Penyakit dan posisi yang benar seorang programmer ketika di depan komputer

10 Jul 2018 09:00 887 Hits 0 Comments
Posisi duduk yang salah sangat berbahaya loh teman-teman, apalagi bagi seorang programmer yang keseharian berada di depan komputer.

Penyakit dan Posisi duduk yang benar seorang programmer

Didunia kerja terutama perusahaan yang berbasis IT, pekerja lebih banyak duduk didepan komputer untuk menyelesaikan tugas-tugasnya. Mereka terlalu fokus dengan tugas-tugasnya, tanpa memperdulikan bagaimana posisi mereka didepan komputer. Padahal jika posisi mereka salah, akan menimbulkan berbagai penyakit. Contohnya jika posisi duduk salah akan menimbulkan penyakit sebagai berikut:

  1. Skoliosis

Merupakan kelainan pada bentuk tulang belakang(vertebra) dimana tulang belakang menjadi melengkung ke samping. Disebabkan karena seringnya duduk dengan posisi miring, sehingga orang tersebut terbiasa dengan posisi miring dan terjadilah scoliosis.

Penyakit ini bisa terjadi pada semua usia. Gejalanya dapat diketahui dengan melihat salah satu bahu lebih tinggi dari bahu lainnya atau salah satu belikatnya lebih menonjol.

  1. Kifosis

Merupakan kelainan pada tulang belakang, dimana tulang belakang melengkung kearah belakang.. Gejala yang dapat dialami yaitu bentuk tubuh yang tampak bungkuk , nyeri punggung, dan punggung terasa kaku. Salah satu penyebabnya yaitu asteoporosis, maka diperlukan asupan kalsium untuk menghindari penyakit ini.

  1. Lordosis

Merupakan kelainan pada bentuk tulang belakang(terutama diatas bokong), dimana tulang tersebut menunjol kearah depan.  Gejala yang akan dialami penderita yaitu  mengeluh karena merasa sakit pada punggung bagian bawah yang menjalar ketungkai bawah, hingga gangguan BAB dan berkemih.  Penyebabnya bisa karena kegemukan, atau posisi duduk yang salah. sehingga dapat dicegah dengah mengurangi berat badan dan memperhatikan posisi duduk yang benar.

  1. Osteoartritis

Merupakan penyakit yang terjadi akibat kerusahan  parah dari jaringan ikat di sendi akibat dari gesekan tulang sehingga menyebabkan nyeri. Gejalanya yaitu terasa nyeri pada tulang belakang dan terdengan bunyi gemertak. Penyakit ini dapat dihindari dengan memperhatikan posisi duduk yang baik dan benar.

  1. Herniasi Diskus Lumbalis

Diskus merupakan tulang rawan penghubung antara tulang-tulang belakang. Penyakit herniasi diskus lumbalis merupakan rusaknya bagian luar dari cakram diskus. Gejalanya nyeri pada punggung dan pinggul. Penyakit ini dapat dicegah dengan menghindari posisi tubuh yang dapat membebani tulang belakang.

 

Posisi Duduk yang Baik dan Benar

  1. Duduk dengan tegak

usahakan duduk dengan menempatkan pinggang dibagian belakang kursi, paha lurus atau lebih rendah dari pinggang, dan punggung menyender dengan membentuk  sudut 100 derajat

  1. Duduklah dekat dengan keyboard

Posisi keyboard tepat didepan badan, tidak menyamping.

  1. Atur posisi keyboard senyaman mungkin

Posisi pundak harus dalam keadaan rileks dan sikut tidak terbatas oleh sesuatu. Sikut harus dalam posisi terbuka dengan pergelangan yang lurus

  1. Atur kemiringan keyboard

Jika posisi duduk tinggi, atur keyboard dengan posisi datar. Jika posisi duduk rendah atau sejajar, atur keyboard dengan posisi miring ke depan dengan menggunakan kaki keyboard.

  1. Posisikan monitor secara tepat

Atur posisi monitor senyaman mungkin agar leher terasa nyaman, monitor berada tepat didepan kepala agar leher tidak terlalu menyokong kepala berlebihan.

  1. Lakukan istirahat sejenak secara rutin

Duduk terlalu lama tidak baik untuk kesehatan, lakukan istirahat sejenak dengan cara berjalan-jalan kecil,hingga peregangan dipersendian. Istirahatkan mata sejenak agar mata tidak mudah lelah.

  1. Regangkan pergelangan tangan dan kaki

Lakukan peregangan tangan minimal 6kali sehari. Lakukan dengan menekuk pergelangan tangan ke atas dan ke bawah sehingga pergelangan terasa tertarik

Sebagai seorang pekerja terutama dibidang IT sudah seharusnya kita menjaga posisi tubuh kita saat bekerja. agar tubuh tetap sehat, dan bekerja pun lancer tanpa hambatan.

Tags

About The Author

MutiaraRizkynaArlinda 25
Novice

MutiaraRizkynaArlinda

student of SMK WIKRAMA BOGOR

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel