Kamera Samsung Galaxy NX, Kamera 20.3 MP Mirrorless Profesional Plus Sensor APS-C

18 Jun 2013 17:00 2705 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Salah satu produsen barang elektronik yang terkenal, Samsung ternyata tidak main-main dalam merambah bidang kamera dan lensa  untuk menjadi salah satu barang produksinya. Setelah meluncurkan kamera phone yang berlabel Galaxy S4 phone, Samsung belum lama ini dikabarkan akan merilis sebuah kamera mirrorless dengan sistem operasi Android yang berkemampuan berganti lensa, seperti kamera DSLR.

Salah satu produsen barang elektronik yang terkenal, Samsung ternyata tidak main-main dalam merambah bidang kamera dan lensa  untuk menjadi salah satu barang produksinya. Setelah meluncurkan kamera phone yang berlabel Galaxy S4 phone, Samsung belum lama ini dikabarkan akan merilis sebuah kamera mirrorless dengan sistem operasi Android yang berkemampuan berganti lensa, seperti kamera DSLR. Kamera terbaru Samsung tersebut bernama Samsung Galaxy NX. Dan di bawah ini akan dijelaskan gambaran dari spesifikasi kamera mirrorless Galaxy NX  buatan Samsung ini :

Desain dan Control

Kamera Samsung Galaxy NX ini memiliki desain yang hampir sama dengan desain kamera DSLR pada umumnya. Kamera mirrorless Galaxy NX ini didrancang dalam desain yang menggabungkan kamera mirrorless profesional dengan kamera phone galaxy. Pada bagian belakang body kamera ini terdapat pengoperasian full touchscreen dengan tampilan interface yang khas dari sistem operasi Android yang diusungnya sebagai salah satu keunggulannya. Selain disematkan sistem operasi Android, kamera terbaru pabrikan Samsung ini dihadirkann dengan beberapa tombol manual untuk mengoperasikan kamera. Terdapat tombol On/Off, shutter, dan tombol Menu yang dilengkapi dengan tombol putar untuk pengaturan beberapa mode pemotretan serta pengoperasian sistem Androidnya.

Image Quality & Resolusi

Sementara itu, dari segi kualitas gambar yang dapat dihasilkan dari kamera Samsung Galaxy NX  ini adalah dipastikan memiliki kualitas nilai yang sangat baik sekali serta dengan warna dan tekstur dengan kedetailan yang cukup tinggi.  Karena kamera Samsung terbaru yang merupakan perpaduan Galaxy Camera dengan kamera mirrorless profesional Samsung seri NX ini dibekali teknologi sensorAPS-C yang mengusung resolusi 20.3 megapiksel dan juga memilioki kemampuan ISO hingga 25.600. Dengan dukungan resolusi yang tinggi dan tingkat ISO  itu, kamera Samsung mampu disejajarkan dengan kamera DSLR lainnya yang memiliki beberapa teknologi yang sama pula. 

Performa

Dari sisi perfoma, kamera mirrorless Samsung Galaxy NX terbaru ini memiliki perfoma yang termasuk mumpuni karena diperkirakan dibekali dengan lensa EF-M 18-55 mm juga sangat kompatible dengan beberapa pergantian lensa kameranya. Berkat dukungan fitur teknologi sensor kamera APS-C yang mengusung resolusi 20.3 megapiksel dan kemampuan ISO hingga 25.600-nya mampu membuat kamera mirrorless buatan Samsung ini berkemampuan kamera DSLR  yang mampu bekerja baik dalam menghasilkan gambar dengan kualitas tinggi dan tahan lama.

Selain  itu pula, seperti kamera modern saat ini, Samsung Galaxy NX juga memiliki kemampuan untuk merekam video full HD 1080 piksel dengan rate 30 fps  yang dapat dilakukan melalui layar touchscreen dengan tampilan sistem operasi Androidnya yang cukup mudah dalam pengoperasiannya selayak memakai smartphone pada umumnya.

Fitur layar  yang berukuran hampir  5.0 inchi dengan  teknologi touchscreen  membuat  kita bisa mengatur  beberapa pengaturan mode pemotretan dan fokus hanya dengan menyentuh layarnya, selain untuk bermain beberapa aplikasi dari sistem Android Jelly Bean 4.1.2 kaya fitur yang diusungnya.

Fitur

Selain itu pula, masih ada  fitur lainnya yang cukup menarik dalam spesifikasi kamera Samsung Galaxy NX ini. Fitur lainnya yang terdapat kamera mirrorless Samsung terbaru ini cukup banyak dan memadai serta sangat menarik untuk berbagai keperluan pengambilan gambar dan video dengan kualitas tinggi selevel  yang dihasilkan oleh kamera DSLR pada umumnya, yang antara lain adalah fitur sistem operasi Android Jelly Bean  4.1.2,  modus Time Lag mode, ISO LOW-HIGH setting yang tingkat highnya mencapai 25.600 , interval Shooting, Time lapse movies dan Level guide, sensor APS-C yang besar serta baterai  lithium ion dengan daya tahan yang cukup kuat yang dapat membuat pengguna kamera Samsung ini  lebih leluasa melakukan penembakan kamera serta bebas dengan berbagai pengaturan pada aplikasi di sistem Androidnya. Kamera mirrorless Samsung Galaxy NX inipun dilengkapi dengan sejumlah variasi dan efek yang tersedia dalam beberapa  aplikasi di sistem Androidnya, yang memungkinkan pengaturan ekspresi artistik yang kreatif dan bisa sharing  sekaligus melalui dukungan fitur sistem Android dan beberapa tombol pada bodynya. 

Perkiraan Harga dan Kesimpulan

Selain hadir dalam varian warna  hitam yang menarik dan elegan khas kamera DSLR  profesional, kamera mirrorless Samsung Galaxy NX inipun diperkirakan dibanderol dengan harga sekitar US$730 atau setara Rp. 7 jutaan ke atas.

Berdasarkan gambaran kamera Samsung Galaxy NX di atas, maka dapat disimpulkan bahwa kamera mirrorless terbaru Samsung inI memang layak disejajarkan dengan kamera mirrorless dan DSLR ke;as mid end yang cukup mumpuni dengan sensor APS-C  yang cukup mampu menghasilkan gambar dengan tingkat detail dan ketajaman yang cukup tinggi serta noise yang cukup rendah. Dan sistem operasi Android Jelly Bean yang dibekali pada kamera Samsung Galaxy NX ini bisa menjadi daya tarik yang memikat konsumen di pasar global kamera. [MER]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel