Koramil 0815/12 Ngoro Bersama Warga Jasem Perbaiki Tanggul Ambrol

27 Jan 2019 18:46 1888 Hits 0 Comments

Mojokerto, -  Koramil 0815/12 Ngoro Kodim 0815 Mojokerto bersama Perangkat Desa dan Warga melaksanakan karya bakti perbaikan tanggul di Dusun Donorejo, Desa Jasem, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Mojokerto, -  Koramil 0815/12 Ngoro Kodim 0815 Mojokerto bersama Perangkat Desa dan Warga melaksanakan karya bakti perbaikan tanggul di Dusun Donorejo, Desa Jasem, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Minggu (27/01/2019).

 

Sejumlah 43 orang turut serta dalam karya bakti tersebut, antara lain Unsur TNI dari Koramil 0815/12 Ngoro sebanyak 9 orang dipimpin Pelda M. Noor Rakhamnsyah, Kades Jasem Mulyantono, SH., Babinsa Jasem Serma Irwanto, Kasun Donorejo Eko Wahyudi, dan Warga Dusun Donorejo sekitar 30 orang.

 

Tampak gabungan Anggota TNI, Perangkat Desa dan Warga secara bergotongroyong bahu membahu melakukan perbaikan dan penutupan tanggul Sungai Janjing yang ambrol sepanjang 15 meter dengan lebar 5 meter, menggunakan karung berisi pasir, dengan gedeg dan bambu sebagai penahan.

 

Danramil 0815/12 Ngoro melalui Bati Komsos Pelda M. Nur Rakhmansyah menuturkan, karya bakti kali ini dengan sasaran perbaikan tanggul Sungai Janjing  di Dusun Donorejo Desa Jasem yang ambrol tergerus air saat hujan dengan intensitas tinggi di wilayah Ngoro dan Pegunungan Trawas, Jum'at (25/01) lalu.

 

"Ambrolnya tanggul Sungai Janjing di Dusun Donorejo terjadi karena penampang sungai tidak mampu menampung debit air saat  hujan deras termasuk air kiriman dari hulu khususnya wilayah Trawas, sehingga menggerus tanggul dan meluap ke perkampungan. Namun saat itu air tidak sempat masuk rumah dan beberapa saat kemudian surut," urainya. 

 

Masih tuturnya, untuk membantu kelancaran karya bakti ini, dari pihak BPBD Kabupaten Mojokerto mendistribusikan bantuan karung sebanyak 1.000 lembar dan gedeg guling 10 lembar.

 

"Perbaikan tanggul ini sifatnya darurat untuk mengantisipasi sekaligus meminimalisir kerugian bila terjadi hujan dengan intensitas cukup tinggi. Sedangkan untuk perbaikan permanen dalam koordinasi Pihak Pemerintah Desa dengan instansi terkait," ungkapnya.

 

Sementara Kades Jasem, Mulyantono, SH., yang didampingi Kasun Donorejo, Eko Wahyudi, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Anggota TNI dari Koramil Ngoro yang telah membantu perbaikan tanggul Sungai Janjing di wilayah Dusun Donorejo Desa Jasem.

 

"Untuk sementara tanggul dibenahi dan ditutup dengan menggunakan pasir yang dikemas dalam karung. Namun pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pihak Kecamatan dan Instansi terkait untuk perbaikan tanggul kritis secara permanen di sepanjang Sungai Janjing yang melintasi Dusun Donorejo Desa Jasem," terangnya.

Tags

About The Author

anan alkarawangi 56
Expert

anan alkarawangi

Duta Pasundan Di Bumi Majapahit

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel