1

Workshop Penggunaan Situs Jejaring Sosial Paseban Bersama MGMP Fisika Bekasi

22 Jun 2012 16:00 3194 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Situs jejaring sosial asli Indonesia, Paseban.com mengadakan workshop penggunaan jejaring sosial yang dihadiri oleh para anggota Komunitas Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Fisika Kota Bekasi.

Situs jejaring sosial asli Indonesia, Paseban.com mengadakan workshop penggunaan jejaring sosial yang dihadiri oleh para anggota Komunitas Musyawarah Guru Mata Pelajaran Fisika Kota Bekasi. Acara ini digelar pada hari Rabu (20/06) di ruang labotarium komputer SMAN 2 Bekasi, Jalan Tangkuban Perahu Nomor 1, Kota Bekasi. Digelarnya workshop ini merupakan salah satu bentuk jalinan kerjasama yang dilakukan kedua belah pihak. Workshop yang dilaksanakan pada pukul 02.00 WIB ini dibuka langsung oleh Setia Nugraha (51) selaku ketua MGMP Fisika Kota Bekasi. Dalam kata sambutannya Nugraha menyampaikan apresiasi terhadap kerjasama antara komunitas yang dipimpinnya dan Paseban.

Workshop dihadiri oleh para guru mata pelajaran dari berbagai SMA baik negeri ataupun swasta di Kota Bekasi. Sesi pertama para peserta workshop diperkenalkan dan sekaligus mempraktikkan cara melakukan registrasi ke dalam paseban.com. Mereka yang belum sempat mendaftarkan diri menjadi member jejaring sosial, diberikan kesempatan secara langsung untuk membuatnya di tempat. Sebagian besar dari para peserta dapat melalui proses registrasi tersebut dengan mudah. Artinya pengenalan teknologi internet telah diterapkan oleh para guru-guru itu sendiri. Sedangkan beberapa guru lainnya telah menjadi member jejaring sosial Paseban dan aktif di dalamnya. Setiap peserta workshop telah dilengkapi dengan panduan berupa buku agar mereka dapat menggunakan berbagai fitur dan aplikasi yang terdapat di dalamnya.

Salah satu aplikasi yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi komunitas guru seperti MGMP ini adalah aplikasi Latihan SMPTN dan UN online yang dapat mereka akses secara online dan gratis. Setelah peserta workshop masuk ke dalam jejaring sosial, trainer yang didatangkan khusus dari pihak Paseban sendiri membimbing secara bertahap untuk menggunakan setiap aplikasi yang ada. Para peserta tak mau kalah. Dengan proses workshop yang dilakukan secara interaktif, proses komunikasi pun berjalan dengan lancar. Mereka dibimbing untuk mencoba langsung fitur-fitur yang terdapat di dalam aplikasi Latihan SNMPTN dan UN. Dengan kecanggihan teknologi saat ini, banyak peserta workshop yang berujar bahwa anak-anak generasi saat ini beruntung memiliki teknologi pendidikan yang dapat mendukung kemampuan akademiknya dengan mudah dan cepat.

Selain diperkenalkan dengan fitur serta aplikasi yang terdapat di dalam jejaring sosial paseban.com, para guru yang tegabung dalam komunitas MGMP inipun mendapatkan informasi mengenai Passenger. Passenger merupakan aplikasi messenger yang dapat menghubungkan seluruh member ke dalam satu platform messeging. Sementara, sebagian guru pun tertarik dengan adanya fitur emotikon yang dapat disisipkan langsung ke dalam status jejaring sosial. Adapun terkait teknologi informasi, mereka dapat mengakses berbagai informasi mengenai teknologi mobile terbaru langsung dari http://www.plimbi.com. Proses workshop berlangsung secara menarik dan interaktif. Dan sebagian besar peserta menyambut secara positif kerjasama yang dilakukan Paseban, dengan komunitas di mana mereka bernaung.

Keberadaan komunitas guru seperti MGMP Fisika Kota Bekasi ini memang harus diapresiasi secara positif. Begitupun dengan komunitas guru mata pelajaran lainnya. Pasalnya hal tersebut dapat menjadi media yang secara independen dikelola langsung oleh para guru. Ini dapat menjadi ajang komunikasi antara para guru untuk mengembangkan bidang ilmu yang mereka tekuni, dan diimplementasikan langsung di dunia pendidikan. Kerjasama yang dibentuk dengan Paseban dapat menjadi salah satu bukti keseriusan komunitas ini dalam menghadapi globalisasi di bidang teknologi. Bahkan Setia Nugraha menyampaikan bahwa telah banyak komunitas guru mata pelajaran lainnya yang tertarik dengan fitur serta aplikasi yang terdapat di Paseban.

"Guru-guru lain sudah bertanya-tanya ke saya bagaimana cara menggunakan aplikasi di Paseban. Dengan adanya workshop ini, mudah-mudahan setiap anggota komunitas yang hadir dapat memperkenalkan Paseban ke komunitas guru lainnya, atau bahkan ke murid-muridnya sekaligus", ujar pria yang juga wakil kepala sekolah SMAN 2 Bekasi ini.

Hingga saat ini komunitas ini telah memiliki anggota sekitar 79 orang yang berprofesi sebagai guru. Bukan hanya merangkul guru-guru dari sekolah negeri, para guru fisika sekolah swasta di Kota Bekasi pun telah tergabung di dalamnya. Komunitas ini memiliki banyak agenda kegiatan dan terhitung aktif. Bahkan rencananya tahun ini mereka akan mengadakan olimpiade nuklir bertaraf nasional bagi siswa-siwi SMA seluruh Indonesia. Selain itu salah satu bentuk keberhasilan yang dihasilkan oleh para guru fisika di komunitas ini adalah membimbing para muridnya agar mendapatkan prestasi membanggakan. Salah satu buktinya adalah keberhasilan seorang murid yang bernama Nugraha di SMAN 2 Bekasi yang berhasil mengharumkan nama baik Kota Bekasi di tingkat nasional. Tercatat ada beberapa siswa SMAN 2 Bekasi yang mengikuti Olimpiade Sains 2012 Tingkat Provinsi dan berhasil menbondong beberapa gelar prestisius.

Sebagai salah satu simbol kerjasama yang dijalin antara MGMP Fisika Kota Bekasi dengan Paseban, para anggota MGMP mendapatkan sebuah jaket yang secara simbolik diberikan kepada Setia Nugraha. Pada akhir acara, Nugraha menyampaikan bahwa kerjasama ini merupakan awal bagi kerjasama dengan komunitas guru lainnya.

"Semoga kerja sama ini tidak terbatas dengan MGMP Fisika saja. Kita telah dibuatkan panduan dan harus diimplementasikan dari guru ke guru, atau dari guru ke murid", ujarnya di sela kata penutupan workshop. "Dengan adanya workshop ini diharapkan ada interaksi pertukaran informasi yang didapatkan oleh anggota MGMP", tutup pria asal Kota Bandung ini. [MS]

Workshop Penggunaan Situs Jejaring Sosial Paseban Bersama MGMP Fisika Bekasi

Workshop Penggunaan Situs Jejaring Sosial Paseban Bersama MGMP Fisika Bekasi

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel