1

Kabupaten Gunung Mas Kirimkan Kontingen Ikuti FTIK IX Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah

25 Nov 2018 18:09 1727 Hits 0 Comments
Kabupaten Gunung Mas kirimkan kontingen ikuti FTIK Provinsi Kalteng

Bupati Gunung Mas Drs Arton S Dohong menyerahkan panji Kabupaten Gunung Mas kepada Ketua Kontingen FTIK Kabupaten Gunung Mas, Ucun A Tingang, S.Ag saat pelepasan kontingen Kabupaten Gunung Mas untuk mengikuti FTIK ke IX tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di Tamiang Layang, Kabupaten Barito Selatan. 

Gunung Mas - Kabupaten Gunung Mas, Provinsi Kalimantan Tengah mengirimkan kontingen untuk mengikuti Festival Tandak Intan Kaharingan (FTIK) ke-IX tingkat Provinsi yang dilaksanakan di Tamiang Layang, Kabupaten Barito Timur, 27-29 November mendatang. Kontingen terdiri atas Panitia sebanyak 58 orang, Pelatih dan Pendamping sebanyak 33 orang, dan Peserta sebanyak 75 orang. 

“FTIK adalah pesta seni religius umat Kaharingan yang setiap dua tahun selalu dilaksanakan secara berjenjang, mulai dari tingkat Kecamatan, Kabupaten, dan Provinsi, karena kegiatan ini merupakan program Pemerintah Daerah dan termasuk salah satu pembangunan di bidang seni keagamaan,” ucap Bupati Gunung Mas, Drs Arton S Dohong saat melepas Kontingen Kabupaten Gunung Mas, di aula rumah jabatan Bupati, Minggu (25/11/2018).

Dia menerangkan, digelarnya FTIK dengan segala cabang lombanya diharapkan dapat memberi motivasi dan dorongan untuk lebih menggairahkan generasi muda, agar senantiasa mencintai Tandak Intan Kaharingan, memperindah jiwa seni dan mengaktualisasikan diri dalam kehidupan harmoni berkebangsaan dan bernegara.

Dengan semangat Habangkalan Penyang Karuhei Tatau, Pemerintah Kabupaten Gunung Mas menyambut gembira atas keikutsertaan Kontingen Kabupaten Gunung Mas dalam mengikuti FTIK tingkat Provinsi Kaliantan Tengah, di Tamiang Layang, Kabupaten Barito Timur.

“Kepada seluruh Kontingen FTIK Kabupaten Gunung Mas, Pembina, Pelatih, dan Pendamping yang saya cintai dan saya banggakan, dalam mengikuti kegiatan FTIK nanti harapan kami dan kita semua bahwa kalian dapat memperoleh kemenangan dalam semua cabang lomba, mengukir prestasi meraih juara,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Kontingen FTIK Kabupaten Gunung Mas, Ucun A Tingang, S.Ag menyampaikan bahwa FTIK tingkat Provinsi ini merupakan agenda rutin Majelis Besar Agama Hindu Kaharingan Pusat Palangka Raya, melalui Lembaga Pengembangan Tandak Intan Kaharingan Pusat Palangka Raya yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali.

Untuk cabang lomba yang diperlombakan yakni, kandayu beregu dan perorangan (kidung rohani), tandak (manandak), pembacaan kitab suci panaturan dan penerjemahannya, penyampaian pandehen (siraman rohani), cerdas cermat, tarian bernafaskan agama Hindu Kaharingan.

Selanjutnya adalah lomba karungut bernafaskan agama Hindu Kaharingan, vocal grup lagu rohani bernafaskan agama Hindu Kaharingan, menyiapkan sarana dan prasarana basarah, dan karnaval. “Kontingen Kabupaten Gunung Mas rencananya akan mengikuti seluruh cabang lomba,” tutupnya.

 

 

Tags

About The Author

EJi 23
Novice

EJi

Mysterious Man from Borneo
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel