1

Bersama PPL Babinsa Koramil Trowulan Dampingi Poktan Kendalikan Hama

23 Jul 2018 17:28 836 Hits 0 Comments
Mojokerto, - Pendampingan upaya khusus (Upsus) swasembada pangan berupa kegiatan Gerakan Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman berlangsung di areal pertanian wilayah Dusun Wates Lor Desa  Balongwono Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto. 

Mojokerto, - Pendampingan upaya khusus (Upsus) swasembada pangan berupa kegiatan Gerakan Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman berlangsung di areal pertanian wilayah Dusun Wates Lor Desa  Balongwono Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto, (22/07/2018) 

Kegiatan yang dikemas dalam Gerakan Pengendalian (GERDAL) Xanthomonas SP Pada Tanaman Padi diselenggarakan Kelompok Tani Sejahtera 01 Desa Balongwono, mendapat pendampingan dari PPL setempat dan Babinsa Koramil 0815/02 Trowulan Kodim 0815 Mojokerto, Serma Imron.  

Gerakan Pengendalian Tanaman Padi di lahan milik Mauji dan H. Soem seluas 3 hektare melalui penyemprotan bakterisida secara serentak dengan menggunakan 12 unit handsprayer, dimaksudkan untuk mengendalikan dan memberantas penyakit hawar daun yang disebabkan bakteri (xanthomonas).

Usai kegiatan penyemprotan secara serentak, para petani Poktan Tani Sejahtera 01 melanjutkan kegiatan pengambilan rumah entung ulat (kepompong) di semua titik pada areal tersebut.

Di tempat berbeda Danramil 0815/02 Trowulan Kapten Inf Herman Hidayat saat dikonfirmasi, membenarkan adanya kegiatan Gerdal Tanaman Padi di wilayahnya yang mendapat pendampingan dari PPL dan Babinsa.

Masih lanjut Danramil, terjunnya PPL dan Babinsa PPL untuk mengetahui secara langsung kendala - kendala yang dihadapai petani sekaligus memberikan solusi guna mengatasi berjangkitnya hama atau penyakit pada tanaman padi agar tidak berkembang meluas ke areal lainnya, ungkapnya. 

Kondisi ini membutuhkan penanganan serius dan harus segera diatasi guna menjaga pertumbuhan tanaman padi lebih optimal sehingga petani tidak merugi saat masa panen tiba, pungkas Danramil.

Tags

About The Author

anan alkarawangi 56
Expert

anan alkarawangi

Duta Pasundan Di Bumi Majapahit
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel