KBFP Angkatan 8 Resmi Dibuka!

16 Aug 2018 15:18 1667 Hits 0 Comments
KBFP menawarkan sinergi terstruktur dan berkelanjutan guna memperkuat narasi kebangsaan, demokrasi, dan kesejahteraan sosial di era digital seperti sekarang.

Setelah sukses mencetak tujuh angkatan kader bangsa yang kini menjadi opinion leaders dan change makers lintas sektor dan areas of concern, Kader Bangsa Fellowship Program (KBFP) kini hadir kembali.

KBFP adalah program eksekutif pelatihan kepemimpinan dan kebangsaan untuk anak-anak muda seluruh Indonesia. Alumninya tersebar dari Aceh hingga Papua, dari beragam latar belakang etnis dan agama serta profesi mulai dari akademisi, jurnalis, birokrat, aktivis, peneliti, pegiat komunitas kreatif, budayawan, santri dan pemimpin pesantren, pemimpin organisasi masyarakat, perwira muda di institusi TNI dan Polri, serta wirausaha muda.

KBFP telah membuktikan diri sebagai pionir, tidak hanya dalam melahirkan tokoh-tokoh muda harapan bangsa, namun juga dalam hal penguatan kapasitas dan perluasan networking dan potensi kolaborasi dalam mendorong isu-isu perubahan.

KBFP berada di garda depan mendorong keterlibatan anak muda, menjaga kohesi, membangun kehidupan publik yang bersih dan anti korupsi, menjaga independensi, kapasitas dan integritas, memelihara keberagaman, melawan radikalisme sekaligus membangun bangsa melalui inistiatif-inisiatif mandiri.

KBFP menawarkan sinergi terstruktur dan berkelanjutan guna memperkuat narasi kebangsaan, demokrasi, dan kesejahteraan sosial di era digital seperti sekarang.

Agak sedikit berbeda dengan KBFP sebelumnya, KBFP 8 berfokus dalam memperkuat keterlibatan anak muda di era digital terutama di bidang politik, di mana Indonesia akan diberkahi dengan bonus demografi yang melimpah.

Atas dasar itulah sasaran peserta KBFP 8 adalah anak muda yang telah ditetapkan lolos sebagai calon legislatif, baik itu di tingkat kabupaten/kota, provinsi, maupun nasional. Semangat berkontribusi dalam politik praktis tentu perlu diapresiasi, tetapi semangat saja tidak cukup. Anak-anak muda yang diberkahi idealisme ini mesti pula dibekali pengetahuan (knowledge), keterampilan (skills), dan akhlak (attitude).

Tidak hanya menyoal (pendidikan) politik tetapi lebih dari itu juga soal nasionalisme, kewarganegaraan, kebudayaan, kepemimpinan, hingga public speaking dan personal branding.

Adapun kriteria peserta adalah berusia 21-35 tahun, resmi terdaftar sebagai calon legislatif baik di tingkat DPRD Kabupaten/Kota, Provinsi, atau pusat,  belum pernah mengikuti kegiatan KBFP sebelumnya dan mengisi formulir pendaftaran di website kader-bangsa.org.  Pendaftaran KBFP 8 ini dibuka pada 15 sampai 31 Agustus dan dilaksanakan pada 1 hingga 5 Oktober 2018.

Tags

About The Author

0 25
Novice

0

Selalu Semangat Dalam Berkarya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel