1

Fakta Penting Motorola dalam Sejarah Telekomunikasi

19 Aug 2011 09:04 7587 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Sejak didirikannya Motorola telah mengalami fase naik dan turun. Berita tentang Google membeli Motorola seharga $12.5 milyar dinilai banyak pihak sebagai langkah penting dalam masa depan Android dan era smartphone yang lebih mengangkat popularitas Motorola.

Sejak didirikannya Motorola telah mengalami fase naik dan turun. Berita tentang Google membeli Motorola seharga $12.5 milyar dinilai banyak pihak sebagai langkah penting dalam masa depan Android dan era smartphone yang lebih mengangkat popularitas Motorola.

Lalu siapakah Motorola? Dari mana ia berasal dan bagaimana ia sampai pada posisi sekarang ini? Apa yang telah dia lakukan hingga memiliki lebih dari 17.000 paten yang menarik perhatian Google?
Berikut 15 fakta penting tentang Motorola:

  • Motorola Ditemukan pada tahun 1928 dengan nama awal Gavlin Manufacturing Corporation. Produk pertama Motorola adalah battery eliminator.
  • Pada 1930, Motorola memperkenalkan radio komunikasi untuk mobile pertama. Pada saat itu nama Motorola lahir dari kata motor yang mewakili mobil dan ola, kata tersebut diambil dari kata Victrola yang mewakili suara. Nama Motorola masih belum digunakan secara resmi hingga tahun 1947. Radio komunikasi untuk mobil miliknya saat itu hanya tersedia untuk departemen kepolisian Amerika.
  • Pada 1940, Motorola dikontrak oleh US War Department untuk mengembangkan solusi komunikasi portable untuk digunakan oleh prajurit dalam perang dunia II, Motorola kemudian mengembangkan solusi radio backpack dan menciptakan walkie-talkie pertama di dunia, yaitu the SCR-300. Satu tahun kemudian, Motorola menciptakan radio komunikasi yang lebih portable, Handie-Talkie yang kemudian menjadi trademark Motorola pada 1951.handie talkie
  • Pada 1956, sekali lagi Motorola memimpin dalam industri komunikasi dengan mengembangkan pager pertama di dunia.
  • Saat pager menjadi populer pada era 90an, konsep original Motorola, Handie-Talkie radio pager, digunakan oleh rumah sakit di New York. Dengan jarak jangkau 40 km, para dokter membayar $12 perbulan untuk menerima radio messages.
  • Pada 1995, Motorola melanjutkan perkembangan pager dengan memperkenalkan two-way pager pertama di dunia, Tango yang memungkinkan pengguna untuk menerima pesan teks dan membalasnya.tango
  • Pada 1960, Motorola kembali mengeluarkan produk pertama di dunia, large-screen cordless, portable television. Tiga tahun kemudian, Motorola memperkenalkan rectangular color TV picture tube pertama di dunia. Namun pada 1974 Motorola menutup buku atas perannya di industri televisi dengan menjual divisi bidang televisi miliknya kepada Quasar, perusahaan induk dari Panasonic Jepang.
  • Kalimat legendary Neil Armstrong saat ia menjadi orang pertama yang mendarat di bulan pada 1969, "one small step for a man, one giant leap for mankind", diucapkan melalui radio transponder Motorola.
  • Pada 1973, telepon selular pertama di dunia dikembangkan oleh Motorola. Tetapi baru 10 tahun kemudia Motorola tercatat dalam sejarah setelah FCC mengakui DynaTAC 8000X sebagai commercial cell phone pertama di dunia.dynatac
  • Pada 1984, Motorola memperkenalkan 32-bit microprocessor pertama di dunia, yakni MC68020.
  • Pada 1996, Motorola memperkenalkan ponsel teringan di pasaran Motorola StarTAC. StarTAC juga menjadi flip phone pertama di dunia.motorola starTAC
  • Motorola menjadi the world's biggest seller of mobile phones, dan bertahan hingga pada 1998, saat Nokia mengalahkannya.
  • Pada 1999, Motorola kembali memimpin dalam dunia peralatan telekomunikasi dengan memperkenalkan smartphone pertama di dunia dengan kemampuan web browsing dan email, iDEN i1000 plus. Perangkat ini adalah ponsel pertama yang menggabungkan digital phone, two-way radio, alphanumeric pager, Internet browser, email, fax dan two-way messaging.iden i100 plus
  • Motorola RAZR menjadi best-selling phone di pasar Amerika, sebelum munculnya iPhone. Dalam jangka waktu 4 tahun, Motorola RAZR terjual sebanyak 130 juta unit. Bahkan hingga saat ini Motorola RAZR menjadi clamshell phone (ponsel lipat) terlaris di dunia.
  • Langkah Motorola untuk memasuki dunia Android terbukti sebagai langkah terbaik yang bisa dilakukan untuk kembali mengangkat namanya. Setelah terpuruk sejak Motorola RAZR, perangkat Droid Motorola menduduki posisi nomor satu pada Time's Top 10 Gadget of the Year. Produk berikutnya Droid X dan Droid 2, mengembalikan Motorola pada jalur persaingan. RY
Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel