Perkembangan Android dari Cupcake Sampai Nougat

27 Jul 2016 13:05 3354 Hits 1 Comments
Android didirikan pada 5 November 2007 ,dan menjadi OS paling populer dan mendominasi pada pengguna smartphone saat ini.

Android anda pasti sering mendengarya dan bahkan anda sering menggunakannya, apakah anda sudah tau bagaimana perkembangan Android dari mulai yang pertama sampai sekarang yang terbaru?

Mari saya jelaskan sedikit tentang perkembangan android dari yang pertama sampi sekarang :

Android didirikan pada 5 November 2007 ,dan menjadi OS paling populer dan mendominasi pada pengguna smartphone saat ini. Ini bukanlah hal yang mudah untuk menjadikan sebuah perangkat smartphone nomor 1 di dunia. Dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk menjadikan sebuah ponsel  idaman seperti saat ini,  Tidak hanya berhenti di situ, android berkembang dengan cepat dengan versi yang berbeda pula dengan fitur yang lebih canggih. Dari android Cupcake version 1.5 yang pertama dengan fitur yang menarik pada zamannya hingga Marshmallow version 6.0 yang merupakan versi terbaru pada tahun 2015 ini.

1.Android Cupcake version 1.5

Cupcake adalah nama versi pertama OS android. Dari versi pertama ini, android menyuguhkan fitur fitur  yang menyenangkan.

Kita dapat mengupload video ke youtube, maupun foto ke picasa dilengkapi widget yang mempermudah anda dalam mengakses sebuah fitur. Android membuat T-mobile G1 menjadi sesuatu yang lebih menarik hingga tahun 2009. Ini hanyalah awal yang sederhana untuk memulai karier Android.

 2. Android Donut version 1.6

Dengan hadirnya android donut ,Android dapat melakukan pembaruan dan menambahkan fitur baru di versi 1.6 ini, yaitu text-to speech dan kompatibilitas CDMA (halo verizon).

Pembaruan ini ,mulai di aplikasikan di semua headset sekitar Oktober 2009.

 3 . Android Eclair version 2.0

Untuk Eclair, kamera mendapat sedikit TLC.

dengan beberapa dukungan yang sangat dibutuhkan seperti: flash, digital zoom, dan fitur white balance dan bagaimana dengan tampilan live wallpaper.

4. Android Froyo version 2.2

Dengan Froyo android 2.2 adalah versi pertama Android yang terasa benar-benar lengkap dengan danya versi ini ,yaitu akan menambah kecepatan mengakses perangkat android kita.

Gizmodo Matt Buchanan mengatakan tentang pembaruan Android terbaru: “Meningkatkan kecepatan pada 2,2 fantastis, jadi apa yang membuat update Froyo  benar-benar hebat? yaitu bahwa ia mengencangkan baut semua di seluruh platform yang telah berkembang menjadi produk nyata, pada tingkat yang sangat berbeda dari tahun pertama.

5. Android Gingerbread version 2.3

Untuk Android Gingerbread version 2.3,  Android menambahkan dukungan untuk NFC, download manager yang super berguna.

Bbahkan hal-hal sederhana seperti memperbaiki fitur copy dan paste.

6. Android Honeycomb version 3.0

Honeycomb lebih terfokus pada satu hal yaitu tablet.

IPad dirilis hanya beberapa bulan sebelumnya pada  2010, dan Android diperlukan sebuah OS yang bisa bersaing dalam faktor bentuk yang lebih besar memungkinkan  tidak cocok untuk saku Anda.

 7. Android Ice Cream Sandwich version 4.0

Desain yang benar-benar merger, dari Android tablet OS (Honeycomb) dan OS mobile (Gingerbread, Froyo, dll).

Aplikasi yang lebih kuat, multitasking depan dan tengah,  dan kita  bisa mulai benar-benar melihat kekuatan-kelas komputer yang sedang dikemas dalam sebuah smartphone.

8. Android Jellybean version 4.1

Jellybean super-improved voice assistant , ditingkatkan ketika mencari dan pemberitahuan akhirnya lebih smooth dan juga  menawarkan konteks yang lebih dari menu drop-down.

Homescreen juga mendapat perubahan dan sekarang widget bisa diubah ukurannya dan ditempatkan di mana saja. Dengan versi ini  Android lebih mudah disesuaikan dan canggih dari sebelumnya.

9.Android Kitkat version 4.4

KitKat OS mempunyai kecepatan akses  dengan 512MB RAM bisa digunakan untuk menjalankan OS dengan lancar.

Ini berguna untuk mendorong Android dipasaran, ponsel murah dengan Salah satu program Android yang hampir sempurna.

10. Android Lolipop version 5.0

Lollipop dirancang dan di gunakan  untuk ketenaran adalah reimagining dramatis, dari sistem operasi Android yang mulai kembali dengan Ice Cream Sandwich.

Ikon, animasi, dan menu multitasking yang sepenuhnya diperbarui dengan pendekatan Material Desain Google, dan lockscreen Android menjadi jauh lebih berguna dengan integrasi pemberitahuan yang lebih baik.

11. Android marshmallow version 6.0

 Dengan adanya Android Marshmallow yang semua pengembanganya tidak terlalu banyak makeover .

Tapi itu tidak dengan tambahan yang sangat mengagumkan, termasuk cara baru mengenai izin aplikasi.

12. Android Nougat version 7.0

 merupakan Android pertama kali dirilis sebagai build alpha pada 9 Maret  2016  dan juga diharapkan akan resmi dirilis pada kuartal ketiga 2016 .

Android 7.0 memperkenalkan perubahan penting untuk sistem operasi dan platform pengembangan , termasuk kemampuan untuk menampilkan beberapa aplikasi di layar sekaligus dalam tampilan layar terpisah.

Itulah tentang Android yang biasa saya jelaskan, dan tunggu lagi oleh kalian apalagi yang akan di buat oleh Android…

 

Tags Android

About The Author

sandi sutisna 21
Novice

sandi sutisna

sandi adalah salah seorang siswa yang sedang gemar mencari pengalaman

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel

From sandi sutisna