, NISMO menaikkan output daya dari mesin V6 3.7-liter yang biasanya mampu menyemburkan tenaga sebesar 332 hp menjadi 350 hp dan torsi 276 pound-feet. Dari mesin V6, tenaga mobil ini disalurkan melalui transmisi manual enam kecepatan, bukannya transimisi otomatis yang ditawarkan pada mobil ini. Para insinyur dari NISMO ini menambahkan tombol “Sport” untuk transmisi, yang mana tombol ini akan mengaktifkan sistem yang disebut SynchroRev Match.

SynchroRev Match pada dasarnya adalah membuat throttle naik atau downshift untuk mencocokkan kecepatan mesin dan transmisi. Dengan sistem ini, Anda dapat mengangkata kaki kiri Anda di atas pedal rem pada saat downshift tanpa harus berkutat dengan kopling. SynchroRev Match pada dasarnya tidak secara efektif menghilangkan pengereman mesin. Setiap keuntungan yang ditawarkan oleh engine breaking yang ditawarkan oleh Rev jauh sebanding dengan kelancaran sistem.

Performa

Di jalanan sepi atau di trek balap, 370Z NISMO akan memuaskan hasrat para penggemar otomotif. Dengan mesin yang kuat dan kabin yang kompak. Mesin ini tidak berisik seperti mobil dengan mesin V6 lainnya di pasaran. Bahkan dengan bantuan sistem Rev, Anda akan dibantu untuk mengendalikan mesin ketika Anda salah mengambil langkah dalam mengAndalikan mesin Anda.

Tidak seperti mesin modern Amerika dan Jerman yang lainnya, 370Z masih memiliki power steering hidrolik. Ini sedikit melegakan. Sistem rem juga sangat dapat diandalkan. Pedal yang ringan dan memiliki reaksi yang cepat. Anda bisa naik pada batas kemampuan mengemudi Anda, dan jika Anda berada di atas batas kecepatan Anda, maka rem akan memerintahkan Z untuk kembali ke batas kecepatan aman Anda atau secara cepat menyuruh Anda untuk berhenti.

Kesimpulan

Nissan 370Z NISMO adalah mobil sport yang tidak biasa. Ini adalah mesin impian yang para penggemar otomotif idamkan dan bukan sebuah kendaraan konvensional. Jadi jika Anda rela merogo kocek Anda dalam-dalam untuk mendapatkan ‘mainan’ ini, maka Anda harus bersiap-siap untuk memacunya di jalanan yang sepi. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel