Kematian Akibat Kecelakaan Lalu Lintas di Kota Bandung Capai 127 Orang

18 Nov 2018 16:36 1529 Hits 0 Comments

Ratusan korban kecelakaan lalu lintas sebagian besar menimpa pengendara motor

Hari Peringatan Korban Tabrakan Lalu Lintas Sedunia menjadi momen bagi Pemerintah dan masyarakat untuk  mengenang para korban yang meninggal di jalan dan memperhatikan akan pentingnya berperilaku yang  berkeselamatan saat berkendara di jalan raya.

Pemerintah Kota Bandung bersama dengan VN Bloomberg Philanthropies Initiative for Global Road Safety (BIGRS), hari ini memperingati World Day of Remembrance for Road Traffic Victims (dikenal dengan sebutan Hari Peringatan Korban Tabrakan Lalu Lintas Sedunia) yang diperingati setiap hari Minggu pada minggu ketiga bulan November setiap tahunnya di seluruh dunia. Tahun ini, hari tersebut jatuh pada tanggal 18 November dan dihadiri oleh perwakilan korban tabrakan maupun, keluarga.

Peringatan ini pun ditandai dengan  diluncurkannya situs kampanye keselamatan jalan #StopNgebut yang sudah mulai berjalan di sosial media sejak bulan Agustus . Situs kampanye tersebut dapat diakses melalui stopngebut.com. Selain hal tersebut, hari ini juga sekaligus menjadi momen pendeklarasian kampanye ”Jalan Milik Bersama Bukan Hanya Pengendara”. 

”Hari Peringatan Korban Tabrakan Lalu Lintas Sedunia adalah momen dimana kita bersama-sama merenung dan mengenang para korban yang telah meninggal ataupun terluka akibat tabrakan di jalan raya. Sesaat di mana bersama-sama kita menyadari bahwa setiap kali kita mempercepat laju kendaraan kita bahwa akan ada konsekuensi yang tidak hanya berimbas untuk kehidupan kita tetapi juga kehidupan orang lain,” kata Staf Ahli Wali Kota Bidang Kemasyarakatan dan SDM E.M, Ricky Gustiadi, di halaman outlet Blossom Dago Bandung, Minggu (18/11/2018).

Mengutip buku Bandung Road Safety Annual Report 2017, jumlah tabrakan di jalan raya Kota Bandung pada tahun 2017 mencapai 501 kasus, 127 orang diantaranya meninggal dan 38 lainnya luka berat. Lebih dari setengah kasusnya (57%) melibatkan pengguna sepeda motor dan 1 tingkat kematian tertinggi berada pada rentang usia 15 24 tahun.

Menurut Rencana Umum Nasional Keselamatan (RUNK), kerugian materiil akibat tabrakan di jalan raya diperkirakan mencapai 2,9 -3,1 persen dari total Produk Domestik Bruto (PDB) di Indonesia. Hal tersebut menjadikan tabrakan lalu lintas sebagai salah satu isu yang patut mendapatkan perhatian khusus dari masyarakat luas. 

Hari peringatan ini dibuka dengan aksi publik dimana para korban dan komunitas pemerhati keselamatan jalan, berjalan sejauh 350 meter dari Patra Comfort Bandung Hotel menuju halaman Blossom Factory Outlet sebagai tempat pelaksanaan acara. Para korban ataupun pihak keluarga akan membawa foto mereka ataupun anggota keluarga mereka yang telah meninggal akibat tabrakan lalu lintas sebagai bagian dari aksi publik tersebut. 

Pada pelaksanaan Hari Peringatan Korban Tabrakan Lalu Lintas Sedunia sekaligus meluncurkan situs stopngebut.com yang  menjadi bagian dari kampanye terbaru tentang keselamatan jalan kota Bandung.

#StopNgebut, menjadi sebuah momen yang diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat Kota Bandung akan pentingnya berperilaku yang berkeselamatan di jalan raya.

Tidak hanya itu saja, kegiatan itu menjadi sarana edukasi dan momen merenung bagi para korban, keluarga maupun undangan yang hadir agar tidak ada lagi korban di jalan raya dan tabrakan dapat dicegah. 

BIGRS Bloomberg Philanthropies Initiative for Global Road Safety adalah program keselamatan lalu lintas yang diluncurkan oleh Bloomberg Philanthropies di 10 kota di dunia Accra, Ghana; Addis Ababa, Ethiopia; Bandung. Indonesia; Bangkok, Thailand; Bogota', Colombia; Fortaleza, Brazil; Ho Chi Minh City, Vietnam; Mumbai, lndia;Sao Paulo , Brazil; dan Shanghai, China), dengan tujuan utama mengurangi kematian dan cedera lalu lintas. Fokus BIGRS adalah pada empat kegiatan utama yaitu media masa dan marketing, keselamatan jalan raya dan pergerakan, penegakan peraturan, dan data serta surveilans. 

Hadir juga pada kesempatan itu Kepala Dinas Informasi dan Komnikasi Kota Bandung Ahyani Raksanagara, Perwakilan dari Polrestabes Bandung, dan sejumlah undangan yang pernah menjadi korban kecelakaan lalu lintas.

 

Tags

About The Author

Buddy Wirawan 41
Ordinary

Buddy Wirawan

jurnalis, suka musik metal

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel