Woww ,Ternyata Programmer Pertama di Dunia adalah Wanita

10 Jul 2018 08:28 1557 Hits 0 Comments
Ternyata Programmer di Dunia adalah Wanita 

Pada saat ini dunia Industri teknologi sedang berkembang pesat di hampir seluruh belahan dunia, khususnya profesi sebagai Programmer . Namun saat ini yang berprofesi sebagai programmer mayoritas adalah kaum Laki-Laki , bahkan menurut Survey di website Stack Overflow Laki laki menduduki sekitar 92,9% yang berprofesi sebagai programmer sedangkan Wanita hanya mendapat sekitar 6,9%, hasil survey itu menunjukkan bahwa saat ini kaum Laki Laki masih sebagai mayoritas di dunia Industri teknologi.

Namun fakta yang mengejutkan bahwa ternyata Programmer pertama di dunia adalah Wanita yaitu Augusta Ada King, Countess Lovelace beliau lahir di London, Inggris, 10 Desember 1815 dan meninggal di Marylebone, London, 27 November 1852 pada umur 36 tahun, lahir dengan nama Augusta Ada Byron dan sekarang dikenal dengan nama Ada Lovelace, adalah penulis dan matematikawan Inggris yang terkenal atas karyanya berupa komputer mekanika pertama. Penemuannya atas mesin ini juga termasuk penggunaan algoritme pertama yang dimaksudkan untuk di proses oleh mesin. Atas karyanya ini, ia sering dianggap sebagai programer komputer pertama di dunia. 

Ada merupakan putri tunggal penyair Lord Byron (dengan Anne Isabella Byron). Ia tidak pernah berhubungan dengan ayahnya, yang bercerai dengan ibunya sebulan setelah ia lahir, dan empat bulan kemudian, ayahnya meninggalkan Inggris dan wafat di Yunani pada tahun 1823, saat Ada berusia 8 tahun. Saat remaja, Ada tertarik pada matematika, dan juga pada mesin analitikal karya Babbage. Antara tahun 1842 dan 1843, dia menerjemahkan sebuah artikel karangan matematikawan Italia Luigi Menabrea mengenai mesin, yang menjadi cikal bakal penemuannya. Kajiannya mengenai artikel ini dianggap sebagai program komputer pertama di dunia — dan juga algoritme pertama yang dikodekan untuk diproses oleh mesin. Karyanya ini berperan penting dalam perkembangan awal komputer.

Sejak kecil, Annabella (Ibunya) memang melatih anaknya untuk lebih sering menggunakan otak kirinya. Hal itu didukung dengan kegemaran Ada terhadap bidang matematika. Saat berusia 17 tahun, kemampuan Ada dalam bidang tersebut mulai terlihat. Salah seorang guru Ada, Augustus De Morgan, sampai meminta agar ia lebih diarahkan ke bidang tersebut karena De Morgan melihat ada bakat istimewa dalam diri Ada.

Pertemuannya dengan Charles Babbage menjadi awal dari kariernya. Babbage sendiri adalah matematikawan Inggris yang pertama kali mengemukakan pendapat tentang komputer yang dapat diprogram. Singkat cerita, Ada tertarik dengan program yang saat itu tengah dijalankan Babbage, yakni Difference Engine. Sebaliknya, Babbage juga kagum dengan intelektual dan bakat menulis Ada. Babbage bahkan memberikan julukan “The Enchantress of Numbers” pada Ada. Keduanya pun lantas menjalin kerjasama. Ada kemudian membantu Babbage menulis program komputer pertama di dunia yang diciptakan lewat mesin ciptaan Babbage yang bernama Analytical Engine. Dalam hal ini, peran besar Ada adalah menerjemahkan artikel Luigi Menabrea, seorang matematikawan Italia. Ada juga menulis penjelasan awal tentang komputer dan perangkat lunak, serta menambahkan catatan mengenai metode kalkulasi nomor Bernoulli pada mesin yang dikembangkan Babbage tersebut. Karena hal itulah Ada dikenal sebagai programmer komputer pertama di dunia.

Wah Ternyata Programmer Pertama di dunia adalah Wanita , Namu sekarang sudah banyak Perempuan yang mulai belajar IT walaupun belum sebanyak Laki Laki , Sekian Informasi dari saya tetntang pembahasan bahwa programmer pertama di dunia adalah Wanita.

Tags

About The Author

Elsa Aprilia Azzahra 30
Ordinary

Elsa Aprilia Azzahra

Haloo

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel