Samsung Galaxy S II VS Apple iPhone 4

16 Jun 2011 17:08 9039 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Samsung Galaxy S II memiliki predikat sebagai *Android phone* nomor satu saat ini. Seperti yang telah dibahas pada artikel Paseban sebelumnya, perbandingan *Android phone* pada kelas yang sama yaitu Samsung Galaxy S II, HTC Sensation, dan LG Optimus 2x, Galaxy S II memiliki keseluruhan performa yang paling hebat diantara lawan-lawannya.

Samsung Galaxy S II memiliki predikat sebagai Android phone nomor satu saat ini. Seperti yang telah dibahas pada artikel Paseban sebelumnya, perbandingan Android phone pada kelas yang sama yaitu Samsung Galaxy S II, HTC Sensation, dan LG Optimus 2x, Galaxy S II memiliki keseluruhan performa yang paling hebat diantara lawan-lawannya. Sambil menunggu masuknya Android phone nomor satu ini, Paseban ingin sekali lagi membandingkannya dengan non-Android phone terbaik dunia, iPhone 4.

Form Factor
Galaxy S II: 125.3 x 66.1 x 8.49mm, 117g
iPhone 4: 115.2 x 58.7 x 9.3mm, 137g

Vendor ponsel asal Korea Selatan ini dinobatkan memiliki teknologi mobile tertipis di dunia, hanya 8.49mm. Hal ini mengagumkan mengingat teknologi high-end yang tersemat didalamnya. Ukuran layar yang superior, dan lebih ringan, membuat Samsung Galaxy S II memenangkan ronde pertama ini.

Storage
Galaxy S II: 16/32GB + microSD
iPhone 4: 16/32GB

Ronde kedua ini hanya butuh penilaian yang simple. Kedua handset menawarkan jumlah penyimpanan flash yang sama, dengan perbedaan Samsung Galaxy S II bisa ditambah dengan kartu microSD hingga 32GB. Jadi, secara efektif, Anda dapat menyimpan dua kali lebih banyak pada Samsung Galaxy S II. Dengan kemampuan video 1080p dan kamera 8MP, serta kemampuan untuk meng-install aplikasi di kartu microSD yang dimiliki oleh semua Android phone besutan Samsung, Anda bisa menentukan sendiri mana yang menjadi pemenang.

Battery Life
Galaxy S II: 1650mAh, 20 hours standby - 10 hours apabila aktif digunakan - dan masih tersisa 15 percent battery life.
iPhone 4: 1420mAh, Up to 10 hours video.

Dari semua Android phone yang beredar di pasar saat ini, Samsung Galaxy S II mampu berdiri dengan baik dalam tes baterai. Hal ini dikarenakan oleh dua hal. Yang pertama adalah fitur terbaru dari Samsung untuk menghemat penggunaan baterai oleh layar, dan yang kedua adalah teknologi dari baterai itu sendiri.

Display
Galaxy S II: 4.27-inch, 800x480px, Super AMOLED Plus
iPhone 4: 3.5-inch, 960x640px, LCD with IPS

Super AMOLED Plus merupakan perkembangan yang signifikan dari Super AMOLED Samsung Galaxy S pertama. Super AMOLED Plus ini memiliki keseluruhan warna yang lebih luas, kontras unggul, tepi tajam, visibilitas outdoor jauh lebih baik, dan konsumsi daya layar yang rendah daripada produk lainnya di pasar. Namun kelebihan Super AMOLED Plus belum bisa mengalahkan Retina Display milik iPhone 4, dimana tampilan iPhone 4 terlihat lebih natural.

Performance
Galaxy S II: 1.2GHz Dual Core Exynos chip, 1GB RAM
iPhone 4: 1GHZ Apple A4, 512MB RAM

Dari kecepatan processor yang berteknologi Dual Core dan lebih besar 200MHZ, serta RAM yang dua kali lipat, spesifikasi diatas dapat berbicara dengan sendirinya siapa yang memenangi ronde ini.

Imaging
Galaxy S II: 8MP rear, 2MP front, 1080p video capture
iPhone 4: 5MP rear, VGA front, 720p video capture

Samsung benar-benar telah menghilangkan semua halangan dalam merancang dan mengembangkan Samsung Galaxy S II. Vendor ini telah menanam kamera 8MP di Galaxy S II lengkap dengan LED flash. Kamera ini dapat menangkap video Full HD pada 1080 sedangkan iPhone hanya bisa 720p. Hal lain lagi yang membuat Samsung Galaxy S II lebih baik adalah kamera depan yang memiliki resolusi lebih baik daripada webcam laptop yang ada sekarang ini. Sehingga Video Call, Video Chat, atau Facetime akan lebih bagus menggunakan Samsung Galaxy S II.

Connectivity
Galaxy S II: Wi-Fi, NFC, 3G/4G, BT 3.0, DLNA, Wi-Fi tethering
iPhone 4: Wi-Fi, BT 2.1, 3G

Samsung tampaknya telah memilih untuk menggunakan konektivitas "berlebihan". Mendukung 4G, Bluetooth seri terbaru 3.0, NFC (Near Field Communication) yaitu teknologi yang bisa dimanfaatkan untuk pembayaran contactless melalui smartphone, dan sistem DLNA yang akan sangat berguna ketika Anda ingin melihat konten HD secara nirkabel dari Android phone ke TV layar lebar. Samsung Galaxy S II berisi segala sesuatu yang dibutuhkan oleh seorang pecandu konektivitas.

Price
Galaxy S II: Sekitar Rp. 6,753,624
iPhone 4: Sekitar Rp. 6,839,114

Tidak diragukan lagi, produk Apple akan selalu lebih mahal dari produk lainnya dipasaran.

Kesimpulan

Mungkin iPhone 4 bukanlah musuh yang seimbang dengan dukungan processor yang belum Dual Core, sehingga ia mengalami kekalahan telak, hanya unggul melalui teknologi Retina Display miliknya. Mungkin iPhone 5 dengan processor Dual Core nanti akan menjadi lawan tanding yang sebanding. Namun untuk saat ini, Samsung Galaxy S II layak menjadi Android phone nomor satu, baik melawan sesama Android phone maupun non-Android phone. RY

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel