1

Wow, Pengguna Internet China Lebih dari Setengah Miliar

15 Jan 2012 08:30 2406 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Pusat Informasi Jaringan Internet China telah mengungkapkan, bahwa jumlah pengguna internet China tumbuh puluhan juta orang setiap tahun. Menurut jurubicara Kementerian Luar Negeri China Jiang Yu Reuters, China memiliki 505 juta pengguna internet pada akhir November 2011, dan ini merupakan angka yang melebihi seluruh populasi di banyak negara, termasuk Amerika Serikat.

Pusat Informasi Jaringan Internet China telah mengungkapkan, bahwa jumlah pengguna internet China tumbuh puluhan juta orang setiap tahun. Menurut juru bicara Kementerian Luar Negeri China Jiang Yu Reuters, China memiliki 505 juta pengguna internet pada akhir November 2011, dan ini merupakan angka yang melebihi seluruh populasi di banyak negara, termasuk Amerika Serikat.

Menurut Pusat Informasi, tingkat penetrasi internet China hanya 37,7 persen. Namun penetrasi China telah berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2008, itu mencapai 221 juta pengguna internet, dan diikuti sampai dengan 298 juta pengguna pada Januari 2009. Antara 2008 dan sekarang, negara telah menambahkan sekitar 70 juta pengguna internet setiap tahunnya.

Tapi banyaknya warga China yang mendapatkan di Internet, tidak berarti mereka memiliki pengalaman berinternet terbaik. Negara ini telah bertahun-tahun memberlakukan sensor Web untuk memadamkan kerusuhan, pengamanan terhadap ancaman partai yang berkuasa, dan menghukum perusahaan yang memiliki perselisihan.

Amerika Serikat dan negara Barat lainnya telah meminta China untuk menghentikan sensor Web-nya, tapi lagi-lagi, pemerintah telah menolak permintaan tersebut, dan mengatakan kegiatannya tersebut dirancang untuk "melindungi warga".

"Kami bersedia untuk bekerja dengan negara-negara dan berkomunikasi dengan mereka pada pengembangan Internet dan bekerja sama untuk mempromosikan perkembangan suara dari Internet," kata Reuters pada wartawan di konferensi pers tahun lalu. "Tapi kami tidak menerima menggunakan alasan 'kebebasan internet' untuk campur tangan dalam praktek-praktek internal negara lain," tambahnya.

Komentar Reuters ini sejalan dengan editorial dari media pemerintah Xinhua yang mengatakan pertumbuhan blog dan layanan microblogging memberikan kontribusi terhadap masalah di Web.

"Kemajuan pesat yang membanjiri ini juga membawa 'lumpur dan pasir' (penyebaran rumor) dan untuk membina internet sehat, kita secara menyeluruh harus membasmi lahan di mana rumor tersebut tumbuh," tulis Xinhua. "Meramu rumor itu sendiri merupakan penyakit sosial, dan penyebaran rumor di internet merupakan ancaman sosial yang besar."

Meskipun upaya negara untuk memblokir atau menghambat microblog (bulan lalu, misalnya, pemerintah kota Beijing mengumumkan aturan baru yang mengharuskan microblogger untuk mendaftarkan nama asli mereka) warga negara China terus memasang blog. Menurut data terbaru dari Pusat Informasi China, lebih dari 300 juta orang menggunakan microblog pada akhir November. Padahal hanya 195 juta di Juni lalu. [ND]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel