Dampak Didendanya Google Akibat Pasang Software di Android

19 Jul 2018 23:19 1534 Hits 0 Comments
Google diberikan waktu 90 hari untuk mengubah praktek bisnisnya. Jika tidak?

Satu dua hari ini dunia maya diramaikan oleh kabar bahwa Google dijatuhi hukuman denda sebesar 4,34 miliar Euro atau sekitar Rp72,8 triliun. Alasannya, Komisi Eropa berpendapat, perusahaan tersebut secara ilegal telah memperkuat posisi mereka sendiri dalam hal pencarian.

Google bahkan diberikan waktu 90 hari untuk mengubah praktek bisnisnya. Jika tidak, maka ia akan mendapatkan denda tambahan yang nilainya mencapai 5 persen dari seluruh pemasukan harian global mereka.

Sebagai gambaran, Komisi Eropa berpendapat, Google telah menyalahgunakan posisi mereka di sistem operasi Android. Mereka membuat produsen smartphone seperti Samsung, Huawei, HTC dan lain-lain memasang Google Maps, Play Store, Gmail, Chrome dan lain-lain di perangkat mereka.

Luar biasa bukan? Lalu apa dampaknya bagi kita? Ada dua kemungkinan yang akan terjadi.

Pertama, Google akan mengubah model bisnis mereka. Sistem operasi Android akan menjadi sistem operasi berbayar dan setiap produsen smartphone yang menginstalasikan Android di produk buatannya, akan dikenakan bayaran. Sama seperti halnya produsen notebook yang harus membayar ke Microsoft kalau notebook-nya ingin dipasangi Windows. Dampaknya? Harga smartphone akan menjadi lebih mahal dari saat ini.

Kemungkinan kedua, sistem operasi tersebut akan tetap digratiskan. Tetapi kalau pengguna ingin memakai Google Map, mereka harus download dulu dan bayar. Kalau pengguna ingin menonton YouTube, harus download aplikasinya dulu atau menonton lewat browser yang juga harus download dulu sebelum digunakan. Masalahnya, Komisi Eropa juga kesal karena Google menyediakan Play Store secara gratis. Harusnya? Bayar!

CEO Google sendiri sudah menyebutkan, jika Google dilarang memasang aplikasinya sendiri di sistem operasi Android, maka ekosistemnya bisa terganggu dan model bisnis di mana seluruh produsen dipersilakan untuk memakai Android secara cuma-cuma, bisa jadi tidak berlaku.

Untungnya, Google naik banding atas keputusan tersebut. Mudah-mudahan, mereka berhasil menang di pengadilan dan sistem operasi Android pun bisa gratis selama-lamanya!

Tags Google

About The Author

Tedi Kasuma 45
Ordinary

Tedi Kasuma

Penulis pemula yang ingin menjadi lebih baik. Semoga.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel