1

Sony Tablet Menantang iPad 2

29 Jul 2011 10:18 2921 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Tablet komputer pertama dari Sony diperkenalkan di Tokyo Selasa, 19 Juli silam. Kabarnya, Sony meluncurkan Sony Tablet, gadget ini untuk menyaingi iPad 2 meskipun Sony sendiri belum memastikan berapa harga tabletnya.

Tablet komputer pertama dari Sony ini diperkenalkan di Tokyo Selasa, 19 Juli silam. Sony meluncurkan Sony Tabletgadget ini untuk bersaing dan merebut posisi runner up yang selama ini dikuasai oleh Samsung.

"Tablet Sony ini kebanyakan berwarna hitam dengan kemasan glossy dan akan luncur dengan 2 tipe, yakni S1 dan S2. Tablet ini memungkinkan pengguna untuk bermain PlayStation, " demikian ungkap Kunimasa Suzuki, Wakil Presiden Divisi of the Consumer Products and Services Group, saat launching di Tokyo.

Sony Tablet S1 memiliki layar 9,4 inci dengan desain tanpa sudut seperti ciri khas dari Sony sehingga terkesan lebih awet untuk jangka waktu yang lama. Sedangkan untuk tipe S2 memiliki dua layar 5,5-inci dengan desain clamshell yang tanpa tonjolan.

Untuk sistem operasi yang digunakan adalah Google Android 3.0 yang kompatibel dalam jaringan 3G/4G serta WiFi. Gadget terbaru Sony ini diperkirakan akan menjadi produk yang paling penting dari perusahaan Jepang tersebut yang selama ini hanya identik dengan walkman serta PlayStation.

Kendati demikian, Sony sepertinya harus berjuang lebih keras karena harus bersaing dengan Apple, Samsung Electronics dan Nintendo. Sony Tablet juga akan berkompetisi dengan lebih dari 100 penantang iPad berbasis Android. Jadi setidaknya ia perlu berjuang untuk membentuk keunikannya atau membedakan diri dengan gadget sejenis terlebih dahulu.

"Sayangnya kepiawaiannya sebagai produsen game PlayStation tersebut tak akan banyak membantu," kata Jay Defibaugh, Direktur Penelitian Ekuitas di MF Global di Tokyo.

Sementara ini, Samsung Galaxy Tab adalah pesaing terkuat Apple, disusul oleh Motorola, LG Electronics, dan HTC, yang juga membanjiri pasar dengan tablet berbasis Android. Padahal, menurut survei yang diterbitkan pada hari yang sama, Android sudah kehilangan sebagian daya tarik lantaran pengembang perangkat lunak sudah kepincut dengan Apple. Alhasil, akan makin sedikit aplikasi untuk Android yang menarik pelanggan untuk membelinya.

Saat peluncurannya, Sony belum belum memastikan berapa harga tablet-nya tersebut. Jadi agar Sony bisa menyaingi iPad 2, harganya harus bisa bersaing atau yang lebih murah dengan iPad 2 yang harganya mulai dari $ 499.

"Mereka berada dalam posisi mengejar ketinggalan dari Apple, sehingga mereka harus menarik dari segi harga," kata analis Shiro Mikoshiba dari Nomura Securities. HF

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel