Babinsa Cendoro Kawal Petani Wujudkan Swasembada Pangan

15 Feb 2019 18:08 1457 Hits 0 Comments
Mojokerto, - Bintara Pembina Desa (Babinsa) sebagai ujung tombak Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil), selain melaksanakan pembinaan wilayah, juga bertugas melaksanakan pengawalan dan pendampingan Upaya Khusus (Upsus) Swasembada Pangan di wilayah binaan.

Mojokerto, - Bintara Pembina Desa (Babinsa) sebagai ujung tombak Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil), selain melaksanakan pembinaan wilayah, juga bertugas melaksanakan pengawalan dan pendampingan Upaya Khusus (Upsus) Swasembada Pangan di wilayah binaan.

Demikian pula dengan Babinsa Koramil 0815/08 Dawarblandong Kodim 0815 Mojokerto, Sertu Priyanto, yang turun langsung ke sawah melaksanakan pendampingan terhadap petani di Dusun Pelem, Desa Cendoro, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Kamis (14/02/2019) kemarin.

Di areal persawahan seluas 5.000 meter yang ditanami jenis padi Ciherang berumur 75 hari, milik Prayit (48), Anggota Poktan Tani Harapan ini. Di lokasi ini Babinsa Cendoro Sertu Prayitno bersama petani melakukan perawatan tanaman padi yang sudah keluar (jebul) dan mulai berisi.  

Pada kesempatan tersebut, Babinsa dan petani melakukan pengecekan terhadap hama tanaman, karena pada fase ini biasanya hama tanaman padi yang datang berupa walang sangit.  Setelah dilakukan pengecekan dengan cara berkeliling ternyata tidak ada tanda-tanda adanya serangan hama.

“Pada masa perkembangan dan pematangan ini, biasanya hama yang datang berupa walang sangit, yang menyerang buah padi, dan bila dibiarkan maka buah padi akan menjadi hampa.  Kami sudah keliling dan tidak ada tanda-tanda  itu (hama),” ungkap  Sertu Priyanto.

Masih kata Babinsa, kegiatanpendampingan ini tidak hanya terbatas pada petani padi, namun petani jagung dan petani kedelai, yang juga ada di wilayah Desa Cendoro.  Pendampingan ini dilakukannya saat panen jagung varietas Pioneer P-21, di lahan seluas 0,5 hektar, mlik Suyono, Poktan Sekar Arum, Dusun/Desa Cendoro, pada Jum’at (15/02).    

Di tempat berbeda, Danramil 0815/08 Dawarblandong Kapten Inf  M. Kasim, mengatakan, pendampingan yang dilakukan bertujuan membantu petani dalam mewujudkan swasembada pangan di wilayah.

“Para Babinsa harus proaktif dalam upaya mengawal pencapaian swasembada pangan.  Paling tidak kehadiran Babinsa mampu menjadi motivator bagi peningkatan hasil produksi pertanian yang dalam jangka panjang akan berdampak positif  bagi kesejahteraan petani”, tegasnya.

Tags News

About The Author

anan alkarawangi 56
Expert

anan alkarawangi

Duta Pasundan Di Bumi Majapahit

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel