1

Ditemukan! Baterai Berukuran 100 Kali Lebih Tipis dari Helai Rambut Manusia

9 Aug 2011 08:53 2795 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Para Ilmuwan dari Rice University telah menciptakan baterai berukuran enam kali lebih tipis dari bakteri. Baterai ini berukuran 150 nanometer, yang berarti 100 kali lebih tipis dari satu helai rambut manusia dan 60.000 kali lebih kecil dari baterai AAA.

Para Ilmuwan dari Rice University telah menciptakan baterai berukuran enam kali lebih tipis dari bakteri. Baterai ini berukuran 150 nanometer, yang berarti 100 kali lebih tipis dari satu helai rambut manusia atau 60.000 kali lebih kecil dari baterai AAA.

Baterai yang juga dikembangkan di Rice University ini merupakan perpaduan antara baterai dan supercapacitor. Supercapacitor inilah bisa memberikan tenaga lebih dibandingkan baterai biasa. Baterai ini bisa memberikan tenaga kepada perangkat implant medis, chemical dan biological sensors, dan microscopic wireless networks.

Dengan baterai berukuran sekecil ini, yang mana bisa memberikan tenaga kepada komputer berukuran kecil yang bisa ditanamkan kepada benda apapun, bukan tidak mungkin ke depannya Anda akan menemukan peralatan sehari-hari yang nama belakangnya mendapatkan embel-embel "smart" karena dilengkapi dengan nano-computer, seperti sikat gigi "smart", sisir rambut "smart", pulpen "smart", dan benda lainnya.

Hasil dari baterai ini masih dalam bentuk lab prototype, yang detail mengenai baterai ini masih belum bisa didapatkan dengan jelas. Beberapa pengembangan dan percobaan masih ingin dilakukan oleh para ilmuwan hingga baterai ini siap untuk menjadi produk yang dipasarkan.

Dengan ditemukannya baterai sekecil ini, menjadi seberapa kecil ponsel ke depannya? RY

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel