1

Gandeng Komunitas, VMware Rilis Serengeti & Apache Hadoop

25 Jun 2012 08:15 2826 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
VMware, vendor virtualisasi dan solusi infrastruktur Cloud semakin agresif meningkatkan adopsi virtual maupun *cloud* dengan merilis Serengeti dan Apache Hadoop berbasis *open source*. Guna memaksimalkan pengelolaan Hadoop dengan mudah di lingkungan virtual dan cloud, VMware menggandeng komunitas Apache Hadoop.

VMware, vendor virtualisasi dan solusi infrastruktur Cloud semakin agresif meningkatkan adopsi virtual maupun cloud dengan merilis Serengeti dan Apache Hadoop berbasis open source. Guna memaksimalkan pengelolaan Hadoop dengan mudah di lingkungan virtual dan cloud, VMware menggandeng komunitas Apache Hadoop.

Menurut Jerry Chen, Vice President Cloud and Application Services, VMware, dalam hal ini komunitas Apache Hadoop menyediakan berbagai extension sehingga berbagai komponen kunci dalam framework cocok untuk virtualisasi. "Apache Hadoop memiliki potensi yang kuat dalam berdayakan data dalam jumlah besar ,” kata Jerry dalam siaran persnya yang diterima redaksi Paseban.

Saat ini, kekhawatiran yang muncul baik tentang keamanan dan jaminan tingkat layanan menghambat perusahaan memanfaatkan kekuatan Hadoop. Namun begitu melalui proses pemisahan (de-coupling) node-node Apache Hadoop dengan infrastruktur fisik, VMware membawa semua manfaat dari infrastruktur Cloud ke Hadoop.

Kerjasama dengan komunitas Apache Hadoop, akan memberikan banyak manfaat, mengingat Apache Hadoop diklaim menjadi standar de facto untuk pengelolaan data berukuran besar (Big Data). Dan, jika ingin menjadi warga negara kelas satu dalam hal infrastruktur TI, Hadoop harus ramah terhadap praktik-praktik teknologi TI dalam lingkup enterprise.

"Lingkungan yang haus sumber daya dari klaster Big Data membuat virtualisasi penting diakomodasi oleh Hadoop. Keterlibatan VMware dalam proyek Apache Hadoop dan proyek Serengeti Apache diharap kan memberikan fleksibilitas yang dibutuhkan perusahaan dalam membuat prototipe,” ujar Tony Baer, Principal Analyst OVUM.

Terkait Serengeti, dapat diunduh gratis lisensi Apache 2.0 yang mampu meningkatkan kemampuan platform VMware vSphere untuk menggelar klaster Apache Hadoop, termasuk komponen Hadoop seperti Apache Pig dan Apache Hive.

Selain itu, kata Jerry, VMware bekerja sama dengan komunitas Apache Hadoop untuk memberikan kontribusi terhadap proyek Hadoop Distributed File System (HDFS) dan Hadoop MapReduce sehingga keduanya bisa dianggap lebih cocok dengan lingkungan virtualisasi.

"Perusahaan dapat meningkatkan kemampuan seperti high-availability, fault-tolerance dan migrasi secara live pada klaster Hadoop, apabila Serengeti menjalankan Hadoop pada platform VMware vSphere ,” sambung Jerry seraya menambahkan Spring for Apache Hadoop dapat diunduh secara gratis dengan lisensi berbasis open source, Apache 2.0. [*/dju]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel