Generasi Bahasa Pemrograman

9 Jul 2018 12:06 768 Hits 0 Comments
Bahasa Pemrograman dari Masa ke Masa

Pada zaman sekarang, semakin banyak aplikasi maupun sistem yang bermunculan dimasyarakat. Selain untuk menghasilkan pendapatan (seperti aplikasi toko online, ojek online),  ada juga aplikasi yang dapat membantu mempermudah kegiatan manusia. Seperti Google maps untuk mencari lokasi yang akan dituju, dan lain-lain. 

Aplikasi-aplikasi tersebut tidak akan terlepas dari peran penting seorang programmer. Programmer adalah seseorang yang ahli dibidang komputer. Tugasnya yaitu membuat dan menyepurnakan suatu program dengan menggunakan bahasa-bahasa pemrograman. Jadi aplikasi-aplikasi tersebut tidak sembarang dapat membuatnya, karena perlu keahlian khusus dan pemahan yang dalam mengenai komputer dan bahasa pemrograman. Tahukan anda bahwa bahasa pemrograman mengalami beberapa perkembangan dari satu generasi ke generasi lain? Disini saya akan membahas sedikit tentang perkembangan bahasa pemrograman. 

1. Bahasa Pemrograman Generasi I(Machine)

Bahasa pemrograman ini merupakan bahasa pemrograman yang paling kuno. Bahasa ini disebut juga dengan bahasa mesin(Machine Code), karena bahasa ini berorientasi pada mesin. Bahasa ini memberikan perintah dengan memakai kode biner. Kelemahan bahasa ini yaitu sulit dimengerti oleh orang-orang awan atau orang-orang yang tidak terlalu paham dengan komputer dan sangat membosankan. Dan juga bahasa ini sangat bergantung pada mesin lain(machine dependent), karena bahasa mesin yang satu dan yang lainnya berbeda.

2. Bahasa Pemrograman Generasi II/ Tingkat Rendah(Assembly)

Bahasa ini dikenal juga dengan Assembly language, karena menggunakan bahasa rakitan(assembly). Bahasa ini memberikan intruksi pada komputer dengan memberikan kode-kode singkat(kode mnemonic), contohnya MOV untuk MOVE, LOOP untuk LOOPING, dll. Bahasa ini lebih mudah dipahami oleh orang-orang awam sekalipun.

3. Bahasa Pemrograman Generasi III

Yaitu bahasa yang dibuat untuk menyempurnakan bahasa assembly, karena dibuat dengan menggunakan bahasa manusia yaitu bahasa inggris. seperti WRITE untuk menulis, dan READ untuk membaca. Pada bahasa generasi 3 ini mulai dikenal istilah syntax(sintaks). Bahasa ini juga menggunakan pendekatan prosedural. Contoh bahasa yang masuk dalam generasi ini adalah bahasa C,Basic,Pascal,dll. Kelebihannya yaitu mudah dipahami namun eksekusinya lambat.

4. Bahasa Pemrograman Generasi IV

Disebut juga dengan istilah high level language atau bahasa berorientasi pada masalah (problem oriented language) , karena digunakan untuk menyelesaikan berbagai persoalan  yang kompleks dan spesifik. Bahasa ini bersifat visual, canggih, dan dapat berkomunikasi dengan peralatan lain. Bahasa ini juga dirancang untuk mengurangi waktu pengerjaan program, sehingga produktifitas meningkat dan program dapat diselesaikan dalam waktu singkat. Contoh Bahasa yang termasuk dalam generasi ini yaitu: HTML, Visual Basic, SQL, dll.

5. Bahasa Pemrograman Generasi V

Bahasa ini merupakan kelompok-kelompok bahasa yang ditujukan untuk menangani kecerdasan buatan(artificial intelligent). Kecerdasan buatan adalah ilmu yang mempelajari cara komputer meniru kecerdasan manusia. Kelemahannya yaitu butuh pengetahuan lebih untuk membuat program dengan bahasa level ini. 

 

Generasi kelima merupakan generasi terakhir saat ini, namun tidak menutup kemungkinan akan adanya generasi baru untuk bahasa pemrograman. Kita harus terus mengejar ketertinggalan, dan tidak tertinggal oleh perkembangan zaman.

 

Sekian terima kasih.

 

Tags

About The Author

MutiaraRizkynaArlinda 25
Novice

MutiaraRizkynaArlinda

student of SMK WIKRAMA BOGOR

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel